%0 Thesis %9 Bachelor %A Alyafie, Alif %B Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik : Ilmu komunikasi %D 2020 %F repository:23477 %I Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA %T Representasi Indonesia Dalam Iklan Susu Formula SGM Versi “Sahabat Generasi Maju” (Analisis Semiotika Rolland Barthes) %U http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/23477/ %X Penelitian ini diangkat oleh peneliti dikarenakan beragamnya kebudayaan yang dimiliki Indonesia yang terdapat dalam susus formula yang menrupakan asli indonesia yaitu susu formula SGM. Fokus penelitian ini adalah tentang makna denotasi, konotasi dan mitos dari iklan susu formula SGM versi “Sahabat Generasi Maju” yang berfokus pada ikon-ikon yang mencerminkan kekayaan kebudayaan Indonesia itu sendiri yang terdapat di dalamnya. Penelitian ini menggunakan teori Semiotika versi Rolland Barthes yang dimana menekankan kepada ikon-ikon dalam objek penelitian yang dikembangkan ke dalam makna denotasi, konotasi serta mitos. Pendeketan yang diambil peneliti dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Kualitatif adalah penedekatan yang bersifat alamiah sehingga mengutamakan fakta yang terjadi dalam suatu permasalahan. Metode yang digunaan metode penelitian semiotika Rolland Barthes yang berfokuskan pada tanda atau simbol-simbol yang terdapat dalam objek penelitian. Teknik pengambilan data dilakukan menggunakan dokumentasi dari video iklan tersebut. Dalam penelitian ini peneliti mendapatkan beberapa tanda atau ikon-ikon yang merepresentasikan kebudayaan Indonesia antara lain Batik, Tari Pendet, Warna Merah dan Angklung. Dari ikon-ikon tersebut dapat mewakilkan representasi kebudayaan Indonesia itu sendiri. Kata kunci : Representasi, Kebudayaan Indonesia, Iklan, Semiotika Rolland Barthes