eprintid: 22670 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/02/26/70 datestamp: 2023-03-30 02:01:52 lastmod: 2023-03-30 02:01:52 status_changed: 2023-03-30 02:01:52 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ilham Aminuddin, Muhammad title: Pengaruh Kepercayaan Konsumen dan Kualitas Informasi terhadap Minat Beli pada Situs Jual Beli Online Olx.Co.Id (Mahasiswa Manajemen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Uhamka) ispublished: pub subjects: HG divisions: Manajemen abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kepercayaan konsuneb dan Kualitas Informasi terhadap Minat Beli. Data diambil dengan menggunakan kuesioner dan 155 responden Mahasiswa Feb Uhamka prodi manajemen, yang menggunakan situs jual beli online olx.co.id. Data diolah menggunakan analisis regresi menggunakan Microsoft Excel Software dan SPPS versi 25.0 Hasil dari penelitian Kepercayaan Konsumen terhadap Minat Beli mengemukakan Kepercayaan Konsumen secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Selain itu, hasil penelitian menemukan bahwa Kualitas Informasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat beli. Hasil uji simultan juga menyatakan variabel Kepercayaan Konsumen dan Kualitas Informasi berpengaruh signifikan dan positif terhadap minat beli konsumen. variabel kepercayaan konsumen secara parsial memiliki thitung sebesar 7,942 > ttabel (152) = 1,97569 dan signifikansi 0,000 < 0,05, berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kepercayaan konsumen terhadap minat beli, dengan demikian H1 diterima. Sedangkan variabel kualitas informasi secara parsial memiliki thitung sebesar 7,319 > ttabel (152) = 1,9569 dan signifikansi 0,000 < 0,05, berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Kualitas Informasi terhadap minat beli, dengan demikian H1 diterima. date: 2021 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Aco, A., & Endang, H. (2017). Analisis Bisnis E-Commerce pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Jurnal INSYPRO (Information System and Processing), 2(1). Adi Perwira, (2017). Pengaruh Kepercayaan, Harga, dan Kemudahan Terhadap Minat Beli Konsumen pada Toko Online. (Studi Pada Toko Online OLX.co,id). Prodi Manajemen Universitas PGRI Yogyakarta. Afwin, A. A. A., Syaifuddin, M., & Afrilia, D. (2020). Perlindungan Hukum Yang Proporsional Bagi Perusahaan Rintisan (Startup) Dan Konsumen Dalam Sistem Hukum Perdagangan Nasional Berbasis Elektronik Di Indonesia (Doctoral Dissertation, Sriwijaya University). Alma, B. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta. Andika (2016). Analisis website Quality, Trust dan Loyality pelanggan lazada, skripsi sarjana ekonomi Universitas Negri Yogyakarta. Andromeda, K (2015). Analisis pengaruh kepercayaan, kemudahan dan keragaman produk pakaian online terhadap keputusan pembelian secara online (studi kasus pada mahasiswa belanja online FEB Universitas Muhammadiya Surakarta). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta. Aprella Ayu Putri (2016). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN PROSES TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE SHOP ZALORA (Studi Kasus Kelas Reguler Malam Universitas Presiden). Diss. President University. Chauhan., (2020). The Influence of Brand Trust in Mediating Consumer Online Behavior against Buying Interest in Online Stores (Case Study Of Hypermart Online Shop In Indonesia) dinasti Intenational Journal of Digital Bussiness Manajemen. Dwitama Soenawan. A et.al., (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen D’Stupid Bakers Spazio Graha Family Surabaya. Surabaya : Universitas Kristen Petra. Fitri Pradwika. D et.al., 2018. Pengaruh Promosi Kreatif dan Variasi Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Konsumen E-commerce Zalora.co.id (Studi Kasus pada Konsumen di Kota Jakarta). Semarang : Universitas Diponegoro. Foster, B., (2019). The effect of product quality and price on buying interest with risk as intervening variables (study on Lazada. com site users). International Journal of Innovation, Creativity and Change, 9(12), 66-78. Ghozali, Imam. (2014). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: UNDIP. Ghozali. I. (2013) Analisis pengaruh rasio Camel dalam memprediksi financial distress perbankan Indonesia (Doctorial dissertation. Fakultas Ekonomika dan Bisnis). Groover P, Mikel. (2010). Fundamentals of Modern Manufacturing: Materials, Process,and systems 4th Edition. London: John Wiley Sons, Inc Gunawan (2021). Pengaruh presepsi merek dan kepercayaan konsumen terhadap brand switching atas produk smartphone pada mahasiswa UNP. Jurnal manajemen Padang. Humdiana & Indrayani, Evi. (2005). Sistem Informasi Manajemen – Obsesi Mengoptimalkan Informasi dalam Bisnis. Yogyakarta : Graha Ilmu. Indra Nurrahman et.al., 2016. Pengaruh Variasi Produk Terdahap Keputusan Pembelian (Survei pada pembeli smartphone Nokia series X di BEC Bandung). Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia. Jayadi et.al., 2017. Pengaruh Gender Terhadap Perilaku Belanja Tak Terencana (Impulse Buying Behaviour) (Studi Kasus Pelanggan Ritel Modern di Makassar). Makassar : Politeknik Negeri Ujung Pandang. Jogiyanto (2016). Dalam karya buku Muhammad Muslihudin dan Oktafianto. Jufri., (2019). Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Interaksi Layanan, dan Kualitas Usability terhadap Minat Beli. Journal Competency of Business, 2(1), 53-68. Kotler and keller 2012 marketing manajemen 14th edition PT. Indeks kelompok Gramedia, Jakarta. Kotler and Keller. 2016. Marketing Management. Pearson: Prentice hall Kotler, dan Keller (2016), Marketing Management, 14th Edition, Pearson Education Limited. Kotler, Philip. 2001. Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Salemba Empat. Jakarta. Lahindah. L et.al., 2018. The Influence of Product Innovation and Service Quality to Buying Decision and The Impact to Repeat Buying at Progo Road Bandung. Bandung : Institut Teknologi Harapan Bangsa. Laksmitha Widya Astari. N et.al., 2019. Pengaruh Perbedaaan Jenis Kelamin dan Kontrol Diri Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Produk Parfum. Malang : UIN Malang. Lie., (2019). Analysis of Mediation Effect Of Consumer Satisfaction On The Effect Of Service Quality, Price and Consumer Trust On Consumer Loyalty. International Journal of Scientific and Technology Research,8(8), 412-428. Loudon, David L and Albert J. Della Bitta. 2004. Consumer Behavior Concepts and Appications.Third Edition Singapore, MC Graw Hill Inc. Mahindra. R et.al., 2018. Analisis Perbedaan Gender Terhadap Pembelian Impulsif. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta. Maulida Rachmawati, dkk., (2016). Pengaruh Kepercayaan Terhadap Minat Beli Melalui Persepsi Resiko Pada Transaksi Jual Beli Online Melalui Media Sosial. Mukhtar (2015:67). Analisis dalam Gondodiyoto informasi dalam Online shop, Jakarta. Mulyati, Y., & Gesitera, G. (2020). Pengaruh Online Customer Review terhadap Purchase Intention dengan Trust sebagai Intervening pada Toko Online Bukalapak di Kota Padang. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 9(2), 173-194. Mustapa, A., Patricia, D. P., & Leonardo, B.H. (2018). Pengaruh kualitas produk, harga produk, dan keragamaan produk sparepart toyota terhadap minat beli ulang konsumen dengan kepuasaan pelanggan sebagai variabel. Journal of Management Universitas pandanaran 4 (4): 1-17. Nurfajri., (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Informasi dan Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Minat Beli Ulang Belanja Online (Doctoral dissertation,Universitas Muhammadiyah Surakarta). Nurjanah., (2019). Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Layanan, dan Citra Institusi terhadap Minat Beli Ulang Tiket Pesawat. (Studi Pada CV. Karunia Travel Jalan Pangeran Suryanata Samarinda). Nurlaela Anwar, dkk., (2016). Pengaruh Kepercayaan dan Keamanan Konsumen terhadap Minat Beli di situs Online (Studi Kasus pengunjung situs Lazada di Jakarta Timur). Nurul Faroh. W et.al., 2018. Pengaruh Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Bahan Bangunan di Portal Network Six Store Cabang Depok 2018. Tangerang : Universitas Pamulang. P, Kotler. (2000). Manajemen Pemasaran di Indonesia:Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian, (Jakarta : Salemba Empat, 2000), h.37 Monica Vista., (2018). Pengaruh Kepuasan dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen. Pada Toko Kue Yosin Di Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon. Jurnal EBI, 1(2).PT. Sun. Jakarta Purwanto. D et.al., 2018. Pengaruh Gender, Promosi Penjualan, dan Sifat Materalisme Terhadap Perilaku Impulse Buying secara Online (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta). Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta. Rahma Yandi, dkk, (2019). Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Sistem, dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Ulang Pengguna E-commerce Situs Blibli.com dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening pada Masyarakat Kota Padang. Rahmawati. P et.al., 2015. Pengaruh Variasi Produk, Harga, dan Costumer Service Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Roti Breadtalk Yogyakarta. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta. Rangkuti, Freddy.(2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisa Kasus Intergrated Marketing Communication. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Ridwan., (2020). Trust and Quality of Information Affect Buying Interest and Purchasing Decisions (Study on Shopee Customers in Samarinda) International Journal of Ecomomic, Bussiness and Accounting research (IJEBAR),4(01). Rosdiana, dkk, (2019). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Produk Pakaian Secara Online. International Journal of Social Science and Business, 2(3), 169-175. Santika Putra. M et.al., 2018. Pengaruh Gender, Daya Tarik Promosi, Kepemilikan Kartu Kredit Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Online Produk Lifestyle. Bali : Universita Udayana. Shiffman, L,G dan L,L, Kanuk. 2004. Perilaku Konsumen. Cetakan Kedua. Sinaga et.al., 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Showroom IVO Mobil Tritura Medan. Bali : Universitas Udayana. Sinaga, I. W., & Mely, R. (2016). Pengaruh Trustmarks dan Kualitas Layanan terhadap Kepercayaan Pelanggan Online Shop. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 4(1), 21-27. Stephen P. Robbins. (2015). Manajemen : Edisi Kesepuluh, (Jakarta : Penerbit Erlangga, 2015) Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta. Suherman., (2020). Effect of Trust, Satisfaction, Risk Perception, and Quality of Interest to Buy Online Website Using E-commerce System (december 28,2019). Sumarwan,Ujang. (2003). Perilaku Konsumen, teori dan penerapan dalam pemasaran. Jakarta. Ghalia Indonesia. Sunyoto, (2014). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi, dan Kasus). Cetakan ke-1. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service). Tjiptono, F. 2007. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi Ofset Umar, Husein. 2013. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Van Chan, Syahrul Alim (2020). Pengaruh Orientasi Belanja, Kepercayaan Online, Dan Pengalaman Pembelian Online Sebelumnya Terhadap Minat Pembelian Ulang Online Pelanggan Di Tokopedia. Yamawati., (2019). The Influence of Brand Equity on Consumer Interest in Buying Xiaomi Smartphones. Warmadewa Management and Business Journal (WMBJ), 1(2), 60-64. Yunita Dewi, dkk, (2017). Pengaruh Kepercayaan Konsumen, Kemudahan, dan Kualitas Informasi terhadap Keputusan Pembelian secara Online dengan Minat Beli sebagai Variabel Intervening (Studi pada pengguna situs jual beli bukalapak.com). citation: Ilham Aminuddin, Muhammad (2021) Pengaruh Kepercayaan Konsumen dan Kualitas Informasi terhadap Minat Beli pada Situs Jual Beli Online Olx.Co.Id (Mahasiswa Manajemen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Uhamka). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/22670/1/_FEB_MNJ_1602025028_Ilham%20Aminudin.pdf