%V 8 %P 366-374 %N 1 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran RICOSRE terhadap keterampilan berpikir kreatif IPA siswa kelas V SD Negeri Jatirahayu II Bekasi. Keterampilan berpikir kreatif merupakan keterampilan yang sangat penting dimiliki oleh siswa untuk dapat dapat mengembangkan ilmu pengetahuan seiring perkembangan zaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen yang menggunakan desain penelitian one-group pretest-posttest design. Sampel yang diambil menggunakan teknik Simple Random Sampling yaitu sebanyak 36 siswa kelas V-B SD Negeri Jatirahayu II Bekasi sebagai sampel. Hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai posttest pada siswa lebih tinggi sebesar 52.11 dibanding hasil rata-rata nilai pretest sebesar 46.56. Berdasarkan analisis data pada perhitungan uji t diperoleh sig. < 0,01 dengan Tolak H0 jika Sig. â�¤ α 0.05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga disimpulkan bahwa model pembelajaran RICOSRE berpengaruh dalam meningkatakan keterampilan berpikir kreatif IPA siswa pada materi perubahan wujud benda kelas V SD Negri Jatirahayu II Bekasi. %A Kinanthia Elvrina Revayani %A Puri Pramudiani %R 10.36989/didaktik.v8i1.301 %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RICOSRE TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF IPA SISWA KELAS V SD NEGERI JATIRAHAYU II BEKASI %D 2022 %L repository22932 %J Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang