@article{repository23519, number = {2}, publisher = {Universitas Muhammadiyah Surabaya}, title = {PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MEMBANGUN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN ANAK USIA DINI}, volume = {8}, month = {August}, journal = {PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini}, year = {2022}, issn = {2599-042X}, author = {Ramadani, Nabila Nurahma and Masykuroh, Khusniyati}, abstract = {Kondisi lingkungan di Indonesia yang bisa dikatakan sangat kritis akibat ulah perilaku manusia yang berbuat kerusakan di muka bumi. Karakter peduli lingkungan penting untuk diajarkan sejak anak usia dini untuk menumbuhkan nilai-nilai kesadaran lingkungan sebagai upaya untuk mencegah kerusakan alam di sekitar. Dengan menanamkan karakter peduli lingkungan sejak usia dini, diharapkan kelak dewasa mereka menjadi pribadi yang peduli lingkungan dan mampu menjaga bumi dari kerusakan. Keterbatasan media pembelajaran untuk membangun karakter peduli lingkungan di lapangan mendorong peneliti untuk melakukan penelitian pengembangan media flash card yang membangun karakter peduli lingkungan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang melibatkan tahapan-tahapan dengan lima langkah yang terdiri: (A)nalysis, (D)esign, (D)evelopment, (I)mplement, (E)valuate. Penelitian menghasilkan media flash card yang membangun karakter supaya anak lebih peduli terhadap lingkungan sekitar dengan mengenalkan perilaku menyayangi binatang, menyayangi tanaman, memilah sampah, menjaga kebersihan lingkungan, menggunakan barang yang bisa dipakai ulang, mengurangi penggunaan plastik, dan hemat energi. Hasil validasi media flash card yang dilakukan oleh ahli materi menghasilkan skor 90\% yang artinya sangat valid. Hasil validasi ahli media menghasilkan skor 81\% yang artinya valid, validasi oleh guru menghasilkan skor 86\% yang artinya sangat valid, dan hasil validasi oleh orangtua menghasilkan skor 90\%. Dari hasil validasi dapat disimpulkan bahwa flash card tersebut layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran anak usia dini.}, url = {https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pedagogi/article/view/13896} }