eprintid: 22705 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/02/27/05 datestamp: 2023-03-30 06:32:03 lastmod: 2023-03-30 06:32:03 status_changed: 2023-03-30 06:32:03 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Septiani, Rosmayanti title: Pengaruh Celebrity Endorser dan Media Iklan Televisi terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening pada Karyawan PT. Bussan Auto Finance di Bekasi ispublished: pub subjects: HG divisions: Manajemen abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh celebrity endorser dan media iklan televisi terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini dengan menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Bussan Auto Finance berjumlah 96 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan cara metode sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan pengukurannya menggunakan skala likert. Teknik pengolahan data menggunakan uji kualitas data, analisis statistic deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, analisis koefisien determinasi, uji hipotesis dan analisis korelasi koefisien. Hasil penelitian ini menggunakan SPSS menunjukkan bahwa (1) Celebrity Endorser (X1) secara parsial mempunyai pengaruh yang positif signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). (2) Media Iklan Televisi (X2) secara parsial mempunyai pengaruh yang positif signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Celebrity endorser (X1) dan media iklan televisi (X2) secara simultan/bersama-sama berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). date: 2022 date_type: completed full_text_status: public pages: 31 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Alfred, O. (2013). Influences of Price And Quality On Consumer Purchase Of Mobile Phone In The Kumasi Metropolis In Ghana A Comparative Study. European Journal of Business and Management, 5(1), hlm. 179–199. Alfred, Owusu. 2013. Influence of Price and Quality on Consumer Purchase of Mobile Phone in The Kumasi Metropolis in Ghana A Comparative Study. European Journal of Business and Management. Vol 5, No.1 Annis Kiswalini, I Ketut Nurcahya, (2014), Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, dan Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian, Jurnal Ekonomika, Volume 1 nomer 3, Universitas Udayana, Bali, Indonesia Antoro, Agus Dwi., & Endang Sutrasmawati. 2015. Pengaruh Daya Tarik Iklan,Endorser Dan Frekuensi Penayangan Iklan Terhadap Efektifitas Iklan Televisi. Management Analysis Journal. 727-734. Antoro, Agus Dwi., & Endang Sutrasmawati. 2015. Pengaruh Daya Tarik Iklan,Endorser Dan Frekuensi Penayangan Iklan Terhadap Efektifitas Iklan Televisi. Management Analysis Journal. 727-734. Burns, A. C., Biswas, A., & Roach, S. (2015). The effects of advertising stimulus concreteness and familiarity on consumer attitudes and intentions. In Proceedings of the 1991 Academy of Marketing Science (AMS) Annual Conference(pp. 17-20). Springer, Cham. Djaslim, Saladin. 2012. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengendalian. Edisi Ketiga. Bandung : CV. Linda Karya Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Gupta, T. (2014). Impact Of Celebrity Endorsement On Purchase Decisions : Study Among Youth Of Bareily. International Journal Of Management Research & Review,4(11), 1041–1046 Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2012. Principles of Marketing. New Jersey: Prentice Hall. Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks Krishnakumar, K., & Radha, K. (2014). A Study on Relevance Factor in Effectiveness of Television Advertisements on Consumer Purchase Decision in Salem District‖.International Journal of Business and Administration Research Review,1(2), 23-30. Kumar, D., & Bansal, M. (2013). Impact of Television Advertisements on Buying Pattern of Adolescent - A Study of Punjab. IJCSCE, 17–21. Kusumadewi, Nadia Inggrida., &Sri Wartini. (2016). Pengaruh Endorser Dan Iklan Televisi Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Efektivitas Iklan Oppo Smartphone. Management Analysis Journal. 5(4) Moeed Ahmad Sandhu , Syeda Shawana Mahasan and Asad ur Rehman, 2014. The Impact Of Brand Image and Celebrity Endorsement On Consumers Purchase Preference for Fashion Product.Journal Indian Streams Research. 4(2): h: 1-10 Morissan, 2015. Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana Perdana Media Group Murti, B. N. (2013). Analisis Pengaruh Iklan Dan Celebrity Endorser Terhadap Citra Merek Dalam Meningkatkan Minat Beli Pada Produk Sepatu Olah Raga Adidas. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro Semarang Nuraini, A.& Ida Maftukhah. (2015). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Citra Merek Pada Kosmetik Wardah Di Kota Semarang. Management Analysis Journal. 100-115 Nuraini, A.& Ida Maftukhah. (2015). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Citra Merek Pada Kosmetik Wardah Di Kota Semarang. Management Analysis Journal. 100-115 Purnamasari, S., & Murwatiningsih. (2015). Brand Image Sebagai Mediasi Pengaruh Promosi, Harga Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Jamu Nyonya Meneer Di Semarang Timur. Management Analysis Journal, 1(2), 120–128. Rahman, R. S. (2016). Pengaruh Bauran Hubungan Masyarakat (Public Relations Mix) Terhadap Citra Merek Dan Kesadaran Merek Serta Implikasinya Terhadap Keputusan Siswa Memilih Studi. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 10(1), 44-59.Child, J. (1972). Organizational structure, environment and performance: The role of strategic choice.sociology,6(1), 1-22. Sidharta, I., & Suzanto, B. (2015).Pengaruh Kepuasan Transaksi Online Shopping Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Sikap Serta Perilaku Konsumen Pada E-Commerce.Jurnal Computech & Bisnis,9(1), 23-36 Sivesan, S, 2013. Impact of Celebrity Endorsement on Brand Equity in Cosmetic Product. International Journal of Advanced Research in Management and Social Sciences.2(4): h: 1-11 Stephanie, E., dkk. 2013. Analisa Pengaruh Rio Dewanto Dan Donita Sebagai Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Produk Axe Anarchy Dengan Daya Tarik Iklan Dan Efek Iklan Sebagai Variabel Intervening.Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(2), Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sumawan, U. (2011). Perilaku Konsumen Teori Dan Penerapannya. Bogor: Ghalia Indonesia. Sunyoto, D. (2015). Perilaku Konsumen dan Pemasaran. Yogyakarta: CAPS. Wibowo, Setyo Ferry & Maya Puspita Karimah. (2012). Pengaruh iklan televisi dan harga terhadap keputusan pembelian sabun lux (survei pada pengunjung mega bekasi hypermall). Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia. Jakarta. Vol 3,No. 1. Sri Tyas Utami Suyasa, Cok Istri, dan Alit Suryani, 2013. Pengaruh Penggunaan Celebrity Endorser Anggun Cipta Sasmi Terhadap Brand Image Pada Iklan Produk Shampoo Pantene di Kota Denpasar.Jurnal Manajemen 1(1): h: 664-658 Sabdosih, Zakiya, and Djumillah Hadiwidjoyo. (2013). "Pengaruh Variabel Celebrity Endorser Terhadap Citra Merek L’oreal (Studi Produk L’oreal Paris Total Repair di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya)." Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB 1.2 Duwi Priyatno. 2013. Mandiri Belajar Analisis Data Dengan SPSS. Mediakom Wahyundari, S. P. D., Suartina, I. W., & Pratiwi, K. A. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Pesan Iklan Di Televisi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Widya Amrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Parwisata, 1(3), 873-881 Alim, A. S., & Budiarti, E. (2021). PERAN IKLAN TELEVISI DAN CELEBRITY ENDORSEMENT POND’S TERHADAP PURCHASE INTENTION. JEM17: Jurnal Ekonomi Manajemen, 6(1). Nova, M., & Nurdin, R. (2020). ANALISIS PENGARUH IKLAN TELEVISI, CELEBRITY ENDORSER, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK BERLABEL HALAL “WARDAH” PADA MAHASISWI UNIVERSITAS SYIAH KUALA. JURNAL ILMIAH MAHASISWA EKONOMI ISLAM, 2(1). Andriani, D. A. M. M., Agung, A. A. P., & Anggraini, N. P. N. (2020). PENGARUH IKLAN TELEVISI DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP BRAND AWARENESS LARUTAN CAP BADAK PADA MASYARAKAT WILAYAH KOTA DENPASAR. VALUES, 1(3), 198-207. Taungke, G. S., & Sunarti, S. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Minat Beli Dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada konsumen Erigo di Akun Resmi Instagram Erigo). Jurnal Administrasi Bisnis, 78(1). Aini, N., & Bertuah, E. (2020). ANALISIS PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BIORE BODY FOAM MELALUI CITRA MEREK. JCA of Economics, 1(02). Wikatanazal, E., Pardiman, P., & Rizal, M. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Iklan Instagram Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Online Shop Championsteall. Id). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 10(4). Ningsih, T. S., & Putri, S. L. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Produk Erigo Melalui Instagram). Jurnal Ekonomi dan Bisnis Dharma Andalas, 22(2), 348-357. Armalia, M., & Yuliana, Y. (2021). PENGARUH IKLAN TELEVISI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK WARDAH PADA KONSUMEN WARDAH DI DESA CELAWAN KECAMATAN PANTAI CERMIN. Jurnal Akrab Juara, 6(3), 86-93. Amrullah, A., & Yulihardi, Y. (2020). Pengaruh Iklan Televisi Dan Label Halal Pada Produk Wardah Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Mahasiswi Universitas Baiturrahmah Padang). Eko dan Bisnis: Riau Economic and Business Review, 11(2), 108-117. citation: Septiani, Rosmayanti (2022) Pengaruh Celebrity Endorser dan Media Iklan Televisi terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening pada Karyawan PT. Bussan Auto Finance di Bekasi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/22705/1/_FEB_MNJ_1702025072_Rosmayanti%20Septiani.pdf