eprintid: 22998 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/02/29/98 datestamp: 2023-04-03 02:17:27 lastmod: 2023-04-03 02:17:27 status_changed: 2023-04-03 02:17:27 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Aulia, M. Fahmil title: Pengaruh Diskon dan Motivasi Belanja Hedonis terhadap Pembelian Impulsif di Shopee ispublished: pub subjects: HG divisions: Manajemen abstract: Pembelian impulsif merupakan pembelian yang tidak direncanakan sebelumnya. Pembelian ini dapat menimbulkan dampak negatif dikarenakan barang yang dibeli merupakan barang yang tidak terlalu dibutuhkan. Pembelian impulsif marak terjadi di pasar online, khususnya Shopee. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh diskon dan motivasi belanja hedonis terhadap pembelian impulsif di Shopee. Penelitian ini menggunakan metode survey yang mengumpulkan data secara langsung melalui penyebaran kuesioner, dengan sampel sebanyak 137 responden. Sampel pada penelitian ini adalah pengguna aplikasi Shopee yang berbelanja pada 12.12 Harbolnas. Berdasarkan hasil pengolahan data, model regresi linier berganda penelitian ini adalah 5,982 + 0,007 X1 + 0,489 X2 + e. Kemudian hasil pengolahan data uji-t menunjukkan bahwa diskon memperoleh nilai signifikansi 0,952 0,05 nilai thitung 0,060 ttabel (134) 1,65630, motivasi belanja hedonis memperoleh nilai signifikansi 0,000 0,05, dan nilai thitung 8,560 ttabel (134) 1,65630. Serta hasil dari uji F juga terdapat nilai signifikansi 0,000 0,05, dimana Fhitung 48,468 F 0,05 (136) 3,06.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variabel diskon tidak berpengaruh secara parsial terhadap pembelian impulsif, dan motivasi belanja hedonis berpengaruh parsial terhadap pembelian impulsif. Kemudian diskon dan motivasi belanja hedonis berdampak pada pembelian impulsif secara bersamaan. date: 2022 date_type: completed full_text_status: public pages: 37 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Afif, M. (2020). Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis, Gaya Hidup Berbelanja dan Promosi Penjualan terhadap Pembelian Impulsif pada Konsumen Shopee ID. Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis E-ISSN (Online): 2621 – 3230 Volume 2. Agus, K. 2019. Pengaruh Diskon pada Aplikasi e-Wallet terhadap Pertumbuhan Minat Pembelian Impulsif Konsumen Milenial di Wilayah Tangerang. Jurnal Sains Manajemen Volume 5 No 2. Anggun, S.N. 2018. Pengaruh Harga, Produk, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Peacock Cofee, Semarang. Diponegoro Journal of Social and Political http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/ Darmayanti, N.K.P.A., 2020. The influence of discount and bonus pack on impulse buying and hedonic shopping motivation. Review of Management, Accounting, and Business Studies, 1(1), pp.1-11. Dina, A. 2020. Pengaruh Promosi Penjualan HARBOLNAS Marketplace Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Millenial Di UBSI. Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 1, No. 2. Erika Niswatun, N.A. 2021. Hubungan Hedonic Shopping Motivation dan Price Discount Dengan Impulse buying Pada Konsumen Malang Town Square (Studi Pada Mahasiswa FEB Unisma Angkatan 2017). e – Jurnal Riset Manajemen Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unisma. Fara, N.A. 2021. Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis Terhadap Pembelian Impulsif Pada Shopee.co.id. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen e-ISSN: 2461-0593. Fendy, M. (2020). Pengaruh Gaya Hidup, Diskon Harga Dan Kualitas Informasi Terhadap Pembelian Impulsif di Instagram (Studi Kasus pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Teknologi Sumbawa). Jurnal Riset Kajian Teknologi dan Lingkungan Volume 3 SSN: 2621 – 3222. Ferdinand, Augusty (06 Februari 2019). Metode Penelitian Manajemen [Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen]. BP UNDIP. ISBN 979-704-254-5 Florensia, J.P. (2019). Pengaruh Hedonic Shopping Motives dan Promosi Penjualan Terhadap Impulse buying Konsumen di Matahari Department Store Manado Town Square. Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 8. No. 2, 2019 (p-ISSN 2338-9605; e-2655-206X) George, R.W. (2021). Pengaruh Diskon Harga Terhadap Pembelian Impulsif Secara online Pada Pengguna Aplikasi Shopee. e-Proceeding of Management: Vol.8, No.2 April 2021. Handayani, S. (2019). Effect of Discount and Hedonic Shopping Motives Against Buying Impulse. In The 1 International Conference on Innovation of Small Medium-sized Enterprise (ICIS) 2019 (Vol. 1, No. 1, pp. 93-101). Hera, F.M. (2020). Analisis Pengaruh Motivasi Hedonik Terhadap Pembelian Impulsif Melalui Pencarian Produk Sebagai Variabel yang Memediasi (Studi Kasus Pada Produk Fashion di Media Sosial Instagram). Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol.18 (2), 2020. Indra, B.B. (2018). Pengaruh Potongan Harga (Discount) Terhadap Pembelian Tidak Terencana (Impulse buying) (studi pada pengunjung Matahari Department Store Johar Plaza Jember). Kafi, N. (2021). Pengaruh Price Discount, Hedonic Shopping Motivation, Merchandising, dan Store Atmosphere Terhadap Impulse buying (Studi pada konsumen NU Mart Ngadisono di Kabupaten Wonosobo). JAMASY Jurnal Akuntansi, Manajemen & Perbankan Syariah Volume 1 No. 1 Kiswara, P., Anggun S. (2017). "Pengaruh Hedonic Shopping Motives Dan Promosi Penjualan Terhadap Impulse Buying (Survei Pada Konsumen Matahari Department Store Malang Town Square)." Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, vol. 47, no. 2, 22 Jun. 2017, pp. 145-153. Luthfi, M.K. (2020). Pengaruh Hedonic Motivation Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse buying (Studi Pada Konsumen Transmart Mall di Kota Malang). Skripsi Dalam Central Library of Maulana Malik Ibrahim State Islamic University of Malang. Melinda, A. (2021). Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis dan Fashion Involvement terhadap Pembelian Impulsif. Jurnal eISSN: 2528-1135490 https://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/AKUNTABEL/article/view/9847 Nadhifa, A. 2020. Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis Dan Promosi Penjualan Terhadap Pembelian Impulsif (Studi pada Konsumen Shopee Mahasiswa PTN di Kota Malang). Skripsi dalam Central Library of Maulana Malik Ibrahim State Islamic University of Malang. http://etheses.uin-malang.ac.id/19113/1/16510138.pdf Nazmia, B. (2021). Pengaruh Promosi Penjualan, Pemasaran Media Sosial Dan Motivasi Belanja Hedonis Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif (Studi Kasus Pengguna Go-Pay di Kota Bekasi). Jurnal KORELASI (Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi) Volume 2 halaman 1323-1337. Ni Putu Diah, R.W. (2021). Peran Hedonic Shopping Motivation, Store Atmosphere, dan Price Discount Dalam Meningkatkan Impulse buying. Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata, Vol. 1 (No. 2): Hal 530-540. Niken, N. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Noach Cafe dan Bistro. AGORA Journal Vol. 7, No. 2. Nisfatul, L. (2020). Pengaruh Brand Ambassador Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Di Shopee. Vol. 2, No. 2, Tahun 2020, ISSN: 2622-6367 (online) Iqtishad equity Prodi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Nurul, H. (2021). Analisis Strategi Digital Marketing Dalam Membantu Penjualan Living Space dan EFO Store. Skripsi dalam https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/10007 Rayhan, W.A. (2019). Fenomena HARBOLNAS (Hari Belanja Online Nasional) Melalui Harga, Produk, Kemudaham dan Keamanan Bertransaksi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Secara Online Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Moderating di Komplek Johor Indah Permai II Medan. JMB Vol. 1, No. 1 2019 Rinda, S. (2021). Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis Dan Display Produk Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Mahasiswa Jurusan PIPS Angkatan 2018-2019 Universitas Jambi. Skripsi pada https://repository.unja.ac.id/24074/1/SKRIPSI%20FULL.pdf Rizal, A.B. 2020. Pengaruh Gaya Hidup, Motivasi Berbelanja Hedonis, Diskon, Dan Penataan Produk Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Pada Konsumen Di Plaza Ambarrukmo Yogyakarta. Skripsi Pada repository.stiekpn.ac.id. Rohimat, N.H. (2019). Dampak online shop (fenomena HARBOLNAS) Terhadap Gaya Hidup Konsumtif Remaja di Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat Jawa Barat. Universitas Pendidikan Indonesia, repository.upi.edu. Saeful, R.P. (2019). Fenomena Cara Belanja online shop di kalangan Mahasiswa (Studi Kasus: Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi UNIKU). Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi Volume 16. ISSN 2614-5839. https://journal.uniku.ac.id/index.php/Equilibrium. Satria, T. (2020). The Effect of Hedonic Shopping Motivation, Shopping Lifestyle and Fashion Involvement with Impulse buying. International Journal of Business Economics (IJBE) Vol, 2 Issue 1, pp 18-28, http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/ijbe e-ISSN 2686-472X Suci, R.W. (2020). Pengaruh Sales Promotion, Hedonic Shopping Motivation dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse buying pada E-Commerce Shopee. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 2 (2) Taufik, E.R. (2021). The Effect of online marketing and e-service quality on purchase decisions: An Empirical Study on online shop. Turkish Journal of Physiotherapy and Rehabilitation; 32(3) e-ISSN 2651-446X. Ummasyroh. (2020). Penerapan Marketing 4.0 Dan Pengaruhnya Terhadap Keberhasilan Kegiatan Promosi Pemasaran Politeknik Negeri Sriwijaya. Jurnal Riset Terapan Akuntansi, Vol.4 No.1, 2020 P-ISSN: 2579-969X. https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/jrtap/article/download/1970/996 Wanda, R. (2021). Pengaruh Diskon Dan Kualitas Produk Terhadap Impulse buying Pada Online Shop Shopee (Studi Pada Mahasiswa UMSU). http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15699 Windy, T. (2020). Pengaruh Strategi Marketing Communication Terhadap Brand Image PT Shopee. Jurnal Traslitera, Vol. 9 No. 2 citation: Aulia, M. Fahmil (2022) Pengaruh Diskon dan Motivasi Belanja Hedonis terhadap Pembelian Impulsif di Shopee. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/22998/1/_FEB_MNJ_1802025009_M.%20FAHMIL%20AULIA.pdf