eprintid: 24280 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3868 dir: disk0/00/02/42/80 datestamp: 2023-04-11 07:05:04 lastmod: 2023-04-11 07:05:04 status_changed: 2023-04-11 07:05:04 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Dini, Nur Auliya title: Motif Subscriber Channel YouTube Kokiku TV Menonton Tutorial Memasak di Channel YouTube Kokiku TV ispublished: pub subjects: H subjects: H1 subjects: Skripsi divisions: 70201 abstract: Seiring dengan perkembangan zaman, program kuliner tidak hanya ada di televisi. Saat ini tayangan kuliner sudah merambah ke media sosial, seperti YouTube. Program kuliner yang ada di YouTube dimiliki oleh Channel YouTube Kokiku TV. Kokiku TV merupakan portal kuliner berbasis daring yang menyuguhkan informasi, solusi memasak yang real dan praktis, resep mudah superlezat, trik menghias makanan dengan format video tutorial. Dalam mengakses media sosial, khususnya YouTube, individu memiliki motif yang berbeda-beda dalam menentukan pilihannya terhadap media yang akan digunakannya, juga berbeda pula tujuan yang ingin dicapai melalui media tersebut. Peneliti meneliti tentang motif subscriber Channel YouTube Kokiku TV menonton tutorial memasak di channel YouTube Kokiku TV. Tujuan peneliti dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui motif subscriber menonton tutorial memasak di channel YouTube Kokiku TV. Penelitian ini menggunakan teori uses and gratifications. Penelitian ini menggunakan paradigma positivisme dan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Responden dalam penelitian ini adalah subscriber Channel YouTube Kokiku TV yang berjumlah 100 orang (subscriber). Hasil penelitian menggambarkan bahwa Motif Subscriber Channel YouTube Kokiku TV menonton tutorial memasak di Channel YouTube Kokiku TV berdasarkan profesi, hobby dan usaha kuliner yang dimiliki berharap akan mendapatkan pemahaman dan pengetahuan mengenai langkah-langkah dan bahan-bahan memasak dengan menonton tutorial memasak di Channel YouTube Kokiku TV. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mengkaji mengenai motif dan kepuasan secara bersamaan, dengan menggunakan metode survey dan ditambah dengan wawancara, guna penelitiannya menjadi lebih mendalam untuk kajian komunikasi. date: 2018 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA department: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik thesis_type: bachelor thesis_name: other citation: Dini, Nur Auliya (2018) Motif Subscriber Channel YouTube Kokiku TV Menonton Tutorial Memasak di Channel YouTube Kokiku TV. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24280/1/FISIP_ILKOM_%20DINI%20NUR%20AULIYA_1406015038.pdf