%0 Thesis %9 Bachelor %A Noviardi, Rian %B FEB %D 2020 %F repository:22588 %I Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA %T Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk terhadap Keunggulan Bersaing pada Geprek Bensu Duri Kosambi Jakarta Barat %U http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/22588/ %X Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Probuk terhadap Keunggulan Bersaing. Sumber data penelitian yang digunakan yaitu data primer yang berasal dari sampel berjumlah 109 responden dan data sekunder yang diperoleh melalui buku-buku atau literature yang berkaitan dengan penelitian ini. Teknik pengolahan analisis data yang digunakan adalah analisis linier berganda, uji asumsi klasik, analisis koefisien korelasi, analisis koerfisien determinasi dan uji hipotesis.Kemudian data diproses menggunakan analisis regresi linier berganda dengan diolah menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian dengan taraf signifikansi 5% menemukan bahwa: (1) Orientasi Pasar berpengaruh positif terhadap Keunggulan Bersaing, (2) Inovasi produk berpengaruh positif terhadap Keunggulan Bersaing, dan (3) Orientasi Pasar dan Inovasi Produk secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keunggulan Bersaing. Berdasarkan analisis regresi berganda didapatkan hasil Ŷ = 2,938 + 0,471 X1 + 0,458 X2 + e, hasil uji t menunjukan tingkat signifikan 0,025 < 0,05, maka terima H₁ dengan nilai T hitung 5,693> T tabel 1,982 untuk Orientasi Pasar, Untuk Inovasi Produk didapatkan hasil uji dengan tingkat signifikan 0,000<0,05, maka terima H₂ dengan nilai T hitung 6.962 > T tabel 1,982. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh signifikan antara variabel Orientasi Pasar, Inovasi Produk terhadap Keunggulan Bersaing. Sedangkan hasil koefisien determinasi (R²) menunjukan angka Adjusted R square 0,541 atau sebesar 54,1 ,% dan sisanya 45,9% dijelaskan oleh variabel lain diluar variabel yang digunakan dalam penelitian.