eprintid: 23411 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3868 dir: disk0/00/02/34/11 datestamp: 2023-04-05 06:36:00 lastmod: 2023-04-05 06:36:00 status_changed: 2023-04-05 06:36:00 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Arsia Fakhrina, Meisya title: Komunikasi Persuasif Agen Prudential Cabang Kasablanka Jakarta dengan Calon Nasabah ispublished: pub subjects: H1 subjects: JF subjects: Skripsi divisions: 70201 abstract: Komunikasi persuasif adalah komunikasi yang bertujuan untuk membujuk komunikan. Dalam hubungan antara agen asuransi dan calon nasabah komunikasi persuasif memegang peran penting penelitian ini berfokus untuk memahami komunikasi persuasif antara agen Prudential Jakarta dalam meyakinkan calon nasabah dan untuk memahami strategi agen dalam meyakinkan calon nasabah. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dan teori Kemungkinan Elaborasi. Pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Teknik analisis data: triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan komunikasi persuasif yang digunakan agen Prudential dalam mendekati calon nasabah adalah dengan pendekatan personal. Sebelum melakukan prospek, para agen prudential mencari tahu terlebih dahulu mengenai kehidupan, kebiasaan, dan aktivitas calon nasabahnya. Dengan demikian agen Prudential dapat menarik minat calon nasabah untuk menabung di Prudential. Dengan strategi ini calon nasabah menunjukkan perubahan perilaku, yang awalnya menolak berubah menjadi tertarik dengan asuransi karena melihat keuntungan dan manfaat menjadi nasabah asuransi Prudential. Dalam dunia asuransi agen Prudential memiliki peran yang besar untuk mempengaruhi calon nasabah. Untuk itu seorang agen harus dapat melakukan komunikasi persuasif. Kontribusi penelitian ini terdapat kontribusi akademis yang diharapkan dapat memberi data baru tentang teori kemungkinan elaborasi. Kontribusi metodologis untuk menambah wawasan baru dan mengembangkan metode studi kasus. Kontribusi praktis yang dapat dijadikan sebagai sumber informasi bagi agen asuransi yang ingin meyakinkan calon nasabah. Kata kunci: komunikasi persuasif, agen, nasabah date: 2019 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA department: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik : Ilmu komunikasi thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Abdul, Andi. 2010. Komunikasi Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. AS, Enjang. 2009. Komunikasi Konseling. Bandung: Nuansa. AW Suranto. 2011. Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu. Bungin, Burhan H.M. 2007. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan. Publik, dan Ilmu Sosial. Jakarta: Kencana Prenama Media Group. Cangara, Hafied. 2007. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Cialdini, Robert B. 2009. Psikologi Persuasif Merekayasa Kepatuhan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Dendawijaya, Lukman. 2009. Manajemen Perbankan. Jakarta: Ghalia Indonesia. De Vito. 2010. Komunikasi Antarmanusia. Jakarta: Professional Books. Djojosoedarso, S. 2008. Prinsip-Prinsip Manajemen Resiko dan Asuransi, Edisi Revisi. Jakarta: Salemba Empat. Effendy, Onong Uchjana. 2007. Ilmu Komunikasi (Teori dan Praktek). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Hidayat, Dasrun. 2012. Komunikasi Antarpribadi dan Medianya. Yogyakarta: Graha Ilmu. Kriyantono, Rachmat. 2014. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Prenadamedia Group. _________________. 2017. Teori-Teori Public Relations Perspektif Barat & Lokal. Jakarta: Kencana. Liliweri, Alo. 2007. Perspektif Teoritis Komunikasi Antar Pribadi. Bandung: PT. Citra Aditya BaktiMaulana, Herdiyan. Gumelar, Gumgum. 2013. Psikologi Komunikasi Dan Persuasi. Jakarta: Akademia Permata. Morissan, Wardhany & Andy. 2009. Teori Komunikasi (Tentang Komunikator, Pesan, Percakapan dan Hubungan). Bandung: Ghalia Indonesia. Mulyana, Deddy. 2013. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya. Rastuti, Tuti. 2011. Aspek Hukum Perjanjian Asuransi. Yogyakarta: Pustaka Yustisia. Soemirat, Soleh, dan Asep Suryana. 2018. Komunikasi Persuasif. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka. Stewart L. Tubbs, Stewart & Moss, Sylvia. 2008. Human Communication: Prinsip prinsip Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta. Jurnal Dina Siti Rahmawati. 2016. Komunikasi Persuasif Leader Dalam Merekrut Calon Agen Asuransi Pada PT. Prudential Life Assurance Cabang Pekanbaru. Universitas Riau. Hal. 3. Fatimah. 2015. Komunikasi Persuasif Agen Asuransi Dalam Merekrut Calon Agen (Studi Kasus Tentang Perekrutan Calon Agen Dalam Meningkatkan Penjualan Polis di Asuransi PT.AXA). Universitas Jayabaya Jakarta. Hal. 1-2 Ika Indrayani. 2016. Strategi Komunikasi Persuasif Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada Agen PT. Prudential Life Assurance Cabang Pekanbaru. Universitas Riau. Hal. 2 Latifa Karomah. 2016. Strategi Komunikasi Persuasif Pekerja Sosial Dalam Pembinaan Remaja Putus Sekolah Di Panti Sosial Bina Remaja (PSBR) Rumbai. Universitas Riau. Hal. 3-4. Herman Susetyo. 2013. Pertanggungjawaban Agen Asuransi Terhadap Perusahaan Asuransi Jika Tertanggung Melakukan Wanprestasi. Universitas Diponegoro. Hal. 4.Primadhany Kartana Putri. 2016. Aplikasi Pendekatan-Pendekatan Persuasif Pada Riset Komunikasi Pemasaran: Iklan Melibatkan Penciptaan dan Penerimaan Pesan Komunikasi Persuasif Mengubah Perilaku Pembelian. Universitas Semarang. Hal. 2. Dian Pertiwi. 2019. Strategi Komunikasi Persuasif Dalam Meningkatkan Jumlah Debitur di PT. BNI (PERSERO) Tbk Kantor Cabang Padang. Universitas Riau. Hal. 7. Skripsi Arfani. 2016. Strategi Komunikasi Band Slank dalam Mengkampanyekan Anti Narkoba. Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Bustomi Arifin. 2016. Strategi Komunikasi Persuasif Volunteer Earth Hour Tangerang dalam Hemat Energi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Novi Wahyu Pratama. 2018. Komunikasi Persuasif Dalam Membangun Kesehatan Lingkungan Di Desa Rejeni Krembung Sidoarjo. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Ahmad Khoiron. 2015. Komunikasi Interpersonal Antara Pimpinan dan Staff. Universitas Muhammadiyah Surakarta citation: Arsia Fakhrina, Meisya (2019) Komunikasi Persuasif Agen Prudential Cabang Kasablanka Jakarta dengan Calon Nasabah. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/23411/1/FISIP_ILMU%20KOMUNIKASI_%201506015193_%20MEISYA%20ARSIA%20FAKHRINA.pdf