eprintid: 23357 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/02/33/57 datestamp: 2023-04-05 02:27:04 lastmod: 2023-04-05 02:27:04 status_changed: 2023-04-05 02:27:04 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nurbasyir, Ilham title: Pengaruh Kualitas Layanan dan Promosi Penjualan terhadap Kepuasan Pelanggan Grabbike pada Masa Pandemi Covid-19 di Wilayah Bojong Kulur ispublished: pub subjects: HG divisions: Manajemen abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh Kualitas Layanan dan Promosi penjalan terhadap Kepuasan Pelanggan Grabbike Pada Masa Pandemi Covid- 19 Di Wilayah Bojong Kulur. Hipotesis penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui pengaruh Kualitas Layanan secara parsial terhadap Kepuasan Pelanggan Grabbike pada Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Wilayah Bojong Kulur. 2). Untuk mengetahui pengaruh Promosi Penjualan secara parsial terhadap Kepuasan Pelanggan Grabbike Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Wilayah Bojong Kulur. 3). Untuk mengetahui pengaruh Kualitas Layanan dan Promosi Penjualan secara simultan terhadap Keputusan Pelanggan Grabbike Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Wilayah Bojong Kulur. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Manajemen Pemasaran yang berhubungan dengan Kualitas Layanan dan Promosi Penjualan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survey dengan teeknik pengumpulan data melalui kuesioner, sedangkan jenis penelitian nya adalah deskriptif kuantitatif. Sampel pada penelitian ini berjumlah 102 responden. Untuk menguji hipotesis digunakan analisis linear berganda dengan melakukan hasil uji t dan uji f. Variabel yang diteliti adalah Kualitas Layanan dan Promosi penjualan sebagai variabel independent dan variabel dependenya adalah Kepuasan Pelanggan Grabbike Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Wilayah Bojong Kulur. Hasil penelitian ini dengan menggunakan software SPSS 23.0 menunjukan bahwa 1). Kualitas Layanan berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap Kepuasan Pelanggan. 2). Promosi Penjualan berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap Kepuasan Pelanggan. 3). Kualitas Layanan dan Promosi Penjualan sama-sama berpengaruh secara simultan terhadap Kepuasan Pelanggan. date: 2021 date_type: completed full_text_status: public pages: 30 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Aspani (2018). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Penggunaan Jasa Transportasi Grab Online di Kota Makassar” Angelica Nadya Rizki, Eka Danta Jaya Ginting (2018). “Pengaruh Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan Grabbike di Kota Medan” Agung Kresnamurti R.P, Sunenu, Ika Febrilia (2019). “Pengaruh Kualitas Pelyanan, Harga Dan Citra Merek terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Transportasi Ojek Online Grab” Bustam, Nur Saymsu, Nurfajriani, Izmalinda, Tri Retno (2017) “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Grabbike (Studi Kasus Pada Mahasiswa Stiem Bongaya Makassar) Chriswardana Bayu Dewa (2018). “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Penjualan Jasa GrabCar Terhadap Kepuasan Pelanggan (Study Kasus Pada Wisatawan di Yogyakarta)” Dian Firmansyah, Pryo Handoko (2019). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Transportasi Online Grabbike Terhadap Kepuasan Pelanggan di Kabupaten Pendegelang” David Adista (2019). “Pengaruh Kualitas Layanan dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Grabbike di Universitas Krisnadwipayana” Ghozali, I. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi Ke Delapan. Cetakan kedelapan. Universitas Diponogoro, Semarang Grab Indonesia user survey (n.d.) diunduh 2 Juni, 2020. https://www.grab.com/id/press/tech-product/sambut-new-normal-grabberinovasi- berikan-standar-kebersihan-terbaik-bagi-para-pelanggan/ Parenthetical citations : (News From Grab Indonesia, 2020) Narrative citations : News From Grab Indonesia (2020) Jaclyn Halim (2007). “Kepuasan Konsumen Terhadap Layanan Jasa Hypermarket (Studi Deskriptif Terhadap Carefour Puri Indah)” Kapuspen Haposan M.S, Raymen (2020). “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengunaan Jasa Grab di Kota Batam” Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT. Prenhalindo, 1997 Kotler, Philip dan G. Armstrong. Principles of Marketing. Terjemahan Wilhelmus W. Jakarta : Intermedia, 2016 Lusiah, Djatmiko Voviantoro, Adhitya Akbar (2019). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Online” Lusiana, Salamun Pasda, Mustari, Muh. Ihsan said, Muh. Hasan (2020). “Pengaruh Realiability, Responsiveness, Assurance, Empathy dan Tangibels Terhadap Kepuasan konsumen Grabbike” Lerbin R. Aritonang R. Kepuasan Pelanggan Pengukuran dan Penganalisisan dengan SPSS, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama, 2005 Maria Yuvanda Nilam Satyakristi (2020) “Pengaruh Promosi, Harga, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Grabbike (Study Kasus Pada Mahasiswa STIESIA)” Merdek user survey (n.d.) diunduh 20 Oktober,2020 https://www.merdeka.com/peristiwa/data-terkini-jumlah-korban-viruscorona- di-indonesia.html Parenthetical citations : (News From Merdeka , 2020) Narrative citations : News From Merdeka (2020) Newswire – Bisnis user survey (n.d.) 7.34 WIB. 30 Desember, 2020 https://ekonomi.bisnis.com/read/20201230/98/1336798/bisnistransportasi- online-masih-lesu-ini-strategi-grab-gojek Parenthetical citations : (News From Newswire - Bisnis, 2020) Narrative citations : News From Newswire - Bisnis (2020) Rini (2019). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Harga Terhadap Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa Pelayanan Driver Grab (Studi Kasus IAIN Metro)” Rangkuti, Freddy. Measuring Customer Satisfaction. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama, 2006. Rangkuti, Freddy. Measuring Customer Satisfaction. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama, 2006. Sumi Kasum, Sularto (2017). ”Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan GrabBike Di Jakarta Timur” Setyawati Arum Dewi (2019). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Ojek Online (Ojol) Grabbike di Kota Tegal” Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet. Supranto, J. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan, Jakarta : PT. Rineka Cipta, 2006 Toyib Saifudin (2018). “Analisis Kualitasn Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Online Grab” Tjiptono, Fandi. Manajemen Jasa. Yogyakarta. Andi, 2001 Tunggal, Amin Widjaja. Konsep Dasar Customer Relationship Management. Harvindo, 2000 Wisnu Tribaskoro (2007). “Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Jasa Perusahaan Percetakan (Studi Deskriptif Terhadap PT. Mega Print - Bekasi) Yasir Lana, Rahmi Widianti, Aris Setia Noor (2020). “Pengaruh Harga, Peningkatan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Aplikasi Transportasi Online (Grabbike) Di Lingkungan Kampus Universitas Islam Kalimantan (UNISKA)” citation: Nurbasyir, Ilham (2021) Pengaruh Kualitas Layanan dan Promosi Penjualan terhadap Kepuasan Pelanggan Grabbike pada Masa Pandemi Covid-19 di Wilayah Bojong Kulur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/23357/1/_FEB_MNJ_1802025266_Ilham%20Nurbasyir.pdf