%X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara (1)kemandirian belajar dengan minat belajar mata kuliah koreografi, (2) kreativitas seni tari dengan minat belajar mata kuliah koreografi, (3) kemandirian belajar dan kreativitas seni tari dengan minat belajar mata kuliah koreografi. Sejalan dengan tujuannya, penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskripsi korelasional.Variabel dalam penelitian terbagi dua yaitu variabel bebas X1 (kemandirian belajar), X2(kreativitas seni tari) danvariabel terikat Y (minat belajar mata kuliah koreografi).Populasi penelitian adalah mahasiswa seni tari dengan minat koreografi32 orang.Penelitian ini disebut penelitian populasi sebab jumlahpopulasi kurang dari 100 sehingga sampel penelitian sama dengan populasinya. Ketiga data penelitian,yaknikemandirian belajar, kreativitas seni tari dan minat belajar mata kuliah koreografi dikumpulkan melalui instrumen berbentuk angket. Validitas instrumen diuji menggunakan validitas konstrukdengan rumus product momentdariperson, sedangkan untuk mengetahui reliabilitas digunakan rumusAlfa-Cronbach. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan teknik regresi ganda dan korelasi dengan uji prasyarat analisis meliputi ujinormalitas dengan ujiOne–Sample Kolmogorov–Smirnov Test, uji linieritas denganuji F,ujiindependensi dengan ujiColinearity Statistics. Hasil analisis pada taraf signifikansi 5 % menunjukan bahwa :(1)terdapat hubungan yang positif dantidaksignifikan antarakemandirian belajar dengan minat belajar mata kuliah koreografi (rhitung> rtabelatau 0,703 > 0,349)dan(thitung rtabelatau 0,858 > 0,349)dan (thitung>ttabelatau 5,261 > 1,699), dan terdapat hubungan yang positif dan signifikansecara bersama-sama antara kemandirian belajardan kreativitas seni tari dengan minat belajar mata kuliah koreografi(rhitung> rtabelatau 0,8613 > 0,349)dan (Fhitung>Ftabelatau41,596 >3,33 ). Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa (1) ada hubungan yang positif dantidaksignifikan antara kemandirian belajar dengan minat belajar mata kuliah koreografidengan sumbanganefektifsebesar 8 %, (2) ada hubungan yang positif dan signifikan antara kreativitas seni tari dengan minat belajar mata kuliah koreografidengan sumbanganefektifsebesar 66 %, dan (3) ada hubungan yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara kemandirian belajardan kreativitas seni tari dengan minat belajar mata kuliah koreografi dengan sumbanganefektif sebesar74 %.Hal ini menunjukan bahwa kedua variabel bebas dapat menjadi prediktor yang baik bagi minat belajar mata kuliahkoreografi. %I Universitas Sebelas Maret %A Siti Hajar %T HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KREATIVITAS SENI TARI DENGAN MINAT BELAJAR MATA KULIAH KOREOGRAFI DI ISI SURAKARTA %D 2008 %L repository23439