eprintid: 23011 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 4552 dir: disk0/00/02/30/11 datestamp: 2023-04-08 08:21:47 lastmod: 2023-04-08 08:21:47 status_changed: 2023-04-08 08:21:47 type: article metadata_visibility: show creators_name: Tri Widiastuti, Haning creators_id: Haningtri@uhamka.ac.id title: Manajemen Kelas Berbasis Bimbingan Solusi Perilaku Off-Task ispublished: pub subjects: L subjects: QP divisions: 86201 abstract: Perilaku off-task merupakan bentuk perilaku mengganggu proses pembelajaran yang kerap muncul di dalam kelas. Fenomena perilaku off-task juga terjadi di Sekolah Dasar yang menjadi latar belakang diadakannya penelitian ini. Fokus perhatian pada penelitian ini adalah mereduksi perilaku off-task yang ada pada Sekolah Dasar tersebut melalui manajemen kelas berbasis bimbingan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh manajemen kelas berbasis bimbingan dalam mereduksi perilaku off-task. Penelitian dilakukan dengan menggunakan bentuk penelitian tindakan kolaboratif, yang artinya peneliti Bersama dnegan guru melakukan kolaborasi dalam melakukan manajemen kelas berbabis bimbingan. Data penelitian diperoleh secara kuantitatif dengan menggunakan instrument yang dikembang oleh peneliti yang selanjutnya menjadi pre-test dan post test pada penelitian ini. Dari penelitian yang dilakukan pada siswa kelas 3 Sekolah Dasar, menunjukkan adanya penurunan nilai perilaku off-task subyek, maka dapat disimpulkan bahwa manajemen kelas berbasis bimbingan berpengaruh pada perilaku off-task siswa. official_url: https://journal.uhamka.ac.id/index.php/epik full_text_status: public publication: EPIK: JURNAL EDUKASI PENERAPAN ILMU KONSELING refereed: TRUE citation: Tri Widiastuti, Haning Manajemen Kelas Berbasis Bimbingan Solusi Perilaku Off-Task. EPIK: JURNAL EDUKASI PENERAPAN ILMU KONSELING. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/23011/1/ARTIKEL%2BHANING%2B%28Manajemen%2BKelas%2BBerbasis%2BBimbingan%2BSolusi%2BPerilaku%2BOff-Task%2B%2870-78%29%29.pdf