eprintid: 23021 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3868 dir: disk0/00/02/30/21 datestamp: 2023-04-03 04:25:04 lastmod: 2023-04-03 04:25:04 status_changed: 2023-04-03 04:25:04 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Indah Lestari, Devi title: Pengaruh Brand Ambassador Chanyeol EXO Terhadap Minat Beli Produk Skincare Nacific Di Kalangan Followers Instagram @nacificofficial.id ispublished: pub subjects: JF subjects: Skripsi divisions: 70201 abstract: Nacific memilih Chanyeol EXO sebagai brand ambassador sekaligus model eksklusif, karena citra Chanyeol yang cerah dan sehat sangat sesuai dengan filosofi yang diterapkan oleh Nacific. Kolaborasi antara Chanyeol EXO sebagai brand ambassador produk dari Nacific dapat menarik perhatian konsumen baik di Korea Selatan maupun di luar negeri. Penelitian ini menggunakan teori modelling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, perspektif post-positivist, metode Survei Korelasional bertujuan untuk menjelaskan hubungan (korelasi) antarvariabel. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability – accidental sampling. Sampel penelitian sebanyak 100 responden. Penyebaran kuesioner dilakukan pada 20 April 2021. Hasil dari penelitian menunjukkan kualitas brand ambassador Chanyeol EXO berada pada kategori sedang cenderung tinggi dan untuk minat beli berada pada kategori sedang cenderung rendah. Hasil uji korelasi parametic menunjukkan bahwa koefisien korelasi (r) senilai 0.676 berada pada kategori cukup atau sedang, nilai signifikan pada 0.01. Hasil uji koefisien determasi kontibusi kualitas brand ambassador Chanyeol EXO kepada minat beli produk skincare Nacific sebesar 0.457 x 100% = 45.7%. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa brand ambassador Chanyeol EXO berpengaruh terhadap minat beli produk skincare Nacific di kalangan followers Instagram @nacificofficial.id. Secara, akademis penelitian ini memberikan deskripsi baru kepada konsep “brand marketing”. Signifikansi metodologis penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan tentang metode kuantitatif. Signifikansi praktis penelitian ini diharapkan dapat memperhatikan komponen yang diperlukan oleh seorang brand ambassador. Sehingga dalam kegiatan promosi dapat meningkatkan minat untuk membeli produk skincare Nacific. date: 2021 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA department: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik : Ilmu komunikasi thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Ardiana, Dewa. Arin Tentrem Mawati, dkk. 2021. Metodologi Penelitian Bidang Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis. Arnould, Price dan Zinkhan. 2011. Consumers, 2nd Edition. New York: Mc Graw Hill. Chakti, Andi G. 2019. The Book of Digital Marketing. Makassar: Celebes Media Perkasa. Chaffey, Dave. 2015. Digital Business and E-Commerce Management, Strategy, Implementation and Practice. England: Pearson Education Limited. Firmansyah, Anang. 2019. Pemasaran Produk dan Merek: Planning dan Strategy. Pasuruan: Qiara Media. Halik, Abdul. 2013. Buku Daras: Komunikasi Massa. Makassar: Alauddin University Press. Hernawati, Sri. 2017. Metodologi Penelitian dalam Bidang Kesehatan Kuantitatif Dan Kualitatif. Forum Ilmiah Kesehatan (FORIKES). Jampel, I Nyoman., dkk. 2016. Komunikasi Massa. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha. Kotler, Philip dan Kevin L. Keller. 2016. Marketing Management, 15th Edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall. Kriyantono, Rachmat. 2015. Riset Komunikasi Teknik Praktis. Jakarta: L Kencana Prenada Media Group. Liliweri, Alo. 2018. Prasangka, Konflik dan Komunikasi Antarbudaya, Edisi Kedua. Jakarta: Kencana. Martono, Nanang. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Depok: Raja Grafindo Persada. McQuail, Denis. 2016. Teori Komunikasi Massa McQuail, Edisi Kesebelas. Jakarta: Salemba Humanika Morrisan, 2013. Teori Komunikasi: Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana. Mulyana, Deddy. 2016. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Cetakan Ke-15. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Nurudin. 2014. Pengantar Komunikasi Massa. Bandung: Rajawali Pers. Pandrianto, Nigar. Roswita Oktavianti & Wulan Purnama Sari. 2020. Digitalisasi dan Humanisme dalam Ekonomi Kreatif. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Priansa, Donni Junni. 2017. Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta. Rachmadi, Tri. 2020. The Power of Digital Marketing. Tiga Ebook. Radna, Andi Wibowo. 2019. Manajemen Pemasaran Edisi I. Semarang: Radna Andi Wibowo. Sasmitasen, Sri Harjanti, dan Halim Setiawan. 2020. Pengembangan Home Industri Di Desa Nibung-Paloh. Sukabumi: CV Jejak. Solomon, Michael R. 2011. Consumer Behavior: Buying, Having and Being, 9th edition. New Jersey: Pearson Addison Wesley. Staddon, John. 2014. The New Behaviorism, 2nd Edition. New York: Psychology Press. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan Ke- 25. Bandung: Alfabeta. Suherman, Ansar. 2020. Buku Ajar Teori-Teori Komunikasi. Yogyakarta: Deepublish. Sukmadinata, N.S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosadakarya. Supriatna, Yuda., Yoga Adiyanto & Deni Sunaryao. 2019. Induksi Manajemen Pemasaran. Surabaya: Qiara Media. Supriyanto, dkk. 2010. Metodologi Penelitian Sumber Daya Manusia. Teori, Kuisioner dan Analisis Data. Malang: UIN – Malang Press. Walidin, Warul. Saifullah, dan Tabrani. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif & Grounded Theory. Aceh: FTK Ar-Raniry Press. Amirah, R.S dan Nugroho, P. A. (2020). Konsep Diri Remaja Dalam Budaya Makan Sehat Teenagers Self Concept’s in Behavioral of Healthy Eat. Jurnal Sosial Humaniora. Vol. 11, No. 1: 87-97. Arisandi, Ayunda Novi. Mubarok & Made Dwi Adnjani (2020). Pengaruh Brand Ambassador Atta Halilintar dan Kualitas Produk Kopi ABC Susu Terhadap Minat Beli Kopi ABC Susu di Semarang. Semarang: Universitas Islam Sultan Agung. ISSN. 2720-9148. Faradiba & Sri Rahayu (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen. Diponegoro Journal of Management. Vol. 2. No. 3: 1-11. Herlina, Novi (2107). Efektivitas Komunikasi Akun Instagram @Sumbar_Rancak Sebagai Media Informasi Online Pariwisata Sumatera Barat. Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol. 4, No. 2. Lesilolo, Herly Janet (2018). Penerapan Teori Belajar Sosial Albert Bandura Dalam Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Kenosis Vol. 4, No. 2. Nahar, N. I. (2016). Penerapan Teori Belajar Behavioristik dalam Proses Pembelajaran. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, I (1). Oktariska, Bariya. Anselmus J.E Toenlioe dan Susilaningsih (2018). Studi Kasus Penerapan Teori Belajar Behavioristik dalam Menumbuhkembangkan Perilaku Peduli Lingkungan Hidup Siswa di SMKN 6 Malang. JKTP Vol 1. No. 2. Pambudi, Bambang Setiyo & Suyono (2019). Digital Marketing as an Integreted Marketing Communication Strategy in Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) in East Java. Vol. 13, No. 2. Rizka, Amalia & Ahmad Nur Fadholi (2018). Teori Behavioristik. Sidoarjo: Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Sadrabadi, A. N., Saraji, M. K. & Monshizadeh M (2018). Evaluating the Role of Brand Ambassador in Social Media. Journal of Marketing Manangement and Consumer Behaviour. Vol. 2, No. 3. Samosir, Ligia Stephani. Yuliani R. P. & Sylvie Nurfebiaraning (2018). Pengaruh Penggunaan Brand Ambassador Dewi Sandra Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Di Kota Bandung. Jurnal Sosioteknologi, Vol.15, No. 2. Savitri, Nyoman Wisniari (2017). Pengaruh Celebrity Endorser dan Iklan melalui Media Televisi Terhadap Minat Beli pada Tokopedia di Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 6, No. 8: 4214-4239. Syaifudin, M. (2013). Analisis Pengaruh Privasi, Keamanan dan Kepercayaan Terhadap Niat untuk Bertransaksi Secara Online di olx.co.id. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol 2, No. 2: 1-16. Tranggono, Didiek. Ajeng N. P. & Juwito (2020). Pengaruh Terpaan Iklan Nacific Di Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Nacific Pada Followers Akun @Nacificofficial.id. Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 10, No. 2: 2723-2557. SKRIPSI Aini, Afroul (2019). Analisis Pengaruh Labelisasi Halal, Kualitas Layanan dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus pada Kosmetik Wardah di Salatiga). Jurusan Eknomi Syariah, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Yanti, Arfi (2019). Pengaruh Endorser Dewi Sandra Dalam Iklan Wardah Versi “Ramadhan 2019” di Televisi Terhadap Brand Image Kosmetik Wardah Di Kalangan Mahasiswi Uhamka. Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. WEBSITE https://zapclinic.com/zapbeautyindex/ diakses pada tanggal 20 Januari 2021. Pukul 22:40 WIB. https://kemenperin.go.id/artikel/21460/Perubahan-Gaya-Hidup-Dorong-Industri-Kosmetik diakses pada tanggal 20 Januari 2021. Pukul 23:25 WIB. https://www.cekindo.com/id/layanan/registrasi-kosmetik-indonesia/ diakses pada tanggal 21 Januari 2021. Pukul 00:05 WIB. https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/5f8ac51a42afd/ampuhnya-pesona-artis-korea-mengerek-penjualan-e-commerce-indonesia/ diakses pada tanggal 24 Januari 2021. Pukul 20:05 WIB. https://kc.umn.ac.id/195/2/BAB%20I.pdf diakses pada tanggal 25 Januari 2021. Pukul 19:07 WIB https://www.academia.edu/6548719/TEORI_KOMUNIKASI_COMMUNICATION_THEORY diakses pada tanggal 11 Februari 2021. Pukul 11:20 WIB. https://en.nacific.com/ diakses pada tanggal 23 Februari 2021. Pukul 20:13 WIB. https://today.line.me/id/v2/article/GYzKJY/ diakses pada tanggal 24 Februari 2021. Pukul 18:50 WIB. https://www.instagram.com/nacificofficial.id/ diakses pada tanggal 24 Februari 2021. Pukul 19:27 WIB. https://kepoper.com/biodata-profil-dan-fakta-lengkap-chanyeol/ diaskses pada tanggal 24 Februari 2021. Pukul 19:55 WIB citation: Indah Lestari, Devi (2021) Pengaruh Brand Ambassador Chanyeol EXO Terhadap Minat Beli Produk Skincare Nacific Di Kalangan Followers Instagram @nacificofficial.id. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/23021/1/FISIP_ILMU%20KOMUNIKASI_1706015037_DEVI%20INDAH%20LESTARI.pdf