eprintid: 24235 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3868 dir: disk0/00/02/42/35 datestamp: 2023-04-11 04:28:28 lastmod: 2023-04-11 04:28:28 status_changed: 2023-04-11 04:28:28 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Cholifah,, Siti title: Siti Cholifah : 1507025081, “ Pengaruh Inklusi Keuangan Syariah (Akses, Penggunaan, Kualitas) Terhadap Minat Nasabah Dalam Menggunakan Mobile Banking (Studi Kasus BNI Syariah KC Jakrta Barat)‟‟. Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah. Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. ispublished: pub subjects: HB subjects: Skripsi divisions: 61206 abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari Akses, Penggunaan, dan Kualitas terhadap minat nasabah menggunakan mobile banking BNI Syariah KC Jakarta Barat. Populasi dari penelitian ini adalah nasabah BNI Syariah KC Jakarta Barat, teknik pengambilan sampel acak atau simple random sampling. Variabel dalam penelitian ini yaitu dependen dan independen. Untuk variabel dependen adalah minat nasabah menggunakan mobile banking BNI Syariah KC Jakarta Barat (Y), dan variabel independen adalah Akses (X1), Penggunaan (X2), dan Kualitas (X3), metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Untuk metode analisis menggunakan model regresi berganda. Sedangkan untuk olah data menggunakan program SPSS 21. Dari hasil analisis dengan signifikansi 5% menunjukan bahwa Akses sebesar 0,049, Penggunaan 0,021, dan Kualitas sebesar 0,000 berpengaruh posistif terhadap minat menggunakan mobile banking secara parsial. Secara simultan sebesar 0,000 dengan perbandingan nilai sig < ɑ (0,000) < 0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa H4 diterima, artinya ketiga variabel independen yaitu akses (X1), Penggunaan (X2), dan Kualitas (X3) secara bersama-sama berpengaruh terhadap variabel dependen minat nasabah (Y) date: 2019 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Jakarta department: Fakultas Agama Islam: Perbankan Syariah thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Anam, Chairul. Perilaku Internet Banking di Surabaya. Yogyakarta: Deepublish, 2017. Baslamah, Muhammad Ridwan dan Muhammad Rizal. Perbankan Syariah. Malang: Empatdua Media, 2018. Ghozali, Imam. Aplikasis Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: BPFE Universitas Diponegoro, 2006. Hasan, Nurul Ichsan. Pengantar Perbankan. Jakarta: Gaung Persada Preaa Group, 2014. Herlambang Admaja Dwi dan Arimbi Dewayanti”. Minat Nasabah Dalam Menggunakan Layanan Mobile Banking,” dalam Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia: Jurnal Universitas Brawijaya Vol.12, No.01 (2018) dari https://jurnal.stmikasia.ac.id/index.php/jitika/article/view/227 (diakses pada 16 september 2019) Ikatan Bankir Indonesia. Mengelola Kualitas Layanan Perbankan. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama, 2014. Ikatan Bankir Indonesia. MengelolaBank Komersial. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama, 2014. Kasmadi, dan Nia Siti Sunariah. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta Cv, 2014. Kurniawan, Khaerudin. Metode Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia. Bandung: Cv Pustaka Setia, 2018. Kusuma, Hardi Dan Dwi Susiowati, “Determinan Pengadopsian Layanan Internet Banking (Persepktif Perbankan Daerah Istimewa Yogyakarta)”, dalam Jurnal Fakultas Ekonomi UII: jurnal Universitas Islam Indonesia, Vol. 11, No, 2 (2007) dari https://journal.uii.ac.id/JAAI/article/view/216 (diakeses 22 September 2019) Laksana, Giga bawa, Dkk , “ Pengaruh Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Perepsi Risiko dan Persepsi Kesesuaian Terhadap Minat Menggunakan Mobile Banking,” dalam Jurnal Administrasi Bisnis: Jurnal Universitas Brawijaya, Vol. 26, No.2 (2015) dari http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1066 (diakses 22 September 2019) Martono, Nanang. Metode Penelitian Kuantitatif Edisi Kedua. Jakarta: Rajawali Pers, 2016. Muhammad, Fadhli dan Rudy Fachruddin,” Pengaruh Persepsi Nasabah Atas Risiko, Kepercayaan, Manfaat, Dan Kemudahan Penggunaan Internet Banking.” dalam Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi : Jurnal Universitas Syiah Kuala, Vol 1,No.2 (2016), dari https://www.neliti.com/publications/187067/pengaruh-persepsi- nasabah-atas-risiko-kepercayaan-manfaat-dan-kemudahan-pengguna (diakses pada 20 september 2019) Indah, Mustikawati, “Pengaruh Persepsi Nasabah Tentang Tingkat Suku Bunga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Nasabah.” dalam Jurnal Nominal: Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta, Vol.II, No.1 (2013) dari https://journal.uny.ac.id/index.php/nominal/article/view/1655 (diakses 21 September 2019) Nadlifah, Mia Ulfatun. “Pengaruh Persepsi Kemudahan Sistem Dan Kenyamanan Terhadap Sikap Positif Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah UINSA Angkatan 2014-2016 Dalam menggunakan Layanan Mobile Banking Bank Syariah.” Skripsi UINSA Surabaya, 2018. Nasution , Mislah Hayati dan Sutisna,” Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Terhadap Internet Banking.” dalam Jurnal Nisbah: Jurnal Universitas Djuanda, Vol 1, No.1 (2015) dari https://ojs.unida.ac.id/JN/article/view/241 (diakses 21 September 2019) Prasetijo, Ristiyanti dan John J.O.I Ilhalauw. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi, 2005. Prasetyo, Bambang dan Lina Miftahul Jannah. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Rajawali Pers, 2016. Purwanto, Erwab Agus dan Dyah Ratih sulistyastuti. Metode Penelitian Kuantitatif Edisi kedua. Yogyakarta: Gava Media, 2018. Rahayu, Imam Sugih, “ Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking Dengan Menggunakan Kerangka Technology Acceptance Model (TAM).” dalam Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia : Jurnal Universitas Alma Ata, Vol. V, No.2 (2015) dari http://ejournal.almaata.ac.id/index.php/JESI/article/view/206 (diakes pada tanggal 20 Agustus 2019) Rahayu, Imam Sugih, “ Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking Dengan Menggunakan Kerangka Technology Acceptance Model (TAM).” dalam Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia : Jurnal Universitas Alma Ata, Vol. V, No.2 (2015) dari http://ejournal.almaata.ac.id/index.php/JESI/article/view/206 (diakes pada tanggal 20 Agustus 2019) Saebani, Beni Ahmad. Pedoman Aplikasi Metode Penelitian Dalam Penyusunan Karya Ilmiah, Tesis, Disertasi. Bandung: Cv Pustaka Setia, 2017, Sarwono, Jonathan. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006. Santoso, Singgih. Aplikasi SPSS Pada Statistika Parametrik. Jakarta: PT. Elex Media Kompetindo, 2012. Saputro, Harsi Djoko. “Apek Hukum Perlindungan Konsumen Dalam Transaksi Mobile Banking Di Kaitkan Dengan Undang-Undang No.8 Tahun 1999 Tentang perlindungan Konsumen.‟‟ Tesis Universitas Indonesia Depok, 2006. Saputri, Dara. “Pengaruh Kemudahan, Daya Guna, Kenyamanan, Kepercayaan Terhadap Minat Nasabah Pengguna Mobile Banking Pada PT. Bank BRI Syariah Kantor Cabang tanjung Karang.” Skripsi Universitas Islam Negeri, 2017. Setiadi, Nugroho J. Perilaku Konsumen Konsem Dan Implikasi Untuk Startegi Dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Kencana, 2018. Subagyo, Joko. Metode penelitian. Jakarta: PT. Rienika Cipta, 2006. Sudaryono, Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Pers, 2018. Sugiyono, Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Pers, 2018 Sujarweni, V. Wiratna. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press, 2014. Suryati, Lili dan Andriasan Sudarso. Metodologi Penelitian Kuantitatif Edisi Kedua. Yogyakarta: Cv Budi Utama, 2017. Suryani, Tatik. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2008. www.ojk.go.id (diakses 7 Agustus 2019) www.ojk.go.id (diakses tanggal 5 Agustus 2019) www.bnisyariah.co.id Yuandari Esti dan R.Topan Aditya Rahman. Metode Penelitian Dan Statistika. Bogor: In Media, 2014. citation: Cholifah,, Siti (2019) Siti Cholifah : 1507025081, “ Pengaruh Inklusi Keuangan Syariah (Akses, Penggunaan, Kualitas) Terhadap Minat Nasabah Dalam Menggunakan Mobile Banking (Studi Kasus BNI Syariah KC Jakrta Barat)‟‟. Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah. Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Jakarta. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24235/1/FAI_PERBANKAN%20SYARIAH_1507025081_SITI%20CHOLIFAH.pdf