eprintid: 22609 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/02/26/09 datestamp: 2023-03-29 03:26:57 lastmod: 2023-03-29 03:26:57 status_changed: 2023-03-29 03:26:57 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Hadi, Abdul title: Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image terhadap Purchase Intention pada Market Place Shopee ispublished: pub subjects: HG divisions: Manajemen abstract: Penelitian ini bertujuan untuk apakah adanya Pengaruh Celebrity Endorser, dan Brand Image, terhadp Purchase Intention pada Market Place shope. Dalam penelitian ini menggunakan metode survei yaitu dengan memilih sampel dari populasi responden pada produk di market place shopee di FEB UHAMKA dan ingin diketahui serta dijelaskan pengaruh antara 1 variabel terhadap variabel lain. Adapun variabel yang diteliti terdiri dari Celebrity Endorser, Brand Image, sebagai variabel independen. dan Purchase Intention sebagai variabel dependen Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa manajemen FEB UHAMKA angkatan 2015. Adapun teknik pengambilan sampel dalam penelitain ini menggunakan metode sampel purposive sampling sebanyak 143 responden. Hasil uji statistik t menunjukan bahwa nilai thitung ( variabel X1 yaitu Celebrity Endorser yang diukur berdasarkan thitung (6,163) > ttabel (1,977) dengan nilai signifikan sebesar (0,000) nilai a < 0,05, maka dapat diinterprestasikan bahwa Celebrity Endorser secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Purchase Intention dan H1 diterima, dan nilai thitung variabel X2 yaitu Brand Image yang diukur berdasarkan thitung (6,561) > ttabel (1,977) dengan nilai signifikan sebesar (0,005) nilai a < 0,05, maka dapat diinterprestasikan bahwa Brand Image secara parsial berpengaruh signifikan terhadap variabel Y Purchase Intention dan H2 diterima, sedangkan uji statistik F menunjukan bahwa variabel X1 yaitu Celebrity Endorser, variabel X2 yaitu Brand Image dan variabel Y Purchase Intention Fhitung sebesar 274,915 >F 0.05 (2:100) = tabel sebesar ttabel 2,67 (df = 143-3) atau (140 = 143-3 selain itu, hasil dari nilai sig sebesar 0.000 < 0.05. maka sesuai dengan hipotesis yaitu H3 dan H4 diterima yang berarti X1 Celebrity Endorser, X2 Brand Image berpengaruh secara simultan terhadap Y Purchase Intention date: 2019 date_type: completed full_text_status: public pages: 35 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: A. Shimp Terence. 2013. Periklanan dan Promosi: Aspek Tambahan Komunikasi Terpadu – Jilid 2. Jakarta: Erlangga. Adam dan Hussein, (2017). Impact Of Celebrity Endorsment On Consumer Buying Behavior. Agatha, C., Tumbel, A., & Soepeno, D. (2019). Pengaruh Brand Image dan Electronic Word of Mouth terhadap Minat Beli Konsumen Oriflame di Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7 (1). Alma, Buchori, (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa Alfabeta, Yogyakarta:Andi. Anjum, B., Dhana, S.K., and Nagra, S. (2013). “Impact of Celebrity Endorsed Advertisements on Consumers.” Journal of Marketing and Management Review, Vol. 1, No. 2, pp 22-33 Dharma, K. N. A., & Iskandar, D. (2017). Pengaruh Celebrity Endorser JKT48 terhadap Minat Beli Konsumen Im3 Play (Studi Kasus pada Pengunjung Teater JKT48 Periode 21 Februari 2016). eProceedings of Management, 4 (2). Fandy, Tjiptono. 2015. Strategi Pemasaran Edisi Kedua. (Yogyakarta: Andi) Ferdinand, Augusty. 2014, Metode Penelitian Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang Ghazali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivaries dengan Program IBM SPSS 21 update PLS Regresi. Edisi 7. ISBM: 2088: 0685. Sumatra. Universitas Syiah Kuala. Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Jatmiko, R. (2018). Pengaruh Kredibilitas Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi Terapan, 4 (1), 49-57. Jotopurnomo, S., Laurensia, S., & Semuel, H. (2015). Pengaruh Harga, Brand Image, Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Minat Beli Reservasi Hotel Secara Online. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 3 (1), 341-353. Keller, K. L. (2016). Reflections on customer-based brand equity: perspectives, progress, and priorities. AMS review, 6(1-2), 1-16. Khan, A., & Lodhi, S. (2016). Influence Of Celebrity Endorsement On Consumer Purchase Decision: A Case Of KARACHII. Imperial Journal of Interdisciplinary Research, 2(1), 102-111. Kotler dan Keller, (2013: 27). Manajemen Pemasaran edisi ketigabelas jilid 1 dan 2 dialih bahasakan oleh Bob Sabran, Jakarta: Erlangga. Kotler Philip, Amstrong Gary. 2013. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi ke-12. Penerbit Erlangga Luck, E., & Moffatt, J. (2009). IMC: Has anything really changed? A new perspective on an old definition. Journal of Marketing Communications, 15(5), 311-325. Madiawati, P. N., & Pradana, M. (2016). Celebrity and halal certificates factors influence on customers’ buying interest. Актуальні проблеми економіки, (3), 109-116. Madiawati, P. N., & Pradana, M. (2016). The appeal of celebrity endorsers and halal certificates on customers’ buying interest. Journal of Administrative & Business Studies, 1 (1), 28-34. MinhHa & HungLam, (2017).The Effects of Celebrity Endorsement on Customer’s Attitude toward Brand and Purchase Intention. Muslim, Indah Sulistyorini. 2013. Pengaruh Dimensi Celebrity Endorser Terhadap Citra Merek (Studi Pada Iklan Mie Sedaap Versi Edwin Lau Pada Mahasiswa Ilmu Rumpun Kesehatan Universitas Indonesia). Skripsi. Depok: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Departemen Ilmu Administrasi, Program Sarjana Reguler, Program Studi Ilmu Administrasi Niaga, Universitas Indonesia. Nila dan Mahfudz, (2018). Pengaruh Brand Image, Kualitas, Persepsi Harga dan Variasi Produk terhadap Minat Beli Konsumen. Noverita dan Singgih, (2019). Pengaruh Harga, Citra Merek dan Kualitas terhadap Minat Beli Produk Private Label. Parengkuan, V., Tumbel, A., & Wenas, R. S. (2014). Analisis Pengaruh Brand Image Dan Celebrity Endorsment Terhadap Keputusan Pembelian Produk Shampo Head And Shoulders Di 24 Mart Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(3). Pradana, (2016). Celebrity and Halal Certificates Factors Influence on Customers’ Buying Interest. Pratiwi dan Moeliono, (2015). Pengaruh Celebrity Endorser Maudy Ayunda Terhadap Minat Beli Produk Teh Javana (Studi Pada Masyarakat Di Kota Bandung). Royan, Frans. M. 2014. Marketing Selebrities, Selebritis dalam Iklan dan Strategi Selebritis Memasarkan Diri Sendiri.Jakarta:Elek Media komputindo kelompok Gramedia Setyosari, Punaji. (2016). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan Edisi Keempat. Jakarta: Kencana Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet. Suryani dan Hendrayani. (2016). Riset Kuantitatif: Teori dan Aplikasi Pada Penelitian Bidang Manajemen Dan Ekonomi Islam. Jakarta: Kencana. Susanti, F., & Gunawan, A. C. (2019). Pengaruh Bauran Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Maybelline Di Kota Padang. Wang, Y. H., & Tsai, C. F. (2014). The relationship between brand image and purchase intention: Evidence from award winning mutual funds. The international journal of business and finance research, 8(2), 27-40. Wijayasari, N., & Mahfudz, M. (2018). Pengaruh Brand Image, Kualitas, Persepsi Harga dan Variasi Produk Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada Pembeli Sarung Gajah Duduk di Kabupaten Pekalongan) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis). Wirayanthy, N., & Santoso, S. (2018). Pengaruh Harga, Citra Merek Dan Kualitas Terhadap Minat Beli Produk Private Label. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1 (2), 87-96. Yogyakarta: Universitas Diponegoro https://katadata.co.id/berita/2019/08/23/cetak-penjualan-rp-54-shopee-e-comerce-terpopuler-di-asia-tenggara. https://inet.detik.com/cyberlife/d-3793019/persaingan-e-commerce-indonesia-di-2017-siapa-terpopuler. https://inet.detik.com/cyberlife/d-4706085/fakta-persaingan-tokopedia-bukalapak-shopee-blibli-cs. https://id.techinasia.com/persaingan-ecommerce-indonesia-q3-2019 Schwab, K. (2016). Global_Competitiveness_Report_2015-2016. https://www.jurnal.id/id/blog/menaklukkan-pemasaran-digital-dengan-marketing-4-0/. citation: Hadi, Abdul (2019) Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image terhadap Purchase Intention pada Market Place Shopee. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/22609/1/S02M-21121%20%20abdul%20hadi.pdf