%0 Thesis %9 Masters %A Tri Widiastuti, Haning %B Psikologi Pendidikan dan Bimbingan %D 2017 %F repository:22907 %I Universitas Pendidikan Indonesia %T Reduksi Perilaku Off-Task Melalui Manajemen Kelas Berbasis Bimbingan (Penelitian Tindakan Kolaboratif di SD Islam Al-Azhar 01 Jakarta Selatan Tahun Ajaran 2016/2017) %U http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/22907/ %X siswa pada setiap jenjang pendidikan dan Sekolah Dasar merupakan jenjang pendidikan formal pertama yang menjadi dasar dalam perkembangan perilaku belajar siswa. Permasalahan utama yang menjadi fokus penelitian adalah reduksi perilaku off-task melalui manajemen kelas berbasis bimbingan. Tujuan penelitian adalah menguji keefektifan manajemen kelas berbasis bimbingan dalam mereduksi perilaku off-task siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan desain penelitian tindakan kolaboratif dengan 25 orang siswa Kelas III-A SD Islam Al-Azhar 01 Jakarta Selatan sebagai partisipannya. Hasil penelitian menunjukkan manajemen kelas berbasis bimbingan efektif mereduksi perilaku off-task yang ditandai oleh adanya penurunan persentase perilaku off-task secara keseluruhan dan penurunan jumlah siswa pada kategori tinggi dan rendah. Manajemen kelas berbasis bimbingan efektif mereduksi perilaku off-task pada aspek solitary.