%D 2022 %T Persepsi Konsultan Pajak Memandang Motivasi, Loopholes, dan Csr terhadap Keinginan Melakukan Tax Planning %I Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi konsultan pajak memandang Motivasi (X1), Loopholes (X2), dan CSR (X3) terhadap keinginan melakukan Tax Planning (Y). Populasi dalam penelitian ini yaitu karyawan PT Pratama Indomitra Konsultan. Sampel yang digunakan sebagai responden yaitu karyawan PT Pratama Indomitra Konsultan sebanyak 60 orang. data yang digunakan adalah data primer berupa kuesioner. Pengolahan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda, yang diolah dari data primer dengan menggunakan software SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Motivasi memiliki nilai signifikansi t hitung sebesar 3,961 > nilai t tabel yaitu 2,003, Loopholes memiliki nilai signifikansi t hitung sebesar 2,006 > nilai t tabel yaitu 2,003, dan CSR memiliki nilai signifikansi t hitung sebesar 0,762 < nilai t tabel 2,003. Tax Planning memiliki nilai signifikansi F sebesar 0,000 < 0,05. Dan memiliki nilai Adjusted R Square sebesar 0,430 atau sama dengan 43%, sedangkan sisanya yaitu 57% dipengaruhi oleh variabel lain atau variabel yang tidak diteliti pada penelitian ini. Oleh sebab itu, disarankan untuk penelitian selanjutnya sebaiknya menambahkan variabel independen lainnya ataupun menggunakan variabel lain yang dapat berpengaruh dengan variabel dependen yaitu tax planning, agar semakin bervariatif variabel yang digunakan dan semakin banyak sampel yang digunakan maka semakin baik data dan hasil penelitiannya. %A Abdurrahman Nazhif %L repository24224