eprintid: 23475 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3868 dir: disk0/00/02/34/75 datestamp: 2023-04-06 06:36:17 lastmod: 2023-04-06 06:36:17 status_changed: 2023-04-06 06:36:17 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Hakiki, Ahmad title: Analisis Potensi Preferensi dan Perilaku Terhadap Minat Masyarakat pulau Tidung Pada Bank Syariah”, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. ispublished: pub subjects: HB subjects: Skripsi divisions: 61206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Potensi Pulau Tidung Preferensi Masyarakat Pulau Tidung dan Perilaku Masyarakat Pulau Tidung Terhadap Minat Masyrakat Pulau Tidung Pada Bank Syariah. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan menyebarkan angket kuesioner kepada masyarakat pulau tidung. Dengan jumlah populasi sebanyak 5.221 masyarakat pulau tidung, pengambilan sampel dilakukan berdasarkan rumus slovin sebanyak 99,60 responden atau jika dibulatkan menjadi 100 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan nonprobabilitysampling dengan metode snowbellsampling. Sedangkan untuk metode analisis data menggunakan model analisis regresi linear berganda, dan untuk olah data menggunakan program spss versi 22 dan microssoft excel 2007. Dari hasil analisis uji t dengan tingkat signifikan 5% atau 0,05 menunjukkan bahwa Potensi Pulau Tidung sebesar 0,000, Preferensi Masyarakat Pulau Tidung sebesar 0,000, Perilaku Masyarakat Pulau Tidung sebesar 0,000 berpengaruh positif terhadap Minat Masyarakat Pulau Tidung secara parsial. Hasil uji F menunjukkan bahwa secara bersamaan atau simultan variabel Potensi , Preferensi, Perilaku berpengaruh positif terhadap Minat Masyarakat Pulau tidung dengan nilai F hitung sebesar 54,365. Sedangkan nilai pada Uji Koefisien Determinasi R2 sebesar 0,618. Angka ini menunjukkan bahwa Minat Masyarakat Pulau Tidung mampu dijelaskan oleh faktor Potensi, Preferensi, Perilaku sebesar 6,18% sedangkan 38,2% dijelaskan oleh faktor lain dan tidak dijelaskan dalam penelitian ini. date: 2019 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Jakarta department: Fakultas Agama Islam: Perbankan Syariah thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Antonio Muhammad Syafi’I, Bank syariah, Jakarta: Gema Insani, 2001. Anderpa Roni, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Dalam Menabung Di Bank Syariah, Jurnal Lembaga Keuangan Perbankan, Vol. 2, No. 1, 2017. Al Arif M Nur Rianto, Lembaga Keuangan Syariah, Bandung: CV Pustaka Setia, 2012. Al Arif M Nur Rianto, Teori Mikro Ekonomi, Jakarta: Kencana, 2010. Aswani Nur, Masyhuri, Metodelogi Riset Manajemen Pemasaran, Malang: UIN Maliki Press, 2011 Basuki, Nano Prawoto, Analisis Regresi Dalam Penelitian Ekonomi&Bisnis , Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2017. Dapertemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2008. Darmadi, Pengembangan Model Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa, Yogyakarta: Deepublish, 2017. Darmadi, Membaca Yuk Strategi Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak Sejak Dini, Yogyakarta: Deepublish, 2017 Dini Aprilia Wahyu, Analisis Preferensi Nasabah Bank Syariah, Surakarta, Universitas Sebelas Maret, 2007 Fahmi Irham, Pengantar Perbankan Teori & Aplikasi, Bandung, CV: Alfabeta, 2014. Hasan Nurul Ichsan, Pengantar Perbankan Syariah, Jakarta: GP Press Group, 2014 Hasibuan Malayu, Dasar-Dasar Perbankan, Jakarta: PT. BumiAksara, 2006 Hasan Iqbal, Analisis Data Penelitian Dengan Statistik, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008 Hamid Farida, t.t, Kamus Ilmiah Populer Lengkap, Surabaya: Apollo Hermansyah, Pembentukan Bank Syariah Melalui Akuisisi Dan Konversi,Yogyakarta: UII Press, 2010 Hanief Yulingga Nanda dan Wasis Himawanto, Statistika Pendidikan, Yogyakarta: Grup Penerbitan CV Budi Utama, 2017. Kasmir, Manajemen Bank Syariah, Jakarata: RajawaliPers, 2014 Kountur Ronny, Metode Penelitian: Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis Jakarta: Buana Printing, 2009 Kotler Philip, Manajemen Pemasaran, Jakarta, Prehalindo, Cet Ke-10, 2000 Maski Ghozali, Analsis Keputusan Nasabah Menabung Pendekatan Komponen dan Logistik Studi Pada Bank Syariah Di Malang, Jurnal Of Indonesian Economics Vol. 4 No. 1, 2012. Muhammad, Manajemen Bank Syariah, Yogyakarta: UPP STIM YKNP, 2011 Merza Gamal, Tantangan Bank Syariah Kedepan, 2008 Nanda Salsabila Alif, Analisis Potensi dan Preferensi Masyarakat Pedesaan Terhadap Bank Syariah, Yogyakarta: Universitas Islam Negeri, 2017 Nawari, Analisis Regresi Dengan MS Excel dan SPSS, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2010 Noor Ruslan A Ghofur, Konsep Distribusi Dalam Ekonomi Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013. Noor Fahd, Preferensi Masyarakat Pesantren Terhadap Bank Syariah, TAZKIA Islamic Business and Finance, 2014 Nurdiana Nina, Teknik Sampling Snowball Dalam Penelitian lapangan, Jurnal Comtech Vol. 5, No. 2, 2014. Otoritas Jasa Keuangan, Booklet Perbankan Indonesia 2016, Jakarta, OJK, 2016 Poerwadaminta, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2006 Rahmawati Anny, Potensi Dan Strategi Pengembangan Bank Syariah Di Indonesia, Jurnal Manajemen Agribisnis, Vol. 2 No. 1, 2005. Rangkuti, Freddy, Riset Pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2017 Rocheaty Eti, Metodelogi Penelitian Bisnis Dengan Aplikasi SPSS, Jakarta: Mitra Wacana Media, 2007 Setiadi J Nugroho, Perilaku Konsumen, Jakarta, Kencana Praneda Meida Grup Cet Ke 5, 2013. Sirat Hadi Abdul, Persepsi Masyarakat Terhadap Perbankan Syariah, Makassar, Jurnal Al-Qalam, Vol 16, No. 26, 2010. Sofhian, Analisis Pteferensi Nasabah Penabung Pada Bank Muamalat Indonesia, Gorontalo, Jurnal Studi Ekonomi dan Bisnis Islam, 2016 Sopyan Indra, Analisis Pengaruh Persepsi, Perilaku dan Preferensi Masyarakat Santri Terhadap Perbanka Syariah, Jakarta, Universitas Islam Negeri, 2016 Subianto Totok, Studi Tentang Perilaku Konsumen Beserta Implikasinya Terhadap Keputusan Pembelian, Jurnal Ekonomi Modernisasi, Vol. 3, No. 3, 2007 Sujarweni Wirana, Statistika Untuk Penelitian, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012 Susanto Ahmad, Teori Belajar Pembelajaran Di Sekolah Dasar, Jakarta, Kencana, 2016 Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, Bandung, Alfabeta, 2010 Supardi, Metode Penelitian Ekonomi & Bisnis, Yogyakarta: UII Press, 2005 Umar Husein, Desain Penelitian MSDM dan Perilaku Karyawan: Pradigma Positivistik dan Berbasis Pemecahan Masalah, Jakarta: Rajawali Press, 2013 Usman Rachma, Aspek Hukum Perbankan,Jakarta: Sinar Grafika, 2012 Vebita, Analisis Preferensi Masyarakat Terhadap Prinsip Bagi Hasil, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi, Vol. 2, No.1, 2017. Warddhani Widya, Pengaruh Persepsi Dan Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Hunian Green Product, Jurnal Manajemen dan Organisasi, Vol. VI, No.1, 2015 Wiroso, Produk Perbankan Syariah, Jakarta: LPFE Usakti, 2011 Widiastuti Rini, Ilmu Perilaku Konsumen, Malang, Perpustakaan nasional Katalog, 2012 https://keuangan.kontan.co.id/news/aset-bank-syariah-mengalami-perlambatan-pertumbuhan-q2-kenapa https://www.liputan6.com/bisnis/read/3445095/ojk-kondisi-bank-syariah-nasional-terus-membaik https://www.republika.co.id/berita/ekonomi/syariah-ekonomi/15/05/24/nov4ip-ojk-majukan-keuangan-syariah-melalui-sosialisasi-kepada-masyarakat https://www.republika.co.id/berita/ekonomi/keuangan/14/12/21/ngxm3q-keinginan-masyarakat-untuk-menabung-semakin-menurun https://www.dream.co.id/dinar/seberapa-besar-potensi-perbankan-syariah-di-indonesia-1701268.html citation: Hakiki, Ahmad (2019) Analisis Potensi Preferensi dan Perilaku Terhadap Minat Masyarakat pulau Tidung Pada Bank Syariah”, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Jakarta. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/23475/1/FAI_PERBANKAN%20SYARIAH_1407025015_AHMAD%20HAKIKI.pdf