TY - THES A1 - Akhfa, Alfi Nur UR - http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24105/ PB - Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka M1 - other N2 - Perilaku membaca label gizi merupakan suatu tindakan yang dilakukan oleh konsumen untuk mengetahui informasi yang terdapat dalam produk kemasan makanan tersebut. Membaca label gizi diperlukannya pengetahuan agar mendapatkan informasi yang benar dari produk kemasan tersebut. Adanya factor yang mempengaruhi konsumen tidak membaca label gizi yaitu kurangnya pemahaman mengenai label gizi, serta pengaruh status gizi konsumen yang memiliki IMT >25 kg/mē menunjukkan kurangnya perilaku untuk membaca label gizi karena lebih fokus pada produk makanannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis hubungan pengetahuan gizi, status gizi, dan tingkat pemahaman dengan perilaku membaca label gizi pada mahasiswa fakultas ilmu-ilmu kesehatan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. Penelitian ini menggunakan metode cross sectional dengan jumlah sampel 133 orang. Sampel dipilih menggunakan teknik quota sampling. Data perilaku membaca label gizi, pengetahuan gizi dan tingkat pemahaman menggunakan kuesioner dan status gizi menggunakan pengukuran antropometri. Hasil analisis Chi-Square menunjukkan bahwa ada hubungan antar pengetahuan gizi dengan perilaku membaca label gizi (p value 0,000), ada hubungan status gizi dengan perilaku membaca label gizi (p value 0,034) dan ada hubungan tingkat pemahaman dengan perilaku membaca label gizi (p value 0,000). Diperlukan penelitian lanjutan untuk mengkaji faktor lain yang dapat mempengaruhi perilaku membaca label gizi. TI - Hubungan Pengetahuan Gizi, Status Gizi dan Tingkat Pemahaman dengan Perilaku Membaca Label Gizi pada Mahasiswa Prodi Ilmu Gizi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. AV - public KW - Label Gizi KW - Perilaku Membaca KW - Pengetahuan Gizi KW - Status Gizi KW - Tingkat Pemahaman ID - repository24105 Y1 - 2020/// ER -