%X ABSTRAK Nuraini. (2013). Efektivitas Teknik Role-Play untuk Mengembangkan Self-Esteem Peserta Didik (Studi Eksperimen Kuasi Terhadap Peserta Didik Kelas X Negeri 15 Jakarta Tahun Ajaran 2012/2013). Pembimbing I: Prof. Dr. Uman Suherman AS, M. Pd, Pembimbing II: Dr. Ilfiandra, M.Pd. Penelitian bertujuan menguji efektivitas teknik role-play dalam mengembangkan self-esteem peserta didik. Metode penelitian menggunakan eksperimen kuasi dengan desain penelitian nonequivalent pretest-posttest control group design dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket self-esteem. Partisipan penelitian berjumlah 14 orang (11 peserta didik laki-laki dan 3 perempuan) pada masing-masing kelompok eksperimen dan kontrol dengan menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) self-esteem peserta didik berada pada kategori sedang; (2) rumusan program intervensi teknik role-play difokuskan untuk untuk mengembangkan self-esteem peserta didik yang berada pada kategori rendah dan memelihara aspek self-esteem lainnya; dan (3) teknik role-play yang diterapkan dalam rancangan program bimbingan kelompok secara spesifik efektif mengembangkan aspek self-esteem peserta didik, kecuali indikator Adanya keikutsertaan dalam kegiatan di lingkungan sekitar pada aspek Keberartian. Rekomendasi hasil penelitian ditujukan kepada guru Bimbingan dan Konseling, kepala sekolah, serta peneliti selanjutnya. Guru Bimbingan dan konseling mengembangkan self-esteem peserta didik dengan membantu mereka untuk dapat: (1) menerima dan mencintai diri sendiri; (2) mengevaluasi diri secara objektif (menyadari kelebihan dan kekurangan diri); (3) mengembangkan potensi yang dimiliki; serta (4) meningkatkan prestasi dan mengembangkan coping skill. Kepala sekolah dapat menyediakan sarana dan prasarana yang diperlukan dalam optimalisasi kegiatan layanan Bimbingan dan Konseling bagi peserta didik. Peneliti selanjutnya dapat menggunakan teknik selain role-play seperti sosiodrama dan permainan simulasi, atau teknik lain yang dianggap cocok untuk mengembangkan self-esteem peserta didik, serta dapat menggunakan alat pengumpulan data selain angket untuk memperoleh data yang lebih mendalam. Kata Kunci: Efektivitas, Teknik Role-Play, Self- Esteem %A Nuraini Nuraini %L repository23787 %D 2013 %T Efektivitas Teknik Role Play untuk Mengembangkan Self Esteem Peserta Didik (Studi Eksperimen Kuasi terhadap Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 15 Jakarta Tahun Ajaran 2012/2013) %I Universitas Pendidikan Indonesia