eprintid: 22545 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/02/25/45 datestamp: 2023-03-28 03:14:03 lastmod: 2023-03-28 03:14:03 status_changed: 2023-03-28 03:14:03 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Yulia Suparta, Dinda title: Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Persepsi Manfaat terhadap Sikap Penggunaan pada Pembayaran Digital ispublished: pub subjects: HG divisions: Manajemen abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi manfaat terhadap sikap penggunaan pada pembayaran digital, yaitu OVO dan Go-pay. Variabel yang diteliti adalah “Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat” sebagai objek peubah dan “Sikap Penggunaan pada Pembayaran Digital oleh OVO dan Go-Pay” sebagai objek pengamatan. Data primer dikumpulkan melalui penyebaran online pada Google Form yang disebarkan kepada Mahasiswa – Mahasiswi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA tahun angkatan 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi manfaat terhadap sikap penggunaan pada pembayaran digital. Populasi yang digunakan sebanyak 312 individu yang terdaftar sebagai mahasiswa – mahasiswi jurusan manajemen tahun angkatan 2017 di Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Terdapat 105 sampel yang memenuhi kriteria penelitian ini. Teknik pengolahan dan analisis data meliputi uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, uji hipotesis, analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi dan koefisien korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel persepsi kemudahan penggunaan tidak berpengaruh terhadap sikap penggunaan pada pembayaran digital dan secara parsial variabel persepsi manfaat berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap penggunaan pada pembayaran digital. Untuk uji simultan menunjukkan bahwa variabel persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi manfaat berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap penggunaan pada pembayaran digital. Hasil koefisien determinasi pada penelitian ini menyatakan variabel persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi manfaat berpengaruh terhadap sikap penggunaan pada pembayaran digital sebanyak 56,8%, sedangkan 43,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Oleh sebab itu, disarankan kepada pengguna khususnya tiap individu yang menggunakan OVO dan Go-Pay sebagai transaksi pembayaran digital dapat melihat kemanfaatan dari penggunaan produk OVO dan Go-Pay juga harus ditingkatkan, semakin bermanfaat dan efektif penggunaan produk OVO dan Go-Pay maka sikap yang akan dikeluarkan oleh para pengguna OVO dan Go-Pay akan lebih positif kedepannya serta memicu penggunaan yang lebih banyak dari sebelumnnya. date: 2021 date_type: completed full_text_status: public pages: 35 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abdullah. (2016). Investigating the influence of the most commonly used external variables of TAM on students’ Perceived Ease of Use (PEOU) and Perceived Usefulness (PU) of e-portfolios. Computers in Human Behavior, 75-87. Adiningsih. (2019). Transformasi Ekonomi Berbasis Digital di Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. Aida, N. R. (2020, January 28). Rekap Perkembangan Virus Corona Wuhan dari Waktu ke Waktu. Dipetik June 24, 2020, dari Kompas.com: https://www.kompas.com/tren/read/2020/01/28/054600665/rekap-perkembangan-virus-corona-wuhan-dari-waktu-ke-waktu?page=all Anggraeni. (2015). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Kegunaan terhadap Niat untuk penggunaan. FEB Universitas Brawijaya Malang, 44. Ansofino. (2016). Buku Ajar Ekonometrika. Arief Zuliyanto Susilo, d. (2019). A Comparative Study of Factors Affecting User Acceptance of GO-PAY and OVO As a Feature of Fintech Application. 876-844. Ashraf. (2016). The Connection and Disconnection between e-commerce business and their customers: Exploring the role of engagement, perceived usefulness, perceived ease of use . 2-44. Dadang. (2019). Minat Masyarakat Bertransaksi Menggunakan Financial Technology di Kota Tanggerang. Simposium Nasional Multidisiplin, e-ISSN: 2714-5603. Dastan. (2016). Factors Affecting the Adoption of Mobile Payment Systems: An Empirical Analysis. 17-22. Devita. (2019, Agustus 12). Siapa Aplikasi E-wallet dengan Pengguna Terbanyak di Indonesia? Dipetik Juli 01, 2020, dari iPrice: https://iprice.co.id/trend/insights/e-wallet-terbaik-di-indonesia/ Djalante. (2020). Review and analysis of current responses to COVID-19 in Indonesia. 4-5. Gundlapalli. (2018). Precisions Healthcare through Informatics. Amsterdam: IOS Press BV . Hadi. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif untuk Akuntansi dan Keuangan. Yogyakarta: Ekonisia. Hansen. (2017). Risk, Trust, and the Interactions of Perceived Ease of Use and Behavioral Control in Predicitng Consumers Use of Social Media for Transactions. 1-21. Hatmawan. (2020). Dalam Metode Riset Penelitian Kuantitatif : Penelitian di bidang Manajemen, Teknik. Pendidikan dan Eksperimen (hal. 214). Sleman: Deepublish. Hatmawan. (2020). Dalam Metode Riset Penelitian Kuantitatif : Penelitian di bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen (hal. 141-143). Sleman: Deepublish. Huang. (2011). A ubiquitous English vocabulary learning system: Evidence of active/passive attitudes vs. usefulness/ease of use. 278-281. Indonesia, B. (t.thn.). Statistik Sistem Pembayaran. Dipetik Juli 01, 2020, dari Jumlah Uang Elektronik Beredar: https://www.bi.go.id/id/statistik/sistem-pembayaran/uang-elektronik/contents/jumlah%20uang%20elektronik.aspx Iviane Ramos de Lunaa, F. L.-C. (2018). Mobile payment is not all the same: The adoption of mobile payment systems depending on the technology applied. Technological Forecasting & Social Change, 1-14. Izuagbe. (2019). Effect of perceived ease of use on librarians’ e-skills: Basis for Library technology acceptance intention. 5-6. Kasilingam. (2020). Understanding the Attitude and Intention to Use Smartphone Chatbots for Shopping. 1-33. Kock, J. (2014). The Technology Acceptance Model (TAM), An Overwiew. German National Library. Lee, J. Y. (2010). Bussiness Strategic Conflict In Computer-Mediated Communication. European Journal Of Information Systems, Vol. 19, No. 2, 196-208. McLean. (2020). Examining consumer attitudes towards retailers' m-commerce Purwoto, A. (2007). Panduan Laboratorium Statistik Inferensial. Jakarta: Grasindo (Gramedia Widiasarana Indonesia). Rachmatunnisa. (2019, Agustus 15). 10 Fakta Persaingan GoPay, Ovo, LinkAja, dan Dana cs. Dipetik Juli 01, 2020, dari detikinet: https://inet.detik.com/business/d-4666061/10-fakta-persaingan-gopay-ovo-linkaja-dan-dana-cs Ramos. (2018). Mobile payment is not all the same: The adoption of mobile payment. Technological Forecasting & Social Change, 1-14. Ramos. (2018). Mobile payment is not all the same: The adoption of mobile payment systems depending on the technology applied. Technological Forecasting & Social Change, 1-14. Renny. (2013). Perceived Usefulness, Ease of Use, and Attitude Towards Online Shopping Usefulness Towards Online Airlines Ticket Purchase. 212-216. Riskinanto. (2017). The Moderation Effect of Age on Adopting E -Payment Technology. 536-543. Rumondang. (2019). Fintech: Inovasi Sistem Keuangan di Era Digital. Yayasan Kita Menulis. Sidharta. (2014). Pengukuran persepsi manfaat dan persesi kemudhan terhadap sikap serta dampaknya atas penggunaan ulang online shopping pada e-commerce. 92-100. Simanjuntak. (2011). PENGEMBANGAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM). TELEMATIKA Vol. 8, No. 1, 25. Sinaga. (2019). Analisis Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Risiko, Persepsi Kredibilitas, Sikap, dan Norma Subjektif terhadap Minat Menggunakan Layanan Mobile Payment LinkAja di Kota Semarang. VI-VII. Sitinjak, T. (2004). Model Matriks Konsumen Untuk Menciptakan Superior Customer Value. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama . Sugiarto, D. S. (2006). Metode Statistika Untuk Bisnis dan Ekonomi. Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Suki. (2011). Exploring the Relationship between Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Perceived Enjoyment, Attitude, and Subscribers Intention Toward Using 3G Mobile Services. 1-6. Sun. (2018). Mediatinng Effect of Attitudes, Subjective Norms, and Perceived Behavioural Control for Mobile Payment-Based Hotel Reservations. 4-7. Susilo. (2019). A Comparative Study of Factors Affecting User Acceptance of Go-Pay and OVO As a Feature of Fintech Application. 4. Tural. (2020). Factors predicting older Adults’ attitudes toward and intentions to use stair mobility assistive designs at home. Preventive Medicine Reports, 1-8. Walpole. (2015). Pengantar Statistika. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. Wasiaturahmah. (2019). Fintech dan Prospek Bisnis Koperasi Syariah . Surabaya: Scopindo Media Pustaka. Wasiaturrahmah. (2019). Fintech dan Prospek Bisnis Koperasi Syariah . Surabaya : Scopindo Media Pustaka. Wibowo, S. F. (2015). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Fitur Layanan dan Kepercayaan terhadap Minat Menggunakan E-Money Card. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, Vol. 6, No. 1. Yoon. (2020). Do-It-Yourself Laboratories and Attitude Toward Use: The effect of Self Efficacy and Percepsion of The Security and Privacy. 1-9. citation: Yulia Suparta, Dinda (2021) Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Persepsi Manfaat terhadap Sikap Penggunaan pada Pembayaran Digital. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/22545/1/S02M-21062%20Dinda%20Yulia%20Suparta.pdf