eprintid: 22566 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/02/25/66 datestamp: 2023-03-28 06:37:24 lastmod: 2023-03-28 06:37:24 status_changed: 2023-03-28 06:37:24 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Azmi Zabir, Ghibran title: Pengaruh Word Of Mouth dan Viral Marketing terhadap Minat Beli Melalui Online Shopee (Studi Kasus pada Karyawan di Badan Pengelola Keuangan Haji) ispublished: pub subjects: HG divisions: Manajemen abstract: Penelitian ini bertujuan unuk mengetahui Pengaruh Word Of Mouth, Viral Marketing terhadap Minat Beli Karyawan Melalui Online Shopee Di Badan Pengelola Keuangan Haji. Dalam penelitian ini digunakan metode survei, dengan variabel yang diteliti yaitu Word Of Mouth dan Viral Marketing sebagai variabel independen dan Minat Beli sebagai variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan Di Badan Pengelola Keuangan Haji Jakarta sebanyak 176 Karyawan. Dan sampel pada penelitian ini berjumlah 123 karyawan, dengan tekinik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data mengunakan kueisioner. Dan teknik pengolahan dan teknik analisis data meliputi Uji Kualitas Data (Uji Validitas dan Uji Reliabilitas), Analisis Regresi Linier Berganda (Model Regresi Linier Berganda, Uji Asumsi Klasik,), Analisis Koefisien Korelasi, Analisis Koefisien Determinasi, dan Uji Hipotesis (Uji t, Uji F). Model regresi liner berganda yang diperoleh yaitu Ŷ = 3,593 + 0,612X1+0,231X2. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa residual berdistribusi normal, tidak terjadi multikolonieritas, tidak terjadi heteroskedastisitas, dan tidak terjadi autokorelasi sehingga model regresi dengan metode kuadrat terkecil (Ordinary Least Square) merupakan BLUE (Best Linier Unbiased Estimator). Hasil analisis koefisien korelasi berganda menunjukkan bahwa Word of Mouth dan Viral Marketing terhadap Minat Beli sebesar 0.682, dengan signifikansi sebesar 0.000 < 0.05, berarti terdapat hubungan kuat dan signifikan. Hasil analisis koefisien korelasi parsial antara Word of Mouth dan Minat Beli sebesar 0,666, dengan signifikansi sebesar 0.000 < 0.05, berarti terdapat hubungan positif, kuat, dan signifikan. Hasil analisis koefisien korelasi parsial antara Viral Marketing dan Minat Beli sebesar 0.556, dengan signifikansi sebesar 0.000 < 0.05, berarti terdapat hubungan positif, kuat, dan signifikan. Hasil analisis koefisien determinasi menunjukkan Adjusted adalah 0.457, sehingga 45,7% variasi Minat Beli dapat dijelaskan oleh kedua variabel independen yaitu Word of Mouth dan Viral Marketing, sedangkan sisanya (100% - 45,7% = 54,3%) dijelaskan oleh sebab-sebab yang lain di luar model. Hasil uji statistik t menunjukkan bahwa nilai thitung Word of Mouth sebesar 5,940 ttabel 1.97993 dan nilai signifikansi Word of Mouth 0.000 0.05, sehingga Word of Mouth secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli. Nilai thitung Viral Marketing sebesar 2,246 ttabel 1,97993 dan nilai signifikansi Viral Marketing 0.027 0.05, sehingga Viral Marketing berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli. Hasil uji statistik F menunjukkan bahwa nilai F hitung 52,307 F tabel. 3.07 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 0,05, sehingga Word of Mouth dan Viral Marketing secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh baik Word of Mouth maupun Viral Marketing berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli Karyawan melalui online shopee di Badan Pengelola Keuangan Haji, sehingga perlu lebih ditingkatkan penerapan metode pemasaran tersebut agar lebih banyak lagi minat konsumen terhadap online shopee. date: 2021 date_type: completed full_text_status: public pages: 45 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Aditya, U. N., & Waluyo, M. (2020). ANALISIS HUBUNGAN FAKTORFAKTOR ELECTRONIC WORD OF MOUTH DALAM PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN MITSUBISHI XPANDER. JUMINTEN, 1(2), 81-92. Ahmadinejad, B. (2019). The impact of customer satisfaction on word of mouth marketing (Case study: Bamilo online store). SCIREA Journal of Management, 3(2), 40-52. Alghizzawi, M. (2019). A survey of the role of social media platforms in viral marketing: The influence of eWOM. International Journal of Information Technology, 3(2), 54-60. Dachyar, M and Banjarnahor, Liska.(2017). Factors influencing purchase intention towardsconsumer-to-consumer e-commerce. Intangible Capital Vol 13 No 5 Hal 163-175 Engel, J.F, R.D. Blackwell dan P.W. Miniard (2011) Perilaku Konsumen. Bina Rupa Aksara, Jakarta. Fard, M. H., & Marvi, R. (2019). Viral marketing and purchase intentions of mobile applications users. International Journal of Emerging Markets. Finanda, I. R., & Wiwaha, A. (2018). Pengaruh word of mouth dan brand image terhadap keputusan penggunaan salon kecantikan pada konsumen Miloff Beauty Bar. E-Journal Widya Ekonomika, 1(2), 134-140. Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 2, edisi 8. Semarang: Badn Penerbit Universitas Diponogoro Hatta, M. (2020). Pengaruh Viral marketing Dan Word Of Mouth Terhadap Brand Image Aisan games 2018. Equator Journal of Management and Entrepreneurship (EJME), 8(2). Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo (2011), Metodologi Penelitian Bisnis. Untuk Akuntansi Dan Manajemen”, Edisi Pertama. BPFE, Pramono, AG.Suyono, Kotler, Philip dan Amstrong (2012) Prinsip-prinsip Pemasaran, Jakarta: Erlangga. Kotller Philip dan Kevin Lane Keller (2012) Manajemen Pemasaran, Erlangga, Jakarta. Hal 60 Krishna, A., & Kim, S. (2020). Exploring customers’ situational and word-ofmouth motivations in corporate misconduct. Public Relations Review, 46(2), 101892. Kurnia, T., & Wijaksana, T. I. (2020). Pengaruh Viral Marketing Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Compass Melalui Media Sosial Instagram. eProceedings of Management, 7(3). Kurniawati, N. I. (2020, July). Analisis pengaruh word of mouth dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk kosmetik makeover kota semarang. In Forum Ekonomi (Vol. 22, No. 2, pp. 286-295). Penelitian Kaloka et al. (2016) dengan judul Pengaruh Viral Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Melalui Kepercayaan Konsumen pada Instagram (Effect of Viral Marketing Against Customer Buying Interest Through Customer Trust in Instagram @MAKANANJEMBER). Jurnal Ilmiah Pham, Ly Thi Minh (2016) The Impact Of Electronic World-Of-Mouth (Ewom) To The Purchase Intention For Cosmetic Products Of Online Customers: An Investigation In Vietnam International Days of Statistics and Economics, Volume 8, Number 3 Prague Hal 205-211 Pratiwi, Y. R., & Lubis, E. E. (2017). Pengaruh Word of Mouth Communication Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Boardgame Lounge Smart Cafe Pekanbaru (Doctoral dissertation, Riau University). Priyatno, Duwi (2012) Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian dengan SPSS dan Tanya Jawab. Gaya Media, Yogyakarta Priyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Sidoarjo: Zifatama Publishing Putri, Finta Cahya., Srikandi Kumadji., Sunarti (2016 ) Pengaruh Word of mouth Terhadap Minat Beli Dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei pada konsumen Legipait Coffeeshop Malang) Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 34 No. 1 Hal 23-37 Putri, N. K., & Ernawaty, E. (2019). Viral marketing content for Universal Health Coverage campaign in Indonesia. International Journal of Pharmaceutical and Healthcare Marketing. Rakhmawati, Antin., Muhammad Nizar., Kholid Murtadlo (2019) Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WWOM) dan Viral Marketing Terhadap Minat Berkunjung dan Keputusan Berkunjung Studi Pada Konsumen Cafe Bernuansa Outdoor Di Kota Malang, Jurnal Sketsa Bisnis Vol 6 No 1 (2019) Hal 211-219 Rizki, R. S., & Nurani, N. (2019). Word of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung di Tahura Ir. H. Djuanda. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 12(1), 43- 49. Sakalli, Hanaa El Bayed (2018) Online purchase intention: Purchase orientations and expected benefits, International Journal of Scientific and Research Publications, Volume 8, Issue 5, Hal 23-356 Sari, N., Saputra, M., & Husein, J. (2017). Pengaruh electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian pada toko online Bukalapak. com. Jurnal Manajemen Magister Darmajaya, 3(01), 96-106. Sawaftah, D., Calıcıoglu, C., & Awadallah, R. (2020). The relationship between viral marketing and consumer purchase intention, the moderator role of brand image and age: Evidence from smartphone users in North Cyprus. Management Science Letters, 10(6), 1307-1320. Sekaran, Uma. 2015. Metodologi Penelitian untuk Bisnis (Research Methods for Business). Jakrta: Salemba Empat Sharma, R. R., & Kaur, B. (2020). E-mail viral marketing: modeling the determinants of creation of “viral infection”. Management Decision. Sidik, M. Hafid Saeful., eptiana A Estri Mahani., Dede R Oktini, (2017 ) Pengaruh Word of mouth terhadap Minat Beli (Survey pada Pelanggan Toko Kain Rzi Cigondewah) Jurnal Ilmiah Hal 1-14 Sitepu, E. N., & Wibowo, S. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Viral Marketing Di Instagram Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Ke Kota Bandung (sebuah Studi Tentang Kunjungan Wisatawan Ke Kota Bandung Tahun 2020). eProceedings of Applied Science, 6(2). Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta Taufiq,M Pengaruh word of mouth dan viral marketing terhadap minat beli online shopee(studi kasus mahasiswa fakultas ekonomi unmuha Aceh) Journal Ilmiah, 2020) Tim Penyusun. (2014). Pedoman Penyusunan Skripsi. Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Tjiptono Fandy (2015) Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Andi. Trijayanti (2012). Effect Of Personal Value Toward E-Shopping Behavior Through Attitude Toward E-Shopping Attributes, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen Vol 2 No 4 Hal 123-145 Turban, Efraim et al. (2012). Electronic Commerce 2012: Managerial and Social Networks Perspectives, 7/e. New Jersey: Pearson Education Expert Wilson, R. F. (2012). The six simple principles of viral marketing.Web Marketing Today, Vol 70,Hal 1-3 Umar, Husein. 2014. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Edisi-2. Cetakan ke-13. Jakarta : Rajawali Pers Winarsunu, T, (2012), Statistik dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan, Edisi Revisi, UMM Press, Malang Yani, Restiani Widjaja., Ruth Alexandra (2019) The Impact Of Viral Marketing On Consumer Interest On Indihome Product e-Jurnal Apresiasi Ekonomi Volume 7, Nomor 1 Hal 1-1 citation: Azmi Zabir, Ghibran (2021) Pengaruh Word Of Mouth dan Viral Marketing terhadap Minat Beli Melalui Online Shopee (Studi Kasus pada Karyawan di Badan Pengelola Keuangan Haji). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/22566/1/S02M-21083%20Ghibran%20Azmi%20Zabir.pdf