eprintid: 23385 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/02/33/85 datestamp: 2023-04-05 04:07:54 lastmod: 2023-04-05 04:07:54 status_changed: 2023-04-05 04:07:54 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Wijayani Chasanah, Yulia title: Pengaruh Social Media Instagram dan Content Marketing terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Brand Sarita Beauty ispublished: pub subjects: HG divisions: Manajemen abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah social media Instagram dan content marketing berpengaruh terhadap minat beli produk kosmetik brand Sarita Beauty. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Social Media Instagram (X1), Content Marketing (X2), dan Minat Beli (Y). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif menggunakan data yang diperoleh dengan melakukan kuesioner online menggunakan google form yang disebar melalui media sosial dan hasil data yang diperoleh diolah menggunakan software SPSS versi 24. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah para konsumen yang pernah membeli produk Sarita Beauty di Jakarta. Kemudian untuk sampel yang digunakan adalah sebanyak 102 responden dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji kualitas data, analisis statistik deskriptif, analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan koefisien determinasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa social media Instagram memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 serta thitung 4,343 > ttabel 1.984, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya terdapat pengaruh signifikan secara parsial pada variabel Social Media Instagram (X1) terhadap variabel Minat Beli (Y). Nilai signifikansi yang dimiliki pada variabel content marketing adalah sebesar 0,229 > 0,05 serta nilai thitung 1,211 < ttabel 1.984, maka dapat disimpulkan bahwa H0 diterima dan H1 ditolak yang artinya tidak terdapat pengaruh signifikan secara parsial pada variabel Content Marketing (X2) terhadap variabel Minat Beli (Y). Berdasarkan hasil uji F, menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,005 dan nilai Fhitung 12,186 > Ftabel 3,09 yang membuktikan bahwa hipotesis pada penelitian ini diterima dan nilai menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pada Social Media Instagram (X1) dan Content Marketing (X2) secara simultan terhadap Minat Beli (Y). Nilai Ajusted R Square menunjukkan hasil sebesar 0,181 yang artinya bahwa Minat Beli dapat dijelaskan oleh variabel Social Media Instagram dan Content Marketing sebesar 18,1% dan sebesar 81,9% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini. date: 2022 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Adenia, N. (2019). Pengaruh Media Sosial Instagram terhadap Minat Beli Konsumen Secara Offline pada Toko RR Stuff di Bengkulu (Studi Kasus Mahasiswa FEBI). (Doctoral Dissertation, IAIN BENGKULU). Aji, P. M., Nadhila, V., & Sanny, L. (2020). Effect of social media marketing on instagram towards purchase intention: Evidence from Indonesia’s ready-todrink tea industry. International Journal of Data and Network Science, 4(2), 91–104. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2020.3.002 Akbar, A. F., & Maharani, N. (2018). Prosiding Manajemen Pengaruh Content Marketing terhadap Minat Beli Konsumen pada Jasa Kreatif Yours Bandung Effect of Content Marketing on Buying Interest Consumers at Yours Bandung Creative Services. Prosiding Manajemen, 4(2), 1309–1312. Al-Gasawneh, J. A., & Al-Adamat, A. M. (2020). The mediating role of e-word of mouth on the relationship between content marketing and green purchase intention. Management Science Letters, 10(8), 1701–1708. https://doi.org/10.5267/j.msl.2020.1.010 Alalwan, A. A. (2018). Investigating the impact of social media advertising features on customer purchase intention. International Journal of Information Management, 42(April), 65–77. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2018.06.001 Alfeel, E. (2019). The Impact of Social Media Marketing on Consumer Purchase Intention: Consumer Survey in Saudi Arabia. Journal of Marketing and Consumer Research, 56, 13–22. https://doi.org/10.7176/jmcr/56-03 Amalia, C. D. (2020). Pengaruh Content Marketing di Instagram Stories @lcheesefactory terhadap Minat Beli Konsumen. JOM FISIP, 7. Amri, M. S. (2021). ANALISIS PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING , CONTENT MARKETING DAN BRAND IMAGE TERHADAP MINAT BELI SEPATU COMPASS ( Studi Kasus Konsumen Sepatu Compass di Kota Surakarta ). 17. Ansari, S., Ansari, G., Ghori, M. U., & Kazi, A. G. (2019). Impact of Brand Awareness and Social Media Content Marketing on Consumer Purchase Decision. Journal of Public Value and Administration Insights, 2(2), 5–10. https://doi.org/10.31580/jpvai.v2i2.896 Arceo, P. B. M., Buenaventura, M. J. V., Cumahig, I. R. C., Mesa, M. B. De, & Tenerife, J. T. (2018). The Impact of Social Media Platforms to Online Consumers’ Intention to Purchase in Food Industry. December, 737–738. www.globalbizresearch.org Beauty, S. (n.d.). Company Profile. Bening, B., & Kurniawati, L. (2019). The Influence of Content Marketing toward Customer Engagement of Tokopedia User in Yogyakarta. In PROCEEDINGS: THE INTERNATIONAL CONFERENCE ON TECHNOLOGY, EDUCATION, AND SCIENCE, Vol. 1, No, 138–148. Bening, B., & Kurniawati, L. (2019). The Influence of Content Marketing toward the Customer Engagement of Tokopedia Users in Yogyakarta. International Conference on Technology, Education and Sciences, 138–148. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/incotes/index Casaló, L. V., Flavián, C., & Ibáñez-Sánchez, S. (2021). Be creative, my friend! Engaging users on Instagram by promoting positive emotions. Journal of Business Research, 130(February), 416–425. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.02.014 Foster, B., Reyta, R. R. F., Johansyah, S. P. M. D., & Saberina, S. (2019). Pendidikan Pemasaran di Era Digital 4.0. Bitread Publishing: PT Lontar Digital Asia. Hardiyanto, N., Lakshi, H., Perera, K., & Kusdibyo, L. (2020). Customer Purchase Intentions on Hijab Fashion: The Role of Social Media Marketing Instagram and Product Quality. International Journal of Applied Business Research, 2(02), 138–148. https://doi.org/10.35313/ijabr.v2i02.108 Helianthusonfri, J. (2019). Belajar Social Media Marketing. PT Elex Media Komputindo. Helianthusonfri, J. (2020). Instagram Marketing untuk Pemula. PT Elex Media Komputindo. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=DxbeDwAAQBAJ&oi=fnd &pg=PP1&dq=instagram+marketing&ots=Te- Vg8tgOm&sig=6xJVPGcT4sDc1JGxVeW4AkC_j6Q&redir_esc=y#v=onep age&q=instagram marketing&f=true Herzallah, D., Muñoz-Leiva, F., & Liebana-Cabanillas, F. (2022). Drivers of purchase intention in Instagram Commerce. Spanish Journal of Marketing - ESIC. https://doi.org/10.1108/sjme-03-2022-0043 Industri Kosmetik Nasional Tumbuh 20%. (2018). Kementrian Perindustrian Republik Indonesia. https://kemenperin.go.id/artikel/18957/Industri- Kosmetik-Nasional-Tumbuh-20 Isaacson, A. (2018). Instagram’s Impact on Indonesian Businesses. Ipsos. https://www.ipsos.com/en-id/instagrams-impact-indonesian-businesses Kotler, P., Kartajaya, H., Setiawan, I. (2019). Marketing 4.0: Bergerak dari Tradisional ke Digital. PT Gramedia Pustaka Utama. Landsverk, K. H. (2014). The Instagram Handbook: 2014 Edition. United Kingdom: PrimeHead Limited. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=op7IAwAAQBAJ&oi=fnd &pg=PT19&dq=Landsverk,+K.+H.+(2014).+The+Instagram+Handbook:+2 014+Edition.+United+Kongdom:+PrimeHead+Limited.&ots=dpBJgoGDjp& sig=11uBE-AO5pMh70BWbOzmI2zuTU& redir_esc=y#v=onepage&q&f=false Lieb, R., & Szymanski, J. (2017). Content, The Atomic Particle of Marketing: The Definitive Guide to Content Marketing Strategy. Kogan Page Ltd. Litmanen, H. C., & Sari, W. P. (2021). Analisis Pengaruh Content Marketing terhadap Customer Engagement (Studi Pada Instagram @bloomcoffeejkt). Prologia, 5(1), 184. https://doi.org/10.24912/pr.v5i1.10113 Martana, I. K., Andriana, D., & W. (2019). Manajemen Klien dan Bisnis Periklanan. Graha Ilmu. Mileva, L. (2018). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Sarjana Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2014/2015 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang Membeli Starbucks Menggunakan LINE). In (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya). https://doi.org/10.31445/jskm.2018.220102 Mohammad, V. M. (2020). Consumer Trust Towards Content Marketing of Food & Beverage Businesses on Instagram: Empirical Analysis of Taiwanese and Singaporean Consumers. International Journal of Business and Administrative Studies, 6(2), 73–85. Moslehpour, M., Dadvari, A., Nugroho, W., & Do, B. R. (2021). The dynamic stimulus of social media marketing on purchase intention of Indonesian airline products and services. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 33(2), 561–583. https://doi.org/10.1108/APJML-07-2019-0442 Mufarida. (2021). Pengaruh Content Marketing, Social Media, dan Brand Awareness Terhadap Minat Beli di Pati Oblong. http://repository.iainkudus.ac.id/5429/ Muhammad, R. W., Rochaeti, E., & Setiawan, E. (2021). Pengaruh Media Social Marketing Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Pada Produk Sepatu Converse Pada Mahasiswa FEB Universitas Prof Dr Hamka. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 9(2), 31–40. https://doi.org/10.37641/jimkes.v9i2.451 Muharam, A. N., Widaningsih, S., & Mustikasari, A. (2021). Pengaruh Sosial Media Marketing Melalui Instagram Terhadap Minat Beli Produk Boci Baso Aci (Studi Kasus Pada PT . AA Mapan Perkasa Tahun 2020). Jurnal Manajemen Pemasaran, 7(4), 625–634. Muzakkii, N., & Hidayat, R. (2021). Pengaruh Content Marketing Instagram Terhadap Minat Beli Di Masa Pandemik Covid-19 (studi Kasus Pada Sarawa. co). EProceedings …, 7(1), 1–9. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/appliedscien ce/article/download/14238/14022 Ningsih, S., & Dukalang, H. H. (2019). Penerapan Metode Suksesif Interval pada Analsis Regresi Linier Berganda. Jambura Journal of Mathematics, 1(1), 43– 53. https://doi.org/10.34312/jjom.v1i1.1742 Parıltı, N., & Ghafourzay, H. (2020). The Impact of Social Media Marketing on Customer Inspiration and Customer Purchase Intention: A Case Study on Kabul-Afghanistan Telecom Industry. Journal of Business Research - Turk, 12(3), 2721–2732. https://doi.org/10.20491/isarder.2020.1003 Perubahan Gaya Hidup Dorong Industri Kosmetik. (2020). Kementrian Perindustrian Republik Indonesia. https://kemenperin.go.id/artikel/21460/Perubahan-Gaya-Hidup-Dorong- Industri-Kosmetik Pidada, I. A. I., & Suyasa, P. G. G. T. (2021). the Impact of Content Marketing, Influencers, and E-Promotion on Purchase Intention. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Airlangga, 31(2), 117. https://doi.org/10.20473/jeba.v31i22021.117- 123 Pierce, T. (2019). Social Media Marketing 2019: Advertising Guide for Your Business on Instagram and Facebook. Priatni, S. B., Hutriana, T., & Hindarwati, E. N. (2020). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Purchase Intention dengan Brand Awareness sebagai Variable Intervening pada Martha Tilaar Salon Day Spa. Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Perbankan (Journal of Economics, Management and Banking), 5(3), 145. https://doi.org/10.35384/jemp.v5i3.165 Putra, R. P., & Sastika, W. (2020). the Influence of Social Media Marketing Through Instagram on Buying Interest in Café.in Bandug 2020. Journal EProceeding of Applied Science, 6(2), 1411–1418. Rahayu, R. O. C., &, & Mulyaningsih, H. D. (n.d.). Pengaruh Content Marketing dan Dukungan Influencer terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Fashion. 136–145. Rahman, T. (2019). PENGARUH CONTENT MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Konsumen Caffe Go-Kopi Di Kota Malang). Skripsi Respositari UIN MMI Malang, 1–147. Raquel, P., & Milhinhos, V. (2015). " the Impact of Content Marketing on Attitudes and Purchase Intentions of Online Shoppers : the Case of Videos & Tutorials and User-Generated Content ". Escola Brasileria De Administracao Publica E De Empresas (FGV EBAPE), 1–75. Rizaty, M. A. (2021). Industri Kosmetik Tumbuh 5,59 Persen, Ini Merek Perawatan Tubuh Terlaris pada Agustus 2021. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/10/05/industri-kosmetiktumbuh- 559-persen-ini-merek-perawatan-tubuh-terlaris-pada-agustus- 2021#:~:text=Berdasarkan data Badan Pusat Statistik,diproyeksikan naik 7%25 pada 2021. Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach. Deepublish. Rumengan, J., Khaddafi, M., Milamie, F. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Perdana Publishing. Sabila, T. D. (2021). Pengaruh Pemasaran Konten terhadap Minat Beli (Survey pada Followers Online Shop @riddikuluswear.id di Instagram). (Doctoral Dissertation, Universitas Komputer Indonesia). Serdamba, N. & Erdenebileg, M. (2019). Impact of Social Media Marketing on Costumer Purchase Intention: In the Case of Gobi, Mongolian Cashmere Brand. International Journal of Business Management and Economic Review, 2(3). https://doi.org/10.35940/ijitee.A4402.119119 Sihombing, I. K. & Dewi, I. S. (2019). Pemasaran dan Manajemen Pasar, Sebuah Analisis Perspektif terhadap Minat Beli dan Keputusan Konsumen. Deepublish. Social, W. A. & H. (2021). Digital Report 2021. Syahadatina, V. D. (2018). Bias Perempuan dalam Postingan Akun Instagram (Analisis Semiotik pada Akun Indozonelife). (Doctoral Dissertation, University of Muhammadiyah Malang). https://eprints.umm.ac.id/42694/ Teo, L. X., Leng, H. K., & Phua, Y. X. P. (2019). Marketing on Instagram: Social influence and image quality on perception of quality and purchase intention. International Journal of Sports Marketing and Sponsorship, 20(2), 321–332. https://doi.org/10.1108/IJSMS-04-2018-0028 Tungka, D., Lionardo, M. M., Thio, S., & Iskandar, V. (2020). Pengaruh Social Media Marketing Pada Instagram Terhadap Minat Beli Chatime Indonesia. Jurnal Hospital Dan Manajemen Jasa, 8(2), 77–87. Wardana, A., Sulhaini., Rinuastuti, B. H. (2022). The Effect of Content Marketing on Intention in Purchasing Fast Food: Mediated by Hygiene and Moderated by Health Risk Perceptions: Covid-19. International Journal of Social Science Research and Review, 5(3), 175–187. https://ijssrr.com/journal/article/view/170/167 Wenas, V. V. (2018). Pengaruh Social Media Instagram sebagai Metode Pemasaran terhadap Minat Beli (Studi Kasus Instagram @astepbistro). http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163518/1/Veshia Virginia Wenas.pdf Yuan, Y., Chan, C. S., Eichelberger, S., Ma, H., & Pikkermaat, B. (2022). The Effect of Social Media on Travel Planning Process by Chinese Tourists: The Way Forward to Tourism Futures. Journal of Tourism Futures. https://www.emerald.com/insight/content/doi/10.1108/JTF-04-2021- 0094/full/pdf?title=the-effect-of-social-media-on-travel-planning-process-bychinese- tourists-the-way-forward-to-tourism-futures Zhung, B, W. (2017). Influence of Social Media Marketing, Brand Loyalty, and EWOM towards Consumers’ Purchase Intention. citation: Wijayani Chasanah, Yulia (2022) Pengaruh Social Media Instagram dan Content Marketing terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Brand Sarita Beauty. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/23385/1/_FEB_MNJ_1802025411_Yulia%20Wijayani%20Chasanah.pdf