%L repository23441 %X Kinerja yang baik bimbingan dan konselingdalam pendidikan karakter diperlukan karenahakikatnya layanan bimbingan dan konseling berorientasi pada pengembangan karaktersiswa sehingga mencapai kemaslahatan siswa. Tujuan penelitian ini untukmenganalisanilai-nilai al-islam dan kemuhamadiyahan dalam meningkatkan kinerja guru bimbingan dan konseling sebagai praksispendidikan karakter dipersyarikatan muhammadiyah DKI Jakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru bimbingan dan konselingdipersyarikatan muhammadiyah DKI Jakarta. Jenis instrumen yang digunakan wawancara dan observasi serta instrument pendukung untuk mengukur tingkat kinerja guru bimbingan dan konseling dipersyarikatan muhammadiyah DKI Jakarta menggunakan instrumen berupa angket. Jenis angket yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket tertutup dengan skala likert. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan analisis pendukung data kuantitatif melalui deskripsi data kualitatif untuk menggambarkan kinerjaguru bimbingan dan konseling diperguruan muhammadiyah yang menjadi subjek penelitian.Berdasarkan presentase tentang kinerja guru bimbingan dan konseling padahasil penelitiandan skormeanyang ada,diperoleh pengelompokan kinerja guru bimbingan dan konseling yang memberi gambaranbahwa kinerja guru BK dipersyarikatan muhammadiyah DKI Jakarta sebanyak 78% dalam kategori sangat tinggi dan 22% pada kategori tinggi. %A Asni Asni %A Fauzi Nur Ilahi %A Siti Hajar %A Nurmawati Nurmawati %T KONTRIBUSI NILAI-NILAI AL-ISLAM DAN KEMUHAMADIYAHANDALAM MENDORONG KINERJA GURU BK %J Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia