eprintid: 23459 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3868 dir: disk0/00/02/34/59 datestamp: 2023-04-06 04:10:08 lastmod: 2023-04-06 04:10:08 status_changed: 2023-04-06 04:10:08 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Alfitransyah, Alfitransyah title: Studi Etnografi Komunikasi Penggunaan Bahasa Verbal Pada Komunitas Ojek Online ( Komunitas Gojek Jakarta Selatan) ispublished: pub subjects: H1 subjects: JA subjects: Skripsi divisions: 70201 abstract: Komunitas ojek online adalah komunitas yang terbentuk karena adanya rasa kebersamaan antara para pengemudi ojek online. Rasa kebersamaan ini muncul dalam obrolan sehari-hari. Hal ini lah yang melatarbelakangi munculnya bahasa. Komunitas ojek online ini memiliki bahasa yang hanya dimengerti oleh mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami bagiamana bentuk – bentuk, pola pembentukan serta penggunaan bahasa verbal yang ada pada komunitas ojek online ini. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme. Fokus penelitiannya adalah komunitas. Teori yang digunakan adalah speech code theory. Teori ini berusaha menjawab tentang keberadaan kode berbicara dalam komunitas ojek online yang memiliki ciri khas yang membedakannya dengan kelompok lain. Pendekatan penelitian adalah kualitatif, jenis penelitian deskriptif dan menggunakan metode etnografi komunikasi. Teknik pengumpulan data observasi partisipan, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunitas ojek online dalam obrolan sehari-hari memiliki bahasa komunitas yang hanya dipahami oleh sesama pengemudi ojek online. Hal ini mempermudah untuk berkomunikasi, sehingga menjadi efektif. Bahasa itu sering digunakan dan bertahan selama komunitas itu masih ada. Dalam membuat bahasa, komunitas ojek online membuatnya dengan bermakna kreatif, inovatif, dan mempunyai nilai motivasi. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan bagi perkembangan ilmu komunikasi terutama mengenai bagaimana sebuah komunitas memiliki bahasa dan budaya sendiri, diharapkan berguna bagi para pengemudi dan penumpang ojek online agar tidak terjadi kesalahpahaman. Kata kunci : Etnografi komunikasi, Komunitas Ojek Online, Bahasa. date: 2019 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA department: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik : Ilmu komunikasi thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Bungin, Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya, Jakarta: Kencana Prenada Media Group. ___________. 2013. Sosiologi Komunikasi : Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat, Jakarta : Kencana Prenada Media Group. Chaer, Abdul & Agustina, Leonie. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal, Jakarta: PT. Rineka Cipta. ____________. 2012. Linguistik Umum, Jakarta: PT. Rineka Cipta. Effendy, Onong Uchjana. 2015. Ilmu Komunikasi Teori Dan Praktek, Bandung: PT. Citra Aditya Bakti. Golberg, Alvin A. 2006. Komunikasi Kelompok : Proses Diskusi dan Penerapannya, Jakarta: Universitas Indonesia Griffin, EM. 2012. A first look at Communication Theory, New York: Hill Companies. Kriyantono, Rachmat. 2010. Teknik Praktis Riset Komunikasi, Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Kuswarno, Engkus. 2011. Etnografi Komunikasi Suatu Pengantar dan Contoh Penelitiannya, Bandung: Widya Padjajaran. Liliweri, Alo. 2007 Makna Budaya Dalam Komunikasi Antarudaya, Yogyakarta: LKis. Litlejohn, Stephen & Foss, Karen. 2011. Teori Komunikasi : Theory of Human Communication, Jakarta: Salemba Humanika. Mulyana, Deddy & Rakhmat, Jalaluddin. 1990. Komunikasi Antarbudaya, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. _______________. 2014. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Nasrullah, Ruli. 2017. Etnografi Virtual: Riset Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi di Internet. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.Soerjono Soekanto. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2017 Vardiansyah, Dani. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi, Bogor: Ghalia Indonesia. ________________. 2008. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Jakarta: PT. Indeks. Wenger, Etienne et al. 2002. Cultivating Communities of Practice. Harvard Business School Press Wirawan, Sarlito. 2016. Psikologi Sosial, Jakarta: Balai Pustaka. citation: Alfitransyah, Alfitransyah (2019) Studi Etnografi Komunikasi Penggunaan Bahasa Verbal Pada Komunitas Ojek Online ( Komunitas Gojek Jakarta Selatan). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/23459/1/FISIP_ILMU%20KOMUNIKASI_%201506015011_%20ALFITRANSYAH.pdf