eprintid: 23196 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/02/31/96 datestamp: 2023-04-04 02:22:42 lastmod: 2023-04-04 02:22:42 status_changed: 2023-04-04 02:22:42 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Iqbal Putra, Muhammad title: Pengaruh Service Quality dan Online Servicescape terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Go-Food di Wilayah Ciracas Jakarta Timur ispublished: pub subjects: HG divisions: Manajemen abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Service Quality dan Servicescape terhadap Kepuasan Pelanggan pengguna jasa Go-Food pada wilayah Ciracas Jakarta Timur. Dalam penelitian ini digunakan metode survey, yaitu dengan memilih sampel dari populasi konsumen dan ingin di ketahui dan di jelaskan pengaruh antara 1 (satu) variabel terhadap variabel lain. Adapun variabel yang diteliti terdiri dari Service Quality dan Servicescape sebagai variabel independen, serta kepuasan pelanggan sebagai variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Go-Food pada wilayah Ciracas, Jakarta Timur. Adapun teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode sampling aksidental. Hasil statistik uji t menunjukan bahwa nilai thitung variabel X1 yaitu Service Quality yang diukur berdasarkan thitung 7,278> ttabel 1,9826 dengan nilai signifikan sebesar (0,000) < nilai (0,05), maka dapat diinterprestasikan bahwa Service Quality secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan dan H1 diterima, dan nilai thitung variabel X2 yaitu Servicescape yang diukur berdasarkan thitung 8,024 > ttabel 1,9826 dengan nilai signifikan sebesar (0,000) < nilai (0,05), maka dapat diinterprestasikan bahwa Servicescape secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan dan H2 diterima, sedangkan uji statistik F menunjukan bahwa Fhitung 109,501 > Ttabel 3,08 dengan nilai signifikan sebesar (0,000) < nilai (0,05), maka dapat diinterprestasikan bahwa Service Quality dan Servicescape berpengaruh secara simultan positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan dan H3 diterima. date: 2019 date_type: completed full_text_status: public pages: 41 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Ahmad A. Al-Tit (2015). The Effect of Service and Food Quality on Customer Satisfaction and Hence Customer Retention. “Journal Asian Social Science” Vol 11, No 23, September 2015 ISSN 1911-2017 E-ISSN 1911- 2025 Hal. 129-139. Saudi Arabia : Business Administration Departement College of Business & Economics (CBE), Qassim University. Al-Tit, A. A. (2015). The effect of service and food quality on customer satisfaction and hence customer retention. Asian Social Science, 11(23), 129. Ali Hasan. (2014). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta : CAPS. Appiah, M. K. (2016). Effects of services quality on customer satisfaction: a case from private hostels in wa-municipality of Ghana. Br. J. Mark, 4(1), 48- 54. Asadpoor, S., & Abolfazli, A. B. O. L. F. A. Z. L. (2017). Effect of Electronic Service Quality on Customer Satisfaction and Loyalty Saderat Bank‟ s Customers‟. International Journal of Scientific Study, 5(4), 407-411. Asdhi, T., & Samboro, J. (2018). Pengaruh Servicescape Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Xl Center Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis, 3(2), 402-407. Asep Saepul Hamdi dan E. Baharuddin. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Deepublish. Avin, R. (2018). Promo Go-food Melimpah Di Hari Kuliner Nasional. online]. Diakses pada, 16. Bharwana, T. K., Bashir, M., & Mohsin, M. (2013). Impact of service quality on customers’ satisfaction: A study from service sector especially private colleges of Faisalabad, Punjab, Pakistan. International Journal of Scientific and Research Publications, 3(5), 1-7. Chao, R. F., Wu, T. C., & Yen, W. T. (2015). The Influence of Service Quality, Brand Image, and Customer Satisfaction on Customer Loyalty for Private Karaoke Roomsin Taiwan. The Journal of Global Business Management, 11(1), 59-67. Dennisa, E. A., & Santoso, S. B. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Klinik Kecantikan Cosmedic Semarang). Diponegoro Journal of Management, 5(3), 997-1009. Fandy Tjiptono. (2013). Pemasaran Jasa. Malang : Bayumedia. Fandy, Tjiptono. 2014. Pemasaran Jasa. Andi : Yogyakarta. Farida Jasfar. (2014). Manajemen Jasa Pendekatan Terbaru. Bogor : Ghalia. Firatmadi, A. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga Terhadap kepuasan Pelanggan serta dampaknya terhadap Loyalitas Pelanggan. Journal of business studies, 2(2), 80-105. Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 22 (Edisi Delapan). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Gilaninia Shahram, Mohammad Teleghani, and Mohammad Reza Khorshidi Talemi. (2017). The Impact of Service Quality on Customer Satisfaction. Journal of Research and Development. Gujarati (2013). Dasar-Dasar Ekonometrika (Buku 2 Edisi Kelima). Jakarta: Salemba Empat. Hakim, L., & Deswindi, L. (2015). Assessing the effects of e-servicescape on customer intention: A study on the hospital websites in South Jakarta. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 169, 227-239. Harjati, L., & Venesia, Y. (2015). Pengaruh kualitas layanan dan persepsi harga terhadap kepuasan pelanggan pada maskapai penerbangan Tiger Air Mandala. E-Journal Widya Ekonomika, 1(1). Hendriyadi dan Suryani. (2015). Metode Riset Kuantitatif Teori dan Aplikasi pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Heria Windasuri. (2017). Excellent Service (The Secret of Building a Service Organization). Jakarta: Gramedia. Hightower, R. Jr. 2010. Commentary on Conceptualizing the Servicescape Construct in „A Study of the Service Encounter in Eight Coutries. Marketing Management Journal, 20(1) Spring: 76-86 Husein Umar. (2014). Metode Riset Manajemen Perusahaan. Jakarta: Rajawali. Hussainy, S. K., Tariq, U., & Khan, E. (2017). A Preliminary Investigation of the Effects of Servicescape on Consumers’ Loyalty Intentions. KASBIT Business Journals (KBJ), 10, 101-130. Kearney, T., Coughlan, J., & Kennedy, A. (2012). An exploration of the effects of the servicescape on customer and employee responses in a grocery retail context. Kotler, Philip. (2015). Manajemen Pemasaran Edisi Kedua Belas Cetakan Ketiga (Terjemahan Anonimous). Jakarta: Prenhalindo. Kris H. Timotius. 2017. Pengantar Metodologi Penelitian, ANDI, Yogyakarta. Lovelock, Christopher dan Lauran Wirtz. (2011). Services Marketing (People, Technology, Strategy). New Jersey : Prentice Hall. Murad, S., & Ali, M. (2015). Impact of service quality on customer satisfaction in restaurant industry. Singaporean Journal of Business Economics and Management Studies, 4(6), 71-81. Musriha. (2017). Effect of Servicescape and Employee Communication Quality on Customer Loyalty of Mandiri Bank in Surabaya. Academic Research International. Özer, A., Argan, M. T., & Argan, M. (2013). The effect of mobile service quality dimensions on customer satisfaction. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 99, 428-438. Petzer, D., & Mackay, N. (2014). Dining atmospherics and food and service quality as predictors of customer satisfaction at sit-down restaurants. Puspita, R. M., & Santoso, S. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Pendukung Terhadap Kepuasan Pelanggan Stasiun Lempuyangan Yogyakarta. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 13(1), 69-80. Putri, D. G. D., & Santoso, S. B. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Jasa, Nilai Yang Dirasakan, Citra Merek Melalui Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada PT. Pos Indonesia (Persero)). Diponegoro Journal of Management, 7(1), 30-42. Qaiser Danish, R., Afzal Humayon, A., Javaid Iqbal, H., Raza, S., & Shahid, J. (2018). The impact of service quality and service value on customer satisfaction through customer bonding: evidence from telecommunication sector. European Online Journal of Natural and Social Sciences: Proceedings, 7(1 (s)), pp-40. Sekaran, Uma (2011). Metode Penelitian untuk Bisnis (Edisi 6 Buku 1). Jakarta : Salemba Empat. Setyosari, Punaji.2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan Edisi ke Empat. Jakarta: Prenadamedia Group. Sofjan Assauri, 2017, Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi, Raja Grafindo Persada, Band, Oliver: Jakarta. Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran. Edisi Empat. Yogyakarta: Andi Sugiyono (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta. Suharto, S., & Sulistiyono, S. (2017). The Relationship of Service Quality on Consumer Satisfaction in Shipyard Industry. Modern Applied Science, 9(11), 247. Tatangin, A. E., Ogi, I. W., & Loindong, S. S. (2017). Pengaruh Servicescape dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan Mie Medan 99 Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 5(2). Theresia, L., & Bangun, R. (2017, December). Service quality that improves customer satisfaction in a university: a case study in Institut Teknologi Indonesia. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 277, No. 1, p. 012059). IOP Publishing. Tim Penyusun. (2015). Pedoman Skripsi (Edisi Keempat). Jakarta : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Utami, I. A. I. S., & Jatra, I. M. (2015). Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan restoran Baruna Sanur. E-Jurnal Manajemen, 4(7). Widyastuti, T. (2017). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Tempe. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis, 1(2), 233-240. Zeithaml, V.A., M.J. Bitner, D.D. Gremler. (2013). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm 6th. Boston: Mc.Graw-Hill. inet.detik.com citation: Iqbal Putra, Muhammad (2019) Pengaruh Service Quality dan Online Servicescape terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Go-Food di Wilayah Ciracas Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/23196/1/_FEB_MNJ_1802025162_muhammad%20iqbal%20putra.pdf