eprintid: 23397 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/02/33/97 datestamp: 2023-04-05 04:30:44 lastmod: 2023-04-05 04:30:44 status_changed: 2023-04-05 04:30:44 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Husaini, Fahri title: Pengaruh Citra Merek dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pengguna Jasa Ojek Online Grab Bike di FEB UHAMKA ispublished: pub subjects: HG divisions: Manajemen abstract: Penelitian ini merupakan jenis penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah pengguna atau yang sudah pernah menggunakan Grab Bike dengan menyebarkan kuesioner kepada 78 orang responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah metode regresi linier berganda dan menggunakan uji – t dengan taraf signifikansi a = 5%. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pertama: Citra Merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pengguna Jasa. Hal ini dapat dibuktikan dengan tingkat signifikansi variabel Citra Merek 0,000 > 0,05 dan nilai thitung 5,086< ttabel 1,992 dari ketentuan df= n – k atau df= 78 – 3 = 75 maka diperoleh ttabel 1,992. Kedua, Persepsi Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pengguna Jasa. Hal ini dapat dibuktikan dengan tingkat signifikansi variabel Persepsi Harga 0,004 < 0,05 dan nilai thitung 2,977 > ttabel 1,992 dari ketentuan df= n – k atau df= 78 – 3 = 75 maka diperoleh ttabel 1,992. Selanjutnya yang ketiga Citra Merek dan Persepsi Harga berpengaruh secara simultan terhadap Keputusan Pengguna Jasa. Hasil ini dapat dilihat dari hasil uji F dimana Fhitung lebih besar dari Ftabel (31,681 > 3,12) dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. date: 2022 date_type: completed full_text_status: public pages: 36 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Aeker, D and Keller.,2000. Brand Utility, Telaah Manajemen, Vol 1, Edisi 2, 2004, Semarang. Andryanto, S. (2022). Pernah 10 Besar Kota Termacet, Kini Jakarta Urutan 46, ini 14 Indeks Ukurannya. Retrieved 13 July 2022, from https://metro.tempo.co/read/1561332/pernah-10-besar-kota-termacet-kinijakarta- urutan-46-ini-14-indeks-ukurannya Anwar, M., & Andrean, D. (2021). The Effect of Perceived Quality, Brand Image, and Price Perception on Purchase Decision. Proceedings of the 4th International Conference on Sustainable Innovation 2020-Accounting and Management (ICoSIAMS 2020), 176(ICoSIAMS 2020), 78–82. https://doi.org/10.2991/aer.k.210121.012 APJII (2020). Grab dan Gojek, Layanan Transportasi Online Paling Populer di Masyarakat. Retrieved 13 July 2022, from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/11/11/grab-dan-gojeklayanan- transportasi-online-paling-populer-di-masyarakat App Store. (2022). Retrieved 13 July 2022, from https://www.apple.com/id/appstore/ ARIESTA, Y., & . S. (2019). The Analysis of Brand Equity and Promotion to the Buying Decision Process of Suzuki Motorcycle. International Journal of Scientific and Research Publications (IJSRP), 9(1), p8504. https://doi.org/10.29322/ijsrp.9.01.2019.p8504 Dahliani, Y., & Ahwal, R. H. (2021). Kajian Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Gieselin Food Sukser Makmur Di Jember. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(1), 181–190. Darmansah, A., & Yosepha, S. Y. (2020). Pengaruh Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Aplikasi Shopee Di Wilayah Jakarta Timur. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen Unsurya, 1(1), 15–30. https://jom.universitassuryadarma.ac.id/index.php/jimen/article/view/2 Dewi, A. I., Agung, I. G., & Sri, K. (2018). PERAN BRAND IMAGE MEMEDIASI PENGARUH WORD OF MOUTH TERHADAP PURCHASE INTENTION ( Studi Pada Produk Mie Samyang Hot Spicy Chicken di Kota Denpasar ) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia Perkembangan pertumbuhan pendudu. 7(4), 1771–1801. Ulza, E., Setiawan, E., & Arifudin, M. (2019). Pengaruh Word Of Mouth, Brand Image Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Manajemen & Bisnis Ndonesia, 5(1), 1–8. Fahira, S., Hartati, T., & Amir, H. (2019). Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Maskara Maybelline (Studi Kasus Pada Mahasiswi Administrasi Niaga Politeknik Negeri Jakarta). Epigram, 16(2), 205–210. https://doi.org/10.32722/epi.v16i2.2236 Ferdyanto, S. (2021). Pengaruh Persepsi Harga, Promosi dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Perusahaan Ritel di Jakarta). Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 5(3), 279. https://doi.org/10.24912/jmbk.v5i3.11863 Fuady, I., Arifin, H., & Kuswarno, E. (2017). Factor Analysis That Effect University Student Perception in Untirta About Existence of Region Regulation in Serang City - Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Mahasiswa Untirta Terhadap Keberadaan Perda Syariah Di Kota Serang. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 21(1), 123770. Geçit, B. B., & Kayacan, M. (2017). Effect of Price and Brand on Purchase Decision – An Application on Turkish Smart Phone Consumers. International Conference on Eurasian Economies 2017, 2–6. https://doi.org/10.36880/c09.01960 Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Multivariate Dengan SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang. Gunawan, A., & Sunardi, H. (2016). Pengaruh Kompensasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Gesit Nusa Tangguh. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Ukrida, 16(1), 98066. Hafilah, E., Chaer, V., & Usman, O. (2019). The Effect of Brand Ambassador, Brand Image, Product Quality, and Price on Purchase Decisions Samsung Smartphones. SSRN Electronic Journal. doi: 10.2139/ssrn.3314080 HASANAH, N., & Usman, O. (2021). Influence of Brand Image, Price, and Product Quality on Purchase Decision on Lazada E-Commerce. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3768312 Hasil Pencarian - KBBI Daring. (2022). Retrieved 13 July 2022, from https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/persepsi Hasil Pencarian - KBBI Daring. (2022). Retrieved 13 July 2022, from https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/harga Hastuti, R. (2019). Selain Anthony Tan, Inilah Sosok di Balik Keberhasilan Grab,. Retrieved 13 July 2022, from https://www.cnbcindonesia.com/tech/20190625121927-37-80466/selainanthony- tan-inilah-sosok-di-balik-keberhasilan-grab Hendriatmi. (2021). The Effect of Product Quality, Price Perception, and Brand Image on Product Purchase Decision at Pt. Ottobock Healthcare Indonesia. International Journal of Scientific Research in Science and Technology, 146– 154. https://doi.org/10.32628/ijsrst218425 Istikhomah, I., & Marwati, F. S. (2021). Purchase Decision in View of Brand Image, Product Quality, and Promotion. Almana : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 5(1), 29–34. https://doi.org/10.36555/almana.v5i1.1533 Juhaeri, J. (2020). The Influence of Brand Image, Service Quality, Price Perception and Trust on the Purchase Decision of Welding Workshop Welding Www.Kanopirumah.Com. PINISI Discretion Review, 2(1), 17. https://doi.org/10.26858/pdr.v2i1.13219 Kotler, Philip dan Keller, K. L. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi 13, Erlangga. 2009. Kotler, Philip dan Keller, K. L. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Edisi 13, Erlangga. 2009. Langgeng sri handayani, R. hidayat. (2022). Pengaruh kualitas Produk , Harga , dan Digital Marketing Terhadap Produk MS Glow Beauty Terlaris di Berbagai macam produk kosmetik di kosmetik untuk konsumen wanita maupun. Ikraith-Ekonomika, 5(2), 135–145. Lily, H., & Yurike, V. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Maskapai Penerbangan Tiger Air Mandala. E-Journal WIDYA Ekonomika, 1(2338–7807), 11. Literate, S., & Indonesia, J. I. (2020). View metadata, citation and similar papers at core.ac.uk. PENGARUH PENGGUNAAN PASTA LABU KUNING (Cucurbita Moschata) UNTUK SUBSTITUSI TEPUNG TERIGU DENGAN PENAMBAHAN TEPUNG ANGKAK DALAM PEMBUATAN MIE KERING, 1(2), 274–282. Maskan, M., Soepeno, B., & Rulirianto, R. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Gojek Di Kota Malang. Adbis: Jurnal Administrasi Dan Bisnis, 13(2), 209. https://doi.org/10.33795/jadbis. v13i2.80 Masri Singarimbun dan Sofian Effendi. 1989. Metode Penelitian Survei. Jakarta: Pustaka LP3ES. Media, K. (2021). Jadi Primadona, Berikut Alasan Ojek Online Begitu Diminati. Retrieved 13 July 2022, from https://biz.kompas.com/read/2021/07/28/192211528/jadi-primadonaberikut- alasan-ojek-online-begitu-diminati Mediatama, G. (2019). Kasus Pelecehan terjadi di Surabaya, begini tanggapan manajemen Grab. Retrieved 13 July 2022, from https://industri.kontan.co.id/news/kasus-pelecehan-terjadi-di-surabayabegini- tanggapan-manajemen-grab Muharam, W., & Soliha, E. (2017). Kualitas Produk, Citra Merek, Persepsi Harga Dan Keputusan Pembelian Konsumen Honda Mobilio. Ilmu Dan Riset Manajemen, 7(2014), 1–15. Mulya Firdausy, C., & Idawati, R. (2017). Effects of Service Quality, Price and Promotion on Customers’ Purchase Decision of Traveloka Online Airline Tickets in Jakarta, Indonesia. International Journal of Management Science and Business Administration, 3(2), 42–49. https://doi.org/10.18775/ijmsba.1849-5664-5419.2014.32.1004 Muttaqin, S. M. Z., Ayu, I., & Kartini, N. (2020). Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek Dan Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Memilih Jasa Gojek Di Kecamatan Taman Kabupaten. 5(JEM17), 1–16. Nasib, Amelia, & Lestari. (2017). Dasar Pemasaran. Mitra Wacana Media, 4(1), 29–37. Prakoso/Suharsih, W. (2022). Tegas! Grab Nonaktifkan Akun Driver Grabcar Lecehkan Penumpang Di Solo. Retrieved 13 July 2022, from https://www.solopos.com/tegas-grab-nonaktifkan-akun-driver-grabcarlecehkan- penumpang-di-solo-1358344 Pramaisella, M., & Usman, O. (2021). Influence of Brand Image, Price, and Product Quality on Shopee User Purchase Decision (Shopee User Study in Jabodetabek). SSRN Electronic Journal. doi: 10.2139/ssrn.3767974 Prawira, E. Y., & Sukardi, S. (2020). Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Vivo Pada Masyarakat Kota Yogyakarta. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 9(1), 64. https://doi.org/10.12928/fokus.v9i1.1550 Puspitasari, P., Eka, D., & Nailis, W. (2018). PENGARUH LOKASI DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Studi Kasus Pada Konsumen KFC Dermaga Point Palembang). Jembatan, 15(1), 23–32. https://doi.org/10.29259/jmbt.v15i1.5881 Rachnady, L., & Usman, O. (2021) The Influence of Brand Image, Features, and Price Perception on Purchase Decision on OPPO Smartphone (Case Study at Faculty of Economics Students of Jakarta State University 2018-2020). SSRN Electronic Journal. doi: 10.2139/ssrn.3768737 Ramadhanti, shafira, & Usman, O. (2021). Influence of Brand Ambassador BTS, Brand Image, and Product Quality on Tokopedia E-Commerce Purchase Decision. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3768614 Rizan, M., Nauli, M. O., & Mukhtar, S. (2017). the Influence of Brand Image, Price, Product Quality and Perceive Risk on Purchase Decision Transformer Product Pt. Schneider Indonesia. JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 8(1), 101–119. https://doi.org/10.21009/jrmsi.008.1.06 Saktiawan, P. D., & Harsono, S. (2021). The Effect of Performance, Price Perception, Brand Image, and Brand Association on Purchase Decision of Honda CBR150R in Surabaya. Philippine Social Science Journal, 4(1), 97– 107. https://doi.org/10.52006/main.v4i1.288 Saputra, A. W. (2017). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Isuzu Panther. Diponegoro University Journal Of Social And Politic, 1–12. Shaadiqawati, N., & Yuliati, A. L. (2014). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Kamera Tipe Digital Slr Merek Canon Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Perusahaan Canon Di Jl. Banda Bandung). EProceedings of Management, 1(3), 723–729. Situmorang, S. H., & Lutfi, M. (2012). Analisis Data Untuk Riset Manajemen dan Bisnis. Medan: USU Press. Sudaryanto, Suroso, I., Pansiri, J., Umama, T. L., & Hanim, A. (2021). Impact of culture, brand image and price on buying decisions: Evidence from East Java, Indonesia. Innovative Marketing, 17(1), 130–142. https://doi.org/10.21511/im.17(1).2021.11 Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta. Bandung. Sugiyono. 2014. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R & D, Alfabeta. Bandung. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung. Suheri, C. (2022). The Effect of Price Perception and Sales Promotion on the Purchase Decision of the Pertamax Turbo in Palembang City. 5(November 2021), 5–10. Supriyadi, Fristin, Y., & K.N, G. I. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Mahasiswa Pengguna Produk Sepatu Merek. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 135–144. https://media.neliti.com/media/publications/75449-ID-pengaruh-kualitasproduk- dan-brand-image.pdf Utari, N. (2021). 7 Aplikasi Ojek Online Terbaik dan Terpopuler. Retrieved 13 July 2022, from https://www.rancahpost.com/202106177136/aplikasi-ojekonline/ Waseso Segoro, & Debi Nurlita. (2021). The Effect Of Quality Product, Brand Image, And Price Towards A Purchase Decision Of J.Co Donuts & Coffee In Tangerang. International Journal of Science, Technology & Management, 2(5), 1702–1704. https://doi.org/10.46729/ijstm.v2i5.339 Where We Are. Grab ID. (2022). Retrieved 13 July 2022, from https://www.grab.com/id/locations/ Wirawan, I. P. G. A. A., & Seminari, N. K. (2021). Pengaruh Harga, Citra Merek Dan Kualitas Produk Pada Keputusan Pembelian Produk Smartphone Xiaomi. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 10(5), 416. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2021.v10.i05.p01 Wulanda, N., Wahab, Z., & Widad, A. (2019). Pengaruh Harga, Word of Mouth Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Dalam Memilih Event Organizer (Studi Kasus Di Un Production). Journal of Management and Business Review, 16(1), 43–70. https://doi.org/10.34149/jmbr.v16i1.139 Yusran, I., P., & Usman, O. (2019). Effect of Ease of Use, Service Quality, Price and Brand Image on Purchase Decision in Tokopedia. SSRN Electronic Journal. doi: 10.2139/ssrn.3511283 citation: Husaini, Fahri (2022) Pengaruh Citra Merek dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pengguna Jasa Ojek Online Grab Bike di FEB UHAMKA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/23397/1/_FEB_MNJ_18002025311_Fahri%20Husaini.pdf