@phdthesis{repository22545, school = {Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA}, year = {2021}, title = {Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Persepsi Manfaat terhadap Sikap Penggunaan pada Pembayaran Digital}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi manfaat terhadap sikap penggunaan pada pembayaran digital, yaitu OVO dan Go-pay. Variabel yang diteliti adalah "Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat" sebagai objek peubah dan "Sikap Penggunaan pada Pembayaran Digital oleh OVO dan Go-Pay" sebagai objek pengamatan. Data primer dikumpulkan melalui penyebaran online pada Google Form yang disebarkan kepada Mahasiswa - Mahasiswi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA tahun angkatan 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi manfaat terhadap sikap penggunaan pada pembayaran digital. Populasi yang digunakan sebanyak 312 individu yang terdaftar sebagai mahasiswa - mahasiswi jurusan manajemen tahun angkatan 2017 di Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Terdapat 105 sampel yang memenuhi kriteria penelitian ini. Teknik pengolahan dan analisis data meliputi uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, uji hipotesis, analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi dan koefisien korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel persepsi kemudahan penggunaan tidak berpengaruh terhadap sikap penggunaan pada pembayaran digital dan secara parsial variabel persepsi manfaat berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap penggunaan pada pembayaran digital. Untuk uji simultan menunjukkan bahwa variabel persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi manfaat berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap penggunaan pada pembayaran digital. Hasil koefisien determinasi pada penelitian ini menyatakan variabel persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi manfaat berpengaruh terhadap sikap penggunaan pada pembayaran digital sebanyak 56,8\%, sedangkan 43,2\% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Oleh sebab itu, disarankan kepada pengguna khususnya tiap individu yang menggunakan OVO dan Go-Pay sebagai transaksi pembayaran digital dapat melihat kemanfaatan dari penggunaan produk OVO dan Go-Pay juga harus ditingkatkan, semakin bermanfaat dan efektif penggunaan produk OVO dan Go-Pay maka sikap yang akan dikeluarkan oleh para pengguna OVO dan Go-Pay akan lebih positif kedepannya serta memicu penggunaan yang lebih banyak dari sebelumnnya.}, url = {http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/22545/}, author = {Yulia Suparta, Dinda} }