eprintid: 22802 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/02/28/02 datestamp: 2023-03-31 07:35:20 lastmod: 2023-03-31 07:35:20 status_changed: 2023-03-31 07:35:20 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sendita Pritama, Meilinia title: Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Elektronik terhadap Kepuasan Konsumen E-Commerce Shopee ispublished: pub subjects: HG divisions: Manajemen abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas pelayanan elektronik terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini dengan menggunakan pendekatan survey. Jumlah kuesioner sebanyak 137 responden yang didapat dari populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi manajemen angkatan 2017 Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dengan cara Stratified Random Sampling. Kemudian dilakukan pengolahan data dengan menggunakan uji kualitas data, uji deskripstif, analisis regresi berganda, uji t, uji f, analisis koefisien determinasi ganda, analisis korelasi koefisien determinasi parsial, uji asumsi klasik, uji normalitas, analisis uji multikolinearitas, analisis uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian ini dengan menggunakan SPSS 25.0 menunjukkan bahwa (1) Pengaruh Harga (X1) secara parsial mempunyai pengaruh yang positif siginifikan terhadap kepuasan konsumen (Y). (2) Kualitas Pelayanan Elektronik (X2) secara parsial mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y). (3) Pengaruh Harga (X1) dan Kualitas Pelayanan Elektronik (X2) secara simultan/bersama-sama berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y). Pada hasil perhitungan penelitian ini skor tertinggi dalam setiap variabel yaitu Pengaruh Harga (X1) sebesar 620, Kualitas Pelayanan Elektronik (X2) sebesar 632, dan Kepuasan Konsumen sebesar 601. date: 2021 date_type: completed full_text_status: public pages: 40 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Anwar Prabu Mangkunegara, (2002), Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Remaja Rosda Karya, Bandung. Ali Khatbi. 2003. The Effect of E-commerce on Customer Satisfaction in Malayasia, J. soc 7(3) PP 201-208. Basu Swasta dan Irawan, Manajemen Pemasaran Modern, (Yogyakarta: Liberty, 2008), Barnes, S. J. & Vidgen, R.T., 2002. An Intgrative Approach to The Assement of E-commerce Quality. Journal of Electornic Commerce Research, 3 (3), PP 114-127. Buchari, Alma, 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta Chandra, Ahmad dan Dadang, Herman. 2013. E-bussiness and E-commerce. Yogyakarta: Andi. Dimitriadis, S. dan Stathakopoulus, V. 2010. Pemerikasaan Efek Kualitas dan Kepuasan pada Pelanggan: Niat Perilaku dalam E-Shopping, Journal of Marketing Service, Vol 24 No. 2, hlm 142-156. Fitzsimmons, James A., and Mona J. Fitzsimmons. (2011). Service Management: Operations, Startegy, Infromation Technology (7th ed.). New York, NY: McGraw-Hill. https://m.liputan6.com/bisnis/read/4088547/shopee-catatkan-12-juta-transaksi -per-h ari-di-indonesia ( Di akses tanggal 16 Februari 2021) https://www.kajianpustaka.com/2016/09/pengertian-peranan-dan-tujuan-pene tapan- harga.html?m=1 ( Di akses tanggal 21 Februari 2021) Kotler, Philip, 2000, Marketing Management. Edisi Milenium, Prentice Hall Intl, Inc New Jersey. Kasmir. 2005. Etika CustomerService. Raja Grafinfo Persada Jakarta Kassim, N. dan Abdullah, NA. 2010. Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan yang Dirasakan di Kepuasan Pelanggan, Kepercayaan, dan Kesetiaan dalam Pengaturan E-commerce. Asia Pasific Journal of Marketing dan Logistik. Vol. 22 No 3, PP. 351-371. Kinasih, B. S. (2012), Analisis Pengaruh User Interface Quality, Information Quality, Perceived Security, dan Perceived Privacy Terhadap Customer Satissfaction dan Cutomer Trust dalam Transaksi e-Commerce, Skripsi Sarjana (tidak dipublikasikan), Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia. Kotler, Philip, 2000, Marketing Management. Edisi Milenium, Prentice Hall Intl, Inc New Jersey. Kurt, SD dan Atrek, B. 2012. Klasfikasi dan Pentingnya E-SERQUAL Atribut Kualitas: Evaluasi Pembeli Online, Mengelola Kualitas Layanan, Vol. 22 No. 6 PP. 622-637 Lawrence Elbaurm Associates, Mahwah, NJ Carlson, J dan O’ Cass A. 2011. Mengembangkan Kerangka Untuk Memahami Kualitas E-service, Antesedan, Konsekuensi, dan Mediator, Mengelola Kualitas Layanan. Vol 1 No 3, PP 264-286. Lewis, R.C. & Booms, B.H. (1983). "The marketing aspects of service quality" in Berry, L., Shostack, G. and Upah, G. (eds.). Emerging perspectives on services marketing: American Marketing Association Chicago. Nazar, R. & Syahram (2011), Pengaruh Privasi, Keamanan, Kepercayaan, dan Pengalaman Terhadap Niat untuk Bertransaksi Secara Online, Tesisi Magister Manajemen (tidak dipublikasikan), Yogyakarta: Program Magister Saint Manajemen UGM. Philip Kotler dan Gary Amstrong, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi Ke 12, (Jakarta: Erlangga, 2006), hlm. 345 Philip Kotler dan Kevin Lane Keller,2012, Manajemen Pemasaran ed.Ketiga Belas . Jilid 2 Terjemahan oleh BOB Sabran MM : Penerbit Erlangga. Rohm, A.J. and Swaminathan, V. (2004). A typology of online shoppers based on shopping motivations. Journal of Business Research. Vol. 57, pp. 748-757. Sitaniapessy, H. A. P. (2008), Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Niat Pembelian Ulang di Matahari Dapartemen Store Ambon, Jurnal Ekonomi & Bisnis, 2 (2), hal: 103-114. Srinivasan, SS. 2003. E-service and E-loyalty: Contigency Framework. Psikologi & Marketing, Vol 20 No. 2, pp 123-128. Sularto, L. (2004), Pengaruh Privasi, Kepercayaan dan Pengalaman Terhadap Niat Beli Konsumen Melalui Internet, Jurnal Ekonomi & Bisnis, 3 (9), hal: 138-155. Supranto, J. (2001). Pengukuruan Tingkat Kepuasan Pelanggan: Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Swasta, Basu dan T Hani Handoko. 2000. Manajemen Pemasaan: Analisa dan Perilaku Konsumen. Yogyakrata: BPFE Tjiptono, Fandy dan Chandra, Gregorius, 2016. Service Quality and Satisfaction, Edisi 4. Yogyakarta: Andi Tjiptono Fandy (2002), Prinsip-prinsip Total Quality Service, Edisi Kedua Penerbit Andi Yogyakarta. Tjiptono Fandy (2002), Manajemen Jasa, Edisi Kedua, Cetakan ke 3 penerbit Andi Yogyakarta. Wahana Komputer. 2002. Apa dan Bagaimana E-commerce, Edisi 2. Yogyakarta: Andi Zeithaml, A., A. Pasurasman dan Leonard L. Berry, 1988, SERQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Customer Perceptions of Service Quality, Journal of Retailing. citation: Sendita Pritama, Meilinia (2021) Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Elektronik terhadap Kepuasan Konsumen E-Commerce Shopee. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/22802/1/_FEB_MNJ_1702025273_MEILINIASENDITAPRITAMA.pdf