%X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru dan orangtua murid TK Aisyiyah Bustanul Athfal tentang pembelajaran dari rumah pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif untuk melihat persepsi orang tua dan guru TK Aisyiyah Bustanul Athfal tentang pelaksanaan BDR di wilayah Provinsi Jawa Barat. Sampel penelitian menggunakan convenience sampling. Sampel penelitian ini adalah 83 guru dan 196 orangtua murid TK Aisyiyah di Provinsi Jawa Barat Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner melalui untuk mengetahui persepsi orangtua dan guru tentang pelaksanaan Belajar dari Rumah Data dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi pembelajaran diperoleh skor 2659 dikategorikan cukup baik. Pada dimensi proses komunikasi diperoleh skor 2532 dikategorikan cukup baik. Dan pada dimensi keterlibatan orangtua diperoleh skor 3419 dikategorikan sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi pembelajaran diperoleh skor 2659 dikategorikan cukup baik. Pada dimensi proses komunikasi diperoleh skor 2532 dikategorikan cukup baik. Pada dimensi keterlibatan orangtua diperoleh skor 3419 dikategorikan sangat baik %A Khusniyati Masykuroh %A Chandrawaty Chandrawaty %A Hana Hanifah %A Qutrotun Nada %L repository23524 %D 2021 %T PERSEPSI ORANGTUA DAN GURU TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL DI PROVINSI JAWA BARAT TENTANG PELAKSANAAN BELAJAR DARI RUMAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 %I Universitas Muhammadiyah Prof DR. HAMKA