eprintid: 24276 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3868 dir: disk0/00/02/42/76 datestamp: 2023-04-11 06:57:14 lastmod: 2023-04-11 06:57:14 status_changed: 2023-04-11 06:57:14 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Caesarah, Ulfa title: Ulfa Caesarah, Pengaruh Pengetahuan Dan Kepercayaan Pedagang UMKM Terhadap Minat Mengajukan Pembiayaan Di Bank Syariah. Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. ispublished: pub subjects: HB subjects: Skripsi divisions: 61206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara pengetahuan dan kepercayaan terhadap minat pedagang pasar jaya cipulir mengajukan pembiayaan di perbankan syariah. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, populasi dari pedagang pasar jaya cipulir sebanyak 2883 pedagang dengan pengambilan sampel sebanyak 97 orang sebagai responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non-probability sampling dengan menggunakan metode sampling incidental. Hasil dari penelitian ini, dalam uji t variabel pengetahuan nilai t-hitung sebesar 8,040 dimana lebih besar dari pada t-tabel yaitu 1,98472 serta koefisien regresi beta sebesar 0,658 dengan nilai tingkat signifikan t sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. kepercayaan t-hitung sebesar 3,071 dimana lebih besar dari pada t-tabel yaitu 1,98472 serta koefisien regresi beta sebesar 0,6251 dengan nilai tingkat signifikan t sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Hasil uji f dengan menunjukkan bahwa minat pedagang pada f-hitung diperoleh sebesar 143,789 dimana lebih besar dari pada f-tabel yaitu 3,09 dengan tingkat sig 0,000 lebih kecil dari 0,05. Nilai pada uji koefisiensi deteminan (R2) menjelaskan pengaruh pengetahuan dan kepercayaan terhadap minat pedagang mengambil pembiayaan di perbankan syariah sebesar 74,3%, sedangkan sisanya 25,7% dijelaskan dengan faktor-faktor lain. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Jakarta department: Fakultas Agama Islam: Perbankan Syariah thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Ahmadi, Abu. Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta. 2009 Andespa, Roni. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Dalam Menabung di Bank Syariah” Jurnal Ilmiah: Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang 2017 Badan Pusat Statistik. ”Pertumbuhan Ekonomi Tahun 2018” https://www.bps.go.id/pressrelease/2019/02/06/1619/ekonomi-indonesia-2018-tumbuh-5-17-persen.html (di akses pada 31 Agustus 2019) Budi Seriawan, Mulyo dan Ukudi. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Dan Komitmen Terhadap Loyalitas Nasabah Studi Kasus Pada PD BPR Bank Pasar Kendal” Jurnal Ilmiah: Universitas Stikubank 2007 Bugin, M. Burhan. Metode Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Punlik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya Edisi Kedua. Jakarta: Kencana 2005 Danang, Sunyoto. Metodologi Penelitian Untuk Ekonomi. Jakarta: PT Buku Seru 2011 Detik Finance “Pemerintah Targetkan UMKM di 2019 Jadi 5% dari Populasi RI” https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-3985019/pemerintah-targetkan-umkm-di-2019-jadi-5-dari-populasi-ri (Diakses 31 Agustus 2019) Detik Finance “Pertumbuhan Ekonomi 6-7% Bisa Dicapai Asal UKM Dilibatkan” https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4636253/pertumbuhan-ekonomi-6-7-bisa-dicapai-asal-ukm-dilibatkan (Diakses 31 Agustus 2019) Dwi Saputro, Brian dan Sukirno. “Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaa, Kepercayaan, Kecemasan Berkomputer dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Menggunakan Internet Banking” Jurnal Ilmiah: Universitas Negeri Yogyakarta 2013 Dwi Setyawan, Bagus. “Pengaruh Kualitas Produk dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Konsumen dan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada PDAM Tirta Moedal Semarang)” Skripsi S1 Universitas Negeri Semarang 2013 Ferry Wibowo, Setyo. Dede Rosmauli dan Usep Suhud. “Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan, dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan E-Money Card (Studi Pada Pengguna Jasa Commuterline di Jakarta)” Jurnal Ilmiah: Universitas Negeri Jakarta 2015 Hasan, Iqbal. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: PT Bumi Aksara 2008 Jalaluddin. Filsafat Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Rajawali Pers 2013 Kamus Besar Bahasa Indonesia, Kemendikbud https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/minat (diakses pada 12 Oktober 2019) Karim, Adiwarman A. Bank Islam: Analisis Fiqih dan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2013 Kasmir. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: Rajawali Pers 2014 Kementrian Koperasi Dan Usaha Kecil Menengah, Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah Tahun 2016-2017 Kompas.com, “Ekonomi indonesia 2017 tumbuh 5,07 persen, tertinggi sejak tahun 2014” https://ekonomi.kompas.com/read/2018/02/05/113820026/ekonomi-indonesia-2017-tumbuh-507-persen-tertinggi-sejak-tahun-2014 (di akses pada 31 Agustus 2019) Kountur, Ronny. Metode Penelitian: Untuk Penulisan Skripsi Dan Tesis. Jakarta: Buana Printing 2009 Kusumaningtyas, Rizky Kusumaningtyas. Atikah dan Endah Mujasih “Hubungan Antara Pengetahuan Produk dengan Intensi Membeli Smartphone Pada Karyawan PT X” Jurnal Ilmiah: Universitas Diponegoro Luh Gede Wahyuni, Ni dan Gede Suparna. “Pengaruh Brand Image dan Product Knowledge Terhadap Purchase Intention Produk Tas Tiruan di Kota Denpasar” Jurnal Ilmiah: Universitas Udayana 2014 Meidisa, Claudia dan Febsri Susanti. “Pengaruh Preferensi dan Pengetahuan Produk Terhadap Minat Menabung Masyarakat Pada Bank Nagari Unit Layanan Syariah Cabang Pasar Raya Padang” Jurnal Ilmiah: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi KBP, 2017 Noor, Juliansyah. Metodologi Penelitian Skripsi, Tesis, Disertai Dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana 2011 Otoritas Jasa Keuangan, Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia Revisit 2017, Jakarta: Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen 2017 Pasar Jaya. “Profil Pasar Jaya” http://pasarjaya.co.id/about/detail/Profile-Pasar-Jaya (di akses pada 31 Agustus 2019) Putro Widoyoko, Eko. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar 2012 Rangkuti, Freddy. Riset Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama 2017 Reva Alviska, Amelia. “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Pelanggan Studi Pada Konsumen Klinik Erha Di Malang” Jurnal Ilmiah: Universitas Muhammadiyah Malang 2017 Robert dan Budi. Analisis Regresi Dasar dan Penerapannya dengan R. Jakarta: Kencana 2016 Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta 2012 Sumarwan, Ujang. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia 2011 Supardi. Metodelogi Penelitian Ekonomi Dan Bisnis. Yogyakarta: UII Pers 2005 Syafi’I Antonio, Muhammad. Bank Syariah Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Gema Insani 2001 Tanjung, M. Azrul. Koperasi UMKM dan Paradigma Baru Ekonomi Kerakyataan. Denpasar: JKPB Press 2010 Tri Basuki, Agus dan Tri Basuki dan Nano Prawoto. Analisis Regresi Dalam Penelitian Ekonomi & Bisnis. Jakarta: Rajawali Pers 2017 Umar, Husein. Desain Penelitian MSDM Dan Perilaku Karyawan: Paradigma Posotivistik Dan Berbasis Pemecahan Masalah. Jakarta: Rajawali Press 2013 Wardhana, Adhitya dan Zainuddin Iba. “Pengaruh Penjualan Personal Terhadap Pengetahuan Produk dan Implikasinya terhadap Keputusan Pembelian Mobil SUV Premium di Jawa Barat” Jurnal Ilmiah: Pesona Indonesia 2014 Yusnidar, Samir dan Sri Restuti. “Pengaruh Kepercayaan dan Rersepsi Resiko Terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara oline di Kota PekanBaru” Jurnal Ilmiah: Universitas Riau 2014 citation: Caesarah, Ulfa (2020) Ulfa Caesarah, Pengaruh Pengetahuan Dan Kepercayaan Pedagang UMKM Terhadap Minat Mengajukan Pembiayaan Di Bank Syariah. Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Jakarta. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24276/1/FAI_PERBANKAN%20SYARIAH_1507025091_ULFA%20CAESARAH.pdf