eprintid: 22575 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/02/25/75 datestamp: 2023-03-28 07:37:48 lastmod: 2023-03-28 07:37:48 status_changed: 2023-03-28 07:37:48 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rifqi Zuhdi, Muhammad title: Pengaruh Segmentasi, Targeting dan Positioning terhadap Keputusan Pembelian Produk Alat Medis PT Era Surya Persada ispublished: pub subjects: HG divisions: Manajemen abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh segmentasi pasar, targeting, dan positioning terhadap keputusan pembelian peralatan medis di PT Era Surya Persada. Data saya ambil dengan menggunakan kuesioner dari 28 responden masyarakat Jakarta Timur yang sudah pernah menggunakan PT Era Surya Persada. Data diolah menggunakan analisa regresi menggunakan IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian menemukan bahwa segmentasi pasar, targeting, dan positioning pengaruhi positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, hal ini dapat dilihat dari hasil penilailan perhitungan terbesar 80,800 lebih besar dari nilai ftabel (n=98, 4) 3,80 atau80,800 > 4,80 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,15, yang artinya variabel segmentasi pasar, targeting, dan positioning secara bersama-sama atau simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian juga mengindikasikan keputusan pembelian dapat ditingkatkan dengan cara meningkatkan segmentasi pasar dan targeting dan juga dalam bahwa hasil meneliti untuk mengetahui peralatan alat medis dan penjualan bagaimana dalam suatu penelitian saya. date: 2021 date_type: completed full_text_status: public pages: 33 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: 1, Daftar Buku Dessler, Gary. (2008), Manajemen Sumber Daya Manusia, Terj. Edisi Kesepuluh jilid 1, Jakarta : Penerbit PT. Macanan Jaya Cemerlang, Indriantoro. N dan B. Supomo (1999), Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi & Manajemen, Edisi Pertama Cetakan Pertama, Yogyakarta: BPFE. Kasma, Juan (2012), Standard Operating Procedure(SOP) Perpajakan Perusahaan Jasa, Bandung : Alfabeta. Kasmir (2004), Pemasaran Bank, Jakarta: Prenada Media Kim, S., & Stoel, L. (2004)satisfaction. Journal of Retailing and Consumer Services, 11(2), 109-117. Kotler, Phillip., Ketler, Kevin Lane., (2009) Manajemen Pemasaran, Edisi 13 jilid 2, Jakarta: Erlangga. Kristanto,Heru. 2009. Kewirausahaan. Yogyakarta : Graha Ilmu Moleong, J Lexy. (2009), Metodologi Penelitian Kuallitatif, Bandung: Remaja Rosdakaya Mondy, R. Wayne (2008), Manajemen Sumber Daya Manusia, Terj. Edisi Kesepuluh jilid 1, Penerbit Erlangga, Jakarta. Rasto (2015), Manajemen Perkantoran Paradigma Baru, Penerbit Alfabeta Bandung. Purwanto , Agus (2002), ADPU4341-Teori-Organisasi, Jakarta. Rangkuti, Freddy. (1997), Analisis SWOT:Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Santoso, Singgih (2000), Panduan SPSS, Jakarta : Elekmedia Computindo Siti Asiah T (2017), Dasar Ilmu Manajemen, Penerbit Mahameru Cetakan Pertama, Yogyakarta. Sugiyono (2017), Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta Swastha,Basu (1987), Manajemen Penjualan, Yogyakarta: BPFE Suprayanto,dan Rosad (2015), Manajemen Pemasaran, Bogor : IN MEDIA. Setiadi, Nugroho J. (2005), Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi Untuk Strategi Dan Penelitian Pemasaran, Jakarta : Prenada Media Tambunan, Rudi M (2008), Pedoman teknis penyusunan standard perating procedures (SOP), Jakarta : Maiestas Publishing. Tjiptono, Pandy. 2005. Pemasaran Jasa. Malang: Bayu Media Publishing Wilujeng Sri (2007), Pengantar Manajemen, Penerbit Graha Ilmu,Yogyakarta. Winardi (2003), Entrepreneur Dan Enterpreneurship 2020, Jakarta. Zaki Baridwan (1984), Sistem Akuntansi Penyusunan Prosedur Dan Metode, Edisi 2 Cetakan Keenam, Yogyakarta : Akademi Akuntansi YKPN. 2. Jurnal, Artikel dan Internet Anggun I goen (16 Desember 2013), Monitoring & Evaluating, diunduh tanggal April 2020, https://goenable.wordpress.com/tag/tujuan-monitoring/ Anjelisa, Lisbeth Mananeke dan Mirah Rogl (September 2018), “ANALISIS PENGARUH STRATEGI SEGMENTASI, TARGETING DAN POSITIONING (STP) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BP-SMART PROTECTION DI AJB https://ejournal.unsrat.ac.id/ index.php/ emba/ article/ download/21970/21671 Barantum Indonesia (16 Januari 2020), Prospek Alat Bisnis Kesehatan Indonesia cukup potensial, disektor pemerintah saja nilainya Rp. 132,2 Trilyun, diunduh tanggal 4 Agustus 2020, https://medium.com/barantum/ prospek- bisnis - alat- kesehatan- Indonesia - cukup- potensial- disektor-pemerintah-saja-nilainyarp132- 2-1903ec35d5d9 Budiarto, Teguh (1997), Pengertian Segmentasi, Targeting dan Positioning Marketing, diunduh tanggal 23 Agustus 2020, https://www.taupasar.com/2020/04/pengertian-segmentasi- targeting-dan Html Deni Irfayanti dan Ety Saraswati (Agustus 2020), Analisis Strategi Segmenting, Targeting dan Positioning Pengaruhnya Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Produk Hijab Merek Azara, Volume 3 Nomor 1, Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis. Debby Tania dan Diah Dharmayanti, S.E., M.Si. (2014), Market Segmentation, Targeting dan Brand Positioning dari Winston Premier Surabaya, Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol. 2, No. 1, 1-7 Fitri Rasyidin (Mei 2017), Analisis Segmentasi, Targeting dan Positioning(STP) terhadap peningkatan volume penjualan pada rumah Griya Mulya Asri di Kota Makassar, Jurnal Riset Edisi XVI UNIBOS Makassar. Hadyan Reza (07 Agustus 2020), Peluang besar di Alkes, diunduh tanggal 10 Agustus 2020, https://koran.bisnis.com/read/20200807/454/1276012/alat-kesehatanpeluang- besar-di-alkes Hadyan Reza (08 Agustus 2020), Industri Alkes Dalam Negeri, Permintaan Tinggi Tetapi Pasokan Masih Kurang,, diunduh tanggal 8 September 2020 https://ekonomi.bisnis.com/read/20200808/257/1276466 /industri-alkesdalam- negeri-permintaan-tinggi-tetapi-pasokan-masih-kurang Hari Wijaya & Hani Sirine (September 2016), STRATEGI SEGMENTING, TARGETING, POSITIONING SERTA STRATEGI HARGA PADA PERUSAHAAN KECAP BLEKOK DI CILACAP. AJIE – Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship (e-ISSN: 2477-0574; p-ISSN: 2477-3824) Vol. 01, No. 03. Iis Indriyarti D. Kiwang, Apriana H.J Fanggidae dan Rolland E. Fanggidae (2019), Pengaruh Segmentasi dan Positioning terhadap Keputusan Pembelian wisatawan pada Rumah Makan Wong Solo di Kupang. JOURNAL OF MANAGEMENT (SME’s) Vol. 8, No.1, 2019, p99-116 Jon Predianto Sihotang (Pebruari 2017), Analisis Strategi Segmenting, Targeting dan positioning Pada Perusahaan Asuransi PT. (Persero) Jiwasraya, Pekanbaru , diunduh tanggal 25 Agustus 2016 https:// media.neliti.com/media/publications/ 129002- ID- analisisstrategi- segmenting-targeting-d.pdf Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (2019), ECatalogue Cara belanja tetap cara cepat, diunduh 30 Maret 2020, https://ekatalog.lkpp.go.id/id/katalog/produk/alatkesehatan/ 24?first=true Mayliana dan Febriansyah (2014), ANALISIS PENGARUH POSITIONING, DIFERENSIASI DAN EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK KUKU BIMA ENER-G (STUDI PADA PEMBELIAN PADA PRODUK KUKU BIMA ENER-G (STUDI PADA PELANGGAN TOKO H. ABAS KELURAHAN SEMANAN, KECAMATAN KALIDERES), Seminar Nasional dan Call for Paper (Sancall 2014): RESEARCH METHODS AND ORGANIZATIONAL STUDIES ISBN: 978-602-70429-1-9 Hlm. 109-119 Medicalogy Team, Mengenal Hakikat Alat Medis dan Alat Kesehatan, diunduh Tanggal 7 Agustus 2020, https:// www.medicalogy.com/blog/ mengenal-hakikat-alat- medisdan- alat-kesehatan/ Ni Putu Ayu Yulia Dewi, Made Antara, I Ketut Antara (Oktober 2017), Strategi Segmenting, Targeting dan Positioning Pemasaran Beras Merah Organik Jatiluwih Bali di Provinsi Bali, E-Jurnal Agribisnis dan Agrowisata ISSN: 2301-6523 Vol. 6, No. 4, Nindy Arahmah Setyowati (Oktober 2017), The STP Process, diunduh Agustus 2020, https:// www.dictio.id/t/apa-yang-dimaksuddengan- pemasaran -segmenting-targeting-positioning-stp/13248 Pangestu, Jessica, AA. (2016), Analisis Pengaruh Strategi Positioning terhadap Keputusan Pembelian Produk Herbal Nutrend. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen. Vol 4. No 2. Hal. 201- 2018. Purnamasari, Yuni (3 Juli 2017), ANALISIS STRATEGI SEGMENTASI, TARGET DAN POSISI DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN BAJU MUSLIM DITINJAU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada Di Kabupaten Tulungagung), diunduh tanggal 1 Agustus 2020, http://repo.iain-tulungagung.ac.id/6839/ Peraturan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (8 Juni nomor 9 tahun 2018 tentang Pedoman Pelaksanaan 2018) Pengadaan Barang/Jasa melalui Penyedia, diunduh 29 Maret 2020, http://www.lkpp.go.id/v3/ Rachmayanti, Nina S.Sos., MM (12 Juli 2012), Teori STP (Segmentasi, Target, Posisi) diunduh tanggal 11 Agustus 2020, http://dunia pemasaranglobal.blogspot.com/p/teori-teori-pemasaran.html Roni Mauliansyah (Nov 2017), Pengaruh Positioning terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda di Kota Langsa. JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN, VOL.6, NO.2 Sudarmadi ( Oktober 2010), Meningkatkan Daya Saing Alat Kesehatan Indonesia, diunduh tanggal 4 Agustus 2020 http:// elektromedik. blogspot.com/ 2010/ 10/ meningkatkan-dayasaing- alat-kesehatan.html Wijaya, H., dan Sirine, H. (2016). Strategi segmenting, Targeting, Positioning serta Strategi Harga pada Perusahaan Kecap Blekok di Cilacap. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship. (e-ISSN: 2477- 0574 ; p-ISSN: 2477-3824) Volume 01, Nomor 03. September 2016. Diunduh tanggal 24 Agustus 2020. http://jurnal.uii.ac.id/ajie/article/download/6996/6150 Yuliana, Rahmi. (2013), Analisis Strategi Pemasaran pada Produk Sepeda Motor Matik Berupa Segmentasi, Targeting, dan Positioning serta Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Semarang. Jurnal STIE Semarang. Vol 5. No 2. Hal. 79-9. Diunduh tanggal 23 Agustus 2020. https://core.ac.uk/download/pdf/148612530.pdf (Mauludin, 2001:38) http://journal.stia-aan.ac.id/index.php/PRDM/article/view/65 (Tjiptono, 2004:61). http://eprints.uty.ac.id/7376/ (Riki, Darwis (2017) ………...,(2 April 2020), Bea Cukai permudah impor alat kesehatan, tak perlu izin edar, diunduh tanggal 27 Oktober 2020 https:/m-antaranews-com.cdn. ampproject.org/v/s/m.antaranews.com/ amp/berita/1398182/bea-cukai- permudah-impor- alat-kesehatan-takperlu- lagi-izin-edar……………,(25 Maret 2020), Kemendag Terbitkan Aturan Permudah Izin Impor Alat Kesehatan, diunduh tanggal 27 Oktober 2020, https://www.suara.com/ news/2020/03/25/112912/ kemendag-terbitkan-aturanpermudah- izin-impor-alat-kesehatan Kuesioner Penelitian Pengaruh Segmentasi,Targeting dan Positioning Terhadap Keputusan Pembelian Produk Alat Medis PT Era SURYA persada https://docs.google.com/forms/d/1k93Qsvb9VWGuAPHMTy0tqg0w0tdzJuu7qcIW dK81fKE/edit#responseshttps://docs.google.com/forms/d/1k93Qsvb9VWGuAPHM Ty0tqg0w0tdzJuu7qcIWdK81fKE/edit#responses citation: Rifqi Zuhdi, Muhammad (2021) Pengaruh Segmentasi, Targeting dan Positioning terhadap Keputusan Pembelian Produk Alat Medis PT Era Surya Persada. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/22575/1/S02M-21091%20Muhammad%20Rifqi%20zuhdi.pdf