eprintid: 22679 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/02/26/79 datestamp: 2023-03-30 02:58:55 lastmod: 2023-03-30 02:58:55 status_changed: 2023-03-30 02:58:55 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Avtazani, Zaghalu title: Pengaruh Sosial Media Marketing dan Brand Awarenessterhadap Keputusan Pembelian Aksesoris Handphone di Tokopedia ispublished: pub subjects: HG divisions: Manajemen abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sosial media marketing dan brand awareness terhadap keputusan pembelian. Data diambil dengan menggunakan kuesioner dari 155 responden mahasiswa manajemen uhamka yang menggunakan online shop Tokopedia. Data diolah menggunakan analisis regresi menggunakan IBM SPSS Statistics 20. Hasil penelitian menemukan bahwa sosial media marketing dan brand awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, hal ini dapat dilihat dari hasil nilai fhitung sebesar 224.310 lebih besar dari nilai ftabel (n=153, 2) 3,06 atau 224.310>3,06 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang artinya variabel bebas (X), yaitu sosial media marketing, brand awareness, secara bersama-sama atau simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat (Y), yaitu keputusan pembelian. Hasil ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan sosial media marketing dan brand awareness Tokopediadiharapkan mampu meningkatkan keputusan pembelian. Keputusan pembelian dapat ditingkatkan dengan cara meningkatkan sosial media marketing dan brand awareness. date: 2021 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Adiasari, T., & Lastariwati, B. (2017). Pemanfaatan Media Sosial dalam Pemasaran Produk Makanan Siswa Entrepreneurship di SMKN 4 Surakarta. E-Journal Student Pend. Teknik Boga-S1, 6(5). Ambolau, M. A. P. (2015). The Influence of Brand awareness and Brand image on Purchase Decision (Study on Aqua Consumers in Administrative Science Faculty Brawijaya University Class of 2013). Jurnal Administrasi Bisnis, 19(2). Caecilia, P. M., Kindangen, P., & Tumewu, F. (2017). The Effect of Maybelline Sosial Media Marketing (Facebook, YouTube, Instagram) on Consumer Purchase Decision (Case Study: Sam Ratulangi University Students). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 5(3). Krisnawati, D. (2016). Pengaruh Brand awareness Terhadap Keputusan Pembelian Amdk Merek Aqua (Studi Pada Masyarakat Di Kota Bandung). Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 4(1). Kurniasari, M., & Budiatmo, A. (2018). Pengaruh Sosial Media Marketing, Brand awareness Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada J. Co Donuts & Coffee Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(3), 152-159. Mileva, L., & Fauzi DH, A. (2018). Pengaruh Sosial Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Onlinepada Mahasiswa Sarjana Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2014/2015 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang Membeli Starbucks Menggunakan LINE). Jurnal Administrasi Bisnis, 58(1), 181-189. Nuraini, N., & Hadi, M. (2019). Pengaruh Sosial Media Marketing dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian pada Panties Pizza Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis, 5(1), 178-181. Prasath, P., & Yoganathen, A. (2018). Influence of Sosial Media Marketing on Consumer Buying Decision Making Process. SLIS Student Research Journal. Putri, C. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap keputusan pembelian konsumen cherie melalui minat beli. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 1(5), 594-603. PĆ¼tter, M. (2017). The impact of sosial media on consumer buying intention. Marketing, 3(1), 7-13. Sunaryo, S., & Sudiro, S. E. A. (2018). The impact of Brand awareness on purchase decision: mediating effect of halal logo and religious beliefs on halal food in Malang Indonesia. Australasian Journal of Islamic Finance and Business (AJIFB), 4(1), 28-37. Trisna, A. R. B. (2019). Pengaruh Celebrity Endorser dan Sosial Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Maybelline pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara. Zanjabila, R., & Hidayat, R. (2017). Analisis Pengaruh Sosial Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Bandung Techno Park (Studi Pada Pelanggan Bandung Techno Park 2017) Analysis of Sosial Media Marketing on Purchasing Decisions of Bandung Techno Park (Study on Bandung Techno Park Cu. E-Proceeding Appl. Sci, 3(2), 368-375. ZUHDI, F. V. S. The Influence Of Brand awareness and Brand Association On Purchasing Decision. A case study on Cinema XXI Botani Square Bogor. Zulfikar, A. R., & Mikhriani, M. (2017). Pengaruh sosial media marketing terhadap brand trustpada followers instagram dompet dhuafa cabang yogyakarta. Al-Idarah: Jurnal Manajemen dan Administrasi Islam, 1(2), 279-294. Edy, I. C., & Brotojoyo, E. (2017). Kajian Model Empiris: Pengaruh Media Sosial terhadap Life Style dan Keputusan Pembelian. Wahyu Sugito, D., & Adhilla, S. E. (2019). Analisis Pengaruh Harga, Strategi Promosi Melalui Media Sosial, dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sakola Secara Daring di Daerah Istimewa Yogyakarta (Doctoral dissertation, Universitas Ahmad Dahlan). Kurniawati, D., & Arifin, N. (2015). Strategi pemasaran melalui media sosial dan minat beli mahasiswa. Jurnal Simbolika: Research and Learning in Communication Study, 1(2). Yalanda, R. R., & Sadeli, A. H. (2019). Pengaruh Direct Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Arabika Malabar Mountain Coffee. Performance: Jurnal Personalia, Financial, Operasional, Marketing dan Sistem Informasi, 26(1), 27-38. Suciningtyas, W. (2012). Pengaruh Brand awareness, brand image, dan media communication terhadap keputusan pembelian. Management AnalysisJournal, 1(1). Najib, M. A., Soesanto, H., & Sukresna, I. (2016). Analisis Pengaruh Brand Awareness, Dan Perceived Value Terhadap Keputusan Pembelian (Studi padaKonsumen Produk Deterjen Merek BOOM di Kabupaten Bojonegoro)\ (Doctoral dissertation, Diponegoro University). Wilujeng, S. R., & Edwar, M. (2013). Pengaruh Brand awareness dan Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian Produk Oriflame. Jurnal Manajemen, Bisnis, Telekomunikasi dan Informatika, 6(3). citation: Avtazani, Zaghalu (2021) Pengaruh Sosial Media Marketing dan Brand Awarenessterhadap Keputusan Pembelian Aksesoris Handphone di Tokopedia. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/22679/1/_FEB_MNJ_1602025223_zaghalul%20avtazani.pdf