eprintid: 23393 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3868 dir: disk0/00/02/33/93 datestamp: 2023-04-05 04:25:25 lastmod: 2023-04-05 04:25:25 status_changed: 2023-04-05 04:25:25 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Kurniawati, Kurniawati title: Membongkar Posisi Perempuan dalam Pemberitaan Politik (Analisis Wacana Kritis Sara Mills dalam Magdalene.co) ispublished: pub subjects: HN subjects: Skripsi divisions: 70201 abstract: Posisi perempuan dalam pemberitaan di media mainstream masih seringkali dijadikan sebagai subjek, berangkat dari permasalahan tersebut peneliti mencurigai adanya hegemoni dan ideologi yang memengaruhi setiap wacana. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana perempuan diposisikan dalam pemberitaan politik Magdalene.co serta membongkar apa saja faktor-faktor yang memengaruhi dilihat dari analisis teks, kognisi sosial, serta untuk mengungkap praktik ideologi feminisme yang melatarbelakangi pemosisian perempuan dalam pemberitaan politik di Magdalene.co. Paradigma dalam penelitian ini adalah paradigma kritis. Sebuah konsep dasar berpikir yang melakukan penyadaran kritis masyarakat terhadap sistem dan struktur sosial yang cenderung “mendehumanisasi” atau membunuh nilai-nilai kemanusiaan. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif, dan metode analisis wacana kritis Sara Mills. Teori yang digunakan adalah teori Stand Point atau teori Sudut Pandang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan posisi perempuan dalam setiap pemberitaan politik yang diterbitkan oleh Magdalene.co adalah sebagai objek. Perempuan dapat menampilkan dirinya sendiri dan menyuarakan pendapatnya tanpa diwakili pihak lain. Praktik ideologi feminisme menjadi faktor yang melatarbelakangi setiap tulisan yang ada, terlihat dari bagaimana Magdalene.co memosisikan perempuan, menuliskan tulisan yang memerjuangkan hak perempuan, dan adanya makna untuk melawan budaya patriarki disetiap tulisan yang diterbitkan. Kontribusi penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan tentang bagaimana kekuasaan dan latar belakang petinggi perusahaan sebuah media dapat memengaruhi setiap tulisan yang diterbitkan. Tidak hanya itu, penelitian ini diharapkan dapat menambah khasanah penelitian di program studi ilmu komunikasi FISIP UHAMKA. Untuk penelitian selanjutnya disarankan untuk menggunakan analisis wacana kritis Teun A. Van Dijk dan teori kelompok bungkam. Kata Kunci : Posisi Perempuan, Ideologi Feminisme, Analisis Wacana Kritis Sara Mills date: 2019 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA department: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik : Ilmu komunikasi thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Akbari, Rana & Reni Nuraeni. 2017. Jurnalistik Media. Yogyakarta: CV Budi Utama. Ardianto, Elvinaro & Lukiati Komala. 2004. Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. Arivia, Gadis. 2006. Feminisme: Sebuah Kata Hati. Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara. Eriyanto. 2001. Analisis Wacana Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LkiS Yogyakarta. Hadiz, Liza. 2004. Perempuan dalam Wacana Politik Orde Baru. Jakarta: Pustaka LP3ES Indonesia. Hardt, Hanno. 2009. Critical Communication Studies: Sebuah Pengantar Komprehensif Sejarah Perjumpaan Tradisi Kritis Eropa dan Tradisi Pragmatis Amerika. Yogyakarta: Jalastura. Henshall, Peter & Ingram, David. 2000. Menjadi Jurnalis. Jakarta: Institut Studi Arus Informasi. Humm, Maggie. 2007. Ensiklopedia Feminisme. Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru. Kriyantono, Rachmat. 2014. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenadamedia Grup. Littlejohn, Foss. 2011. Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika.Maryani, Eni. 2011. Media dan Perubahan Sosial: Suara Perlawanan Melalui Radio Komunitas. Bandung: Remaja Rosdakarya. Mulyana, Deddy. 2015. Suatu Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Nurudin. 2007. Pengantar Komunikasi Masa. Jakarta: PT Grafindo Persada. Putra, Dedy. 2012. Media dan Politik. Yogyakarta: Graha Ilmu. Romli, Asep Syamsul. 2015. Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online. Bandung: Penerbit Nuansa Cendikia. Sagala, Valentina & Ellin Rozana. 2007. Pergulatan Feminisme dan HAM. Bandung: Institut Perempuan. Siregar, Hetty. 1999. Menuju Dunia Baru Komunikasi, Media dan Gender. Jakarta: YAKOMA-PGI. Sobur, Alex. 2009. Analisis Teks Media Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik dan Analisis Framing. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Sumiarni, Endang. 2004. Jender dan Feminisme. Yogyakarta: Wonderful Publishing Company. Surajiyo. 2010. Filsafat Ilmu & Perkembangannya di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara. Tamburaka, Apriadi. 2013. Literasi Media Cerdas Bermedia Khalayak Media Massa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Tebba, Sudirman. 2005. Jurnalistik Baru. Ciputat: Kalam Indonesia.Zamroni, Muhammad. 2009. Filsafat Komunikasi Pengantar Ontologis, Epistemologis, Aksiologis.Yogyakarta: Graha Ilmu.Joanzen Yoka, 2014. Melawan Radikalisme Melalui Media (Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough Terhadap Film Mata Tertutup). Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Risa Chitra La, 2012. Analisis Wacana Kritis Tentang Pemberitaan Perempuan Dalam Teks Berita Tabloid Realita. Universitas Pendidikan Indonesia. Rista Dwi Septiani. 2016. Representasi Perempuan Dalam Film (Analisis Wacana Kritis Sara Mills dalam The Herd). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Sona Avila Anugraheni, 2018. Analisis Wacana Kritis Sara Mills Dalam Pemberitaan Kasus Pelecehan Seksual Pasien Oleh Pegawai National Hospital Surabaya di Media Online Tribunnews.com dan Detik.com. Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Prapanca. Ummamah Nisa Uljannah, 2017. Gerakan Perlawanan Perempuan Dalam Novel (Analisis Wacana Kritis Sara Mills dalam Novel Maryam Karya Okky Madasari). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta citation: Kurniawati, Kurniawati (2019) Membongkar Posisi Perempuan dalam Pemberitaan Politik (Analisis Wacana Kritis Sara Mills dalam Magdalene.co). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/23393/1/FISIP_ILMU%20KOMUNIKASI_%201506015097_%20KURNIAWATI.pdf