eprintid: 23353 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/02/33/53 datestamp: 2023-04-05 01:47:52 lastmod: 2023-04-05 01:55:39 status_changed: 2023-04-05 01:47:52 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Maulana, Sukron title: Analisis Strategi Pengembangan Usaha Amfibi Traveler Via Digital Marketing di Jakarta Melalui Instagram dan You Tube ispublished: pub subjects: HG divisions: Manajemen abstract: Laporan bisnis ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan usaha Amfibi Traveler yang dijalankan dan mengetahui strategi yang terbaik serta prospek keuntungan atau kerugian dari usaha Amfibi Traveler tersebut. Dalam laporan bisnis ini penulis juga bertindak sebagai pemilik usaha Amfibi Traveler. Penulisan ini berbentuk business plan atau rencana bisnis atas usaha yang digambarkan melalui bisnis model kanvas (Value Propotion, Customer Segment, Channel, Customer Relationship, Key Activiities, Key Resources, Key Partners, Cost Structure dan Revenue Stream. Disamping itu, Penulis menggunakan metode Analisis SWOT, PENCILS dan Matriks Ansoff yang dilengkapi dengan sumber referensi representatif lainya. Hasil penelitian menunjukan bahwa usaha Filosofi Pancong dari aspek profit dan investasi mempunyai kelayakan usaha yang baik, dilihat dari hasil break event point sebesar 768 : 1.332 unit/bulan dan Payback periode selama 2 bulan 3 minggu. Dari aspek pasar juga mempunyai kelayakan yang baik, karena dari sisi harga dapat terjangkau oleh berbagai kalangan di masyarakat khususnya mahasiswa FEB-UHAMKA. Waktu dan tepat wisata usaha Amfibi Traveler juga memiliki waktu yang tepat meskipun ruang lingkupnya terbatas. Usaha Amfibi Traveler dari aspek pemasaran dan promosi masih banyak memiliki kekurangan terutama dalam memasarkan jasanya. Banyak hal-hal yang belum dilakukan yang berkaitan dengan pemasaran. Dalam hal pengembangan jasa usaha Amfibi Traveler telah melakukan beberapa inovasi dari segi potongan harga, mendapatkan goddy bag, dan mendapatkan layanan yang ramah dari tour guide. Hal ini direspon baik oleh konsumen terbukti usaha ini mampu mendapatkan wisatawan yang ingin liburan. Sehingga, memberi kepuasan tersendiri kepada para konsumen. Oleh karena itu sebagai masukan diperlukan adanya kreatifitas dalam pengembangan usaha. Selain itu pemasaran yang dijalankan perlu ditingkatkan malalui pemanfaatan teknologi yang ada, perlu ditingkatkan pengelolaan keuangan dan promosi yang komprehensif dan penambahan aspek- aspek lainya dalam rangka memajukan tempat destinasi dengan tetap berorientasi pada kepuasan pelanggan atau konsumen. date: 2019 date_type: completed full_text_status: public pages: 39 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Alford, P., & Page, S. J. (2015). Marketing technology for adoption by small business. The Service Industries Journal, 35(11-12), 655-669 Desti Putri Lestari (2015). Analisis Strategi Internet Marketing Batik Di Surabaya Melalui Instagram. Commenline Departemen Komuikasi Kurniawati, D., & Arifin, N. (2016). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial dan Minat Beli Mahasiswa. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 112). Lestari, D. P. (2015). Analisis strategi internet marketing butik online di Surabaya melalui instagram. Commonline Departemen Komunikasi, 4(2), 412-424. Nuha, M. U. (2017). Analisis implementasi internet marketing sebagai strategi pemasaran produk (studi kasus pada Miu/an Hijab Semarang) (Doctoral dissertation, UIN Walisongo). Pradiani, T. (2017). Pengaruh sistem pemasaran Digital Marketing terhadap peningkatan volume penjualan hasil industri rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, 11(2), 46-53. Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 101), 1-17. Slamet, R., Nainggolan, B., Roessobiyatno, R., Ramdani, H., & Hendriyanto, A. (2016). Strategi Pengembangan UKM Digital dalam Menghadapi Era Pasar Bebas. Jurnal Manajemen Indonesia, 16(2), 136-147. Supriatna, S., & Aminah, M. (2016). Analisis strategi pengembangan usaha kopi luwak (studi kasus UMKM Careuh Coffee Rancabali-Ciwidey, Bandung). Jurnal Manajemen dan Organisasi, 53), 227-243. Widiana, M. E., Supit, H., & Hartini, $. (2012). Penggunaan teknologi internet dalam sistem penjualan on line untuk meningkatkan kepuasan dan pembelian berulang produk batik pada usaha kecil dan menengah di Jawa Timur. Jurnal manajemen dan kewirausahaan, 14(1). 72-82. Wirawan, F. W., & Oktivera, E. (2015, November). Analysis on the implementation of Digital Marketing towards motorbike transport service case study: GO- JEK (online taxi motorbike) Jakarta, Indonesia. In 2015 International Conyfirence on Information Technology Systems and Tanovation (ICITSI) (Pp. 1-6). IEEE. citation: Maulana, Sukron (2019) Analisis Strategi Pengembangan Usaha Amfibi Traveler Via Digital Marketing di Jakarta Melalui Instagram dan You Tube. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/23353/1/_FEB_MNJ_1802025250_Syukron%20Maulana.pdf