eprintid: 23015 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/02/30/15 datestamp: 2023-04-03 03:55:47 lastmod: 2023-04-03 03:55:47 status_changed: 2023-04-03 03:55:47 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Hidayat, Fajar title: Analisis Pengaruh Social Media Marketing dan Brand Image terhadap Brand Trust yang Berdampak terhadap Willingness To Donate Konsumen pada Crowdfunding Human Initiative ispublished: pub subjects: HG divisions: Manajemen abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Social Media Marketing dan Brand Image terhadap Donation Decision melalui Brand trust pada Crowdfunding Human Initiative. Terdapat dua variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu brand trust dan willingness to donate. Dan terdapat dua variabel independen yang mempengaruhi variabel dependen yaitu social media marketing dan brand image. Data sekunder yang digunakan di pusat Referensi Laporan Human Initiative dan dilengkapi dengan sumber daftar pustaka lainnya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara Social Media Marketing terhadap Brand Trust. Terdapat pengaruh signifikan antara Brand Image terhadap Brand Trust. Adanya pengaruh antara Social Media Marketing dan Brand Image terhadap dan Brand Trust secara bersama-sama (simultan). Social Media Marketing tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Willingness to Donate. Brand Image tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Willingness to Donate. Terdapat pengaruh signifikan antara Brand Trust terhadap Willingness to Donate secara parsial. Social Media Marketing, Brand Image dan Brand Trust terhadap Donation Decision secara bersama-sama (simultan). Ada pengaruh mediasi brand trust (B) dalam memediasi hubungan pengaruh social media marketing (A1) terhadap willingness to donate (C). Ada pengaruh mediasi brand trust (B) dalam memediasi hubungan pengaruh brand image (A2) terhadap Willingness to Donate (C). Oleh sebab itu disarankan kepada lembaga Human Initiative untuk melakukan campaign yang relevan untuk bias meningkatkan interaksi di sosial media dan brand image. Dan melakukan pengecekan secara rutin sehingga dapat diharapkan dapat meningkatkan user experice bagi konsumennya untuk meningkatkan brand trust. date: 2022 date_type: completed full_text_status: public pages: 35 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Admin LinovHR. (2020, Juni 16). linovhr.com. Retrieved from Apa itu E- commerce, Jenis, dan Manfaatnya Untuk Konsumen dan Penjual: https://www.linovhr.com/jenis-e-commerce/ Admin LinovHR. (2020, Juni 16). linovhr.com. Retrieved from Apa itu E- commerce, Jenis, dan Manfaatnya Untuk Konsumen dan Penjual: https://www.linovhr.com/ Novi Hardita Larasati. (2021, November 22). diadona.id. Retrieved from Pengertian UMKM Menurut Para Ahli dan Undang-Undang yang Harus Dipahami sebagai Pebisnis: https://www.diadona.id/career/pengertian- umkm-menurut-para-ahli-dan-undang-undang-yang-harus-dipahami- sebagai-pebisnis-200710y.html Departemen Komunikasi. (2018). Bank Indonesia. Retrieved November 23, 2021, from https://www.bi.go.id/ Aaker, D. A. (1993). Brand Equity & Advertising. Psychology Press. Adyani, R. N. (2020). Social Media Marketing, Brand Image, Brand Trust. Pengaruh Social Media Marketing dan Brand Image Terhadap Brand Trust Serta Dampaknya Terhadap Donation Decision Pada Crowdfunding Kitabisa.com Ditengah Pandemi Covid-19. Alif Nur Rahmadi & Budi Heryanto. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri. Angela, A. (2010). Pencegahan Primer Pada Anak Yang Berisiko Karies Tinggi. Medan: Departemen Pedodonsia Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatra Utara. Annastasya Berliana Dunda . (2021). Crowdfunding: Definisi, Jenis dan Manfaatnya Bagi Bisnis Anda. Retrieved November 24, 2021, from https://www.hashmicro.com/ Arikunto. (1995). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Baridwan, Z. (2009). Sistem Akuntansi Penyusunan Prosedur dan Metode. Yogyakarta: BPFE. Boone, L. E. (2008). Pengantar Bisnis Kontemporer. Jakarta: Salemba Empat. Brotodiharjo, S. (2005). Donasi Sumbangan Masyarakat. Yogyakarta: Andi Offset. Chaudhuri, A. d. (2001). The Chain Of Effects From Brand Trust and Brand Effect To Brand Performance : The Role Of Brand Loyalty. Journal Of Marketing , 81-93. Clara Aprilia Sukandar. (2019). Apa Itu Crowdfunding. Retrieved November 24, 2020, from https://www.wartaekonomi.co.id/ Connolly, T. a. (2010). Database Systems A Practical Approach to Design, Implementation, and Management Fifth Edition. Boston: Pearson Education. Cronin, J. J. (2001). Some New Thought on Conceptualizing Perceived Service Quality : A Hierarchical Approach. The Journal of Marketing, 34-49. Dalma, M. A. (2021). Strategi Pemasaran . Retrieved November 24, 2021, from https://dosenpintar.com/ Damayanti, S. (2021). Brand Image, Content Sharing, Social Media Marketing, Strenght Of Brand Association. Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Brand Image Mypangandaran Tour And Travel. Date, C. (2005). Pengenalan Basis Data. PT. Index Kelompok Gramedia. Deki Sastiawan. (2021). Manfaat Utama Media Sosial untuk Pelajar dan Mahasiswa. Retrieved November 24, 2021, from https://kominfo.bengkulukota.go.id/ Delgado E.B., d. M. (2001). Brand Trust in Context of consumer Loyalty. Europan Journal Of Marketing, 1238-1258. Delgado, E. &. (2008). Building Online Brands Through Brand Alliances in Internet. European Journal Of Marketing, 954-976. Dewantry, Z. B. (2015). Aplikasi Pengelolaan. Dana Donasi Untuk Penderita Kanker (Studi Kasus : Yayasan Kanker Indonesia). Indonesia: eProceedings of Applied Science. Dosen Pendidikan 2. (2021, Oktober 7). Uji Validitas – Pengertian Menurut Para Ahli, Jenis, Cara dan Kegunaan . Retrieved from Uji Validitas: https://www.dosenpendidikan.co.id/uji-validitas/ Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program. Yogyakarta: IBM SPSS 23 . Gie. (2020). Sosial Media Marketing: Pengertian, Jenis, Strategi dan Manfaatnya. Retrieved November 24, 2021, from https://accurate.id/marketing- manajemen/sosial-media-marketing-pengertian-jenis-strategi-dan- manfaatnya/#Jenis_dan_Platform_dalam_Sosial_Media_Marketing Gronlund., d. L. (1990). Measurement and Evaluation in Teaching. New York: Macmillan Publishing Company. Gunelius, S. (2011). 30-Minute Sosial Media Marketing. United States: McGrawHill Companies. Hariyanto, B. (2008). Dasar Informatika & Ilmu Komputer. Yogyakarta: Graha Ilmu. Human Initiative. (2021). Tetang Kami. Retrieved November 12, 2021, from https://human-initiative.org/ ibnuismail. (2020). Crowdfunding: Tujuan, Jenis dan Manfaatnya Pada Ekonomi Bisnis . Retrieved November 11, 2021, from https://accurate.id/ Indonesia, B. (2021). Financial Technology. Retrieved November 10, 2021, from online-pajak.com Indotesis.com. (2017, Februari 9). Pengertian, tujuan, unsur dan jenis-jenis Branding. Retrieved from Medium.com: https://medium.com/@indotesis/pengertian-tujuan-unsur-dan-jenis-jenis- branding-9c75767da207 Ismail, I. (2020, September 16). Crowdfunding : Tujuan, Jenis, dan Manfaatnya Pada Ekonomi Bisnis. Retrieved from accurate.id: https://accurate.id/ekonomi-keuangan/crowdfunding-tujuan-jenis-dan- manfaatnya-pada-ekonomi-bisnis/ Ismail, I. (2020). Jenis Strategi Marketing yang Efektif Untuk Saat ini. Retrieved November 24, 2021, from https://accurate.id/ Kanuk, S. d. (2007). Perilaku Konsumen, Edisi Kedua. (P. i. GRAMEDIA, Ed.) Jakarta: PT. Indeks Gramedia. Kasmir. (2017). Customer Service Excellent Teori dan Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Kasmir. (2017). Customer Service Excellent Teori dan Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Khotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran. In H. T. Resty, Jilid 1 Edisi Milenium. Jakarta: PT. Prehallindo. Kurniawan, A. (2020). 6 Manfaat Media Sosial untuk Bisnis, Bantu Kembangkan Usaha Anda. Retrieved November 24, 2021, from https://www.merdeka.com/jabar/6-manfaat-media-sosial-untuk-bisnis- bantu-kembangkan-usaha-anda-kln.html Larasati, S. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Deepublish. Lau, G. L. (1999). Consumers' Trust in a Brand and the Link to Brand Loyalty. Journal of Market - Focused Mnagement, 341-370. Limanseto, H. (2021, November 21). Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Retrieved from UMKM Menjadi Pilar Penting dalam Perekonomian Indonesia: ekon.go.id M, H. (2014). The Role Of Social Support On Relationship Quality and Social Commerce. Technological Forecasting & Social Changes, 17-27. Marlinda, L. (2004). Sistem Basis Data. Yogyakarta: Andi Offset. Muhammad Idris. (2021, November 21). Kompas.com. Retrieved from Apa Itu UMKM: Pengertian, Kriteria, dan Contohnya: https://money.kompas.com/read/2021/03/26/153202726/apa-itu-umkm- pengertian-kriteria-dan-contohnya?page=all Mulyadi. (2016). Sistem Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat Jakarta Selatan. Mulyanto, A. (2009). Sistem Informasi Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Nasrullah, D. R. (2015). Media Sosial : Perspektif Komunikasi, budaya, dan sositeknologi. (S. R. Media, Ed.) Bandung: Simbiosa Rekatama Media. OJK. (2021). Financial Technology. Retrieved November 10, 2021, from www.ojk.go.id R.D., L. (2009). Hubungan Citra Merek, Kepuasan, dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Bisnis & Manajemen, 17-34. Ramadhani, N. (2020). Mengenal Financial Technology dalam Perekonomian Indonesia. Retrieved November 23, 2021, from https://www.akseleran.co.id/ Redaksi BisnisUKM. (2011, Oktober 26). Brand Image Yang Kuat Memberikan Banyak Manfaat. Retrieved from BisnisUKM: https://bisnisukm.com/brand-image-yang-kuat-memberikan-banyak- manfaat.html Redaksi OCBC NISP. (2021). Apa itu Fintech: Pengertian, Manfaat, Jenis & Dasar Hukumnya. Retrieved November 23, 2021, from https://www.ocbcnisp.com/ Rochaety, E. T. (2019). Metodologi Penelitian bisnis dengan aplikasi SPSS. Jakarta: Edisi Kedua Jakarta : Mitra Wacana Media. Rusydi, M. (2017). Customer Excellence . Bandung: Gosyen Publishing. Sarwono. (2014). Strategi Melakukan Riset, Kuantitatif, Kualitatif, Gabung. Andi Publisher. Setiadi. (2003). Perilaku Konsumen : Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian pemasaran. (P. Media, Ed.) Jakarta: Prenada Media. Silalahi, U. (2011). Asas Asas Manajemen. Bandung: Refika Aditama. Sugiyono. (2006). Metode Penelitian, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sukadji, S. (2000). Menyusun dan Mengevaluasi Laporan Penelitian. Jakarta: UI- Press. Sumarwan, U. (2015). Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bandung: Ghalia Indonesia. Suprihanto, J. (2014). Manajemen. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Susanto, A. (2008). Sistem Informasi Akuntansi, Struktur Pengendalian Resiko Pengembangan. Bandung: Lingga Jaya. Sutarman. (2009). Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Bumi Aksara. Sutedjo, B. (2021). Brand Image, Brand Trust, Kepuasan Konsumen, Minat Beli Ulang. Pengaruh Brand Image dan Brand Trust Terhadap Kepuasan Konsumen dan Dampaknya Terhadap Minat Beli Ulang. Swastha DH, d. H. (1996). Manajemen Pemasaran Analisa Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE IKIP. Terry, G. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Kencana. Tjiptono, F. (2002). Penulis. In Andi (Ed.), Strategi Bisnis Modern. Yogyakarta. Tjiptono, F. (2002). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: ANDI. Tomczak, A. (2016). Model Investasi Crowdfunding yang di Konseptualisasikan. Nurnberg: Routledge. Wahyono, B. (2012). Pengertian Brand Image (Citra Merek). Retrieved November 24, 2021, from http://www.pendidikanekonomi.com/2012/11/pengertian- brand-image.html Wahyutama, L. (2021). 2021. Retrieved November 11, 2021, from www.trusvation.com Weinberg, T. (2009). The New Community Rules: Marketing on the Social Web. O'Reilly. Wijayanto, D. (2012). Pengantar Manajemen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. World Bank. (2016). The World Bank. Retrieved November 23, 2021, from https://www.worldbank.org/ Zook, S. &. (2011). Marketing Communication : Integrating Offline and Online With Social Media. United Kingdom: Kogan Page. citation: Hidayat, Fajar (2022) Analisis Pengaruh Social Media Marketing dan Brand Image terhadap Brand Trust yang Berdampak terhadap Willingness To Donate Konsumen pada Crowdfunding Human Initiative. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/23015/1/_FEB_MNJ_1802025089_Fajar%20Hidayat.pdf