eprintid: 22454 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/02/24/54 datestamp: 2023-03-16 07:04:56 lastmod: 2023-03-16 07:04:56 status_changed: 2023-03-16 07:04:56 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Syafiq Ziyaadatusysyakur, Ahmad title: Pengaruh Literasi Keuangan, Pengetahuan Tentang Riba, dan Financial Behavior terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah di Indonesia ispublished: pub subjects: HG divisions: Ekonomi_Islam abstract: Perilaku masyarakat dalam penggunaan riba bukan tanpa sebab, adanya unsur pengetahuan seseorang yang dapat mempengaruhi masyarakat yang dapat meningkatkan daya tarik pada masyarakat untuk menggunakan riba. Pada dasarnya pengetahuan adalah sumber utama pada manusia yang dapat merubah perilaku seseorang karena mengetahui apa yang sebelumnya belum diketahui. Seseorang mendapatkan pengetahuan karena adanya perilaku seperti aktivitas sosial di kehidupan sehari-hari yang dapat bertambahnya pengetahuan seseorang. Hal ini dapat kita lihat dari sebagian aktifitas ekonomi di masyarakat masih menggunakan riba. Penelitian ini dilakukan untuk menentukan pengaruh literasi keuangan, pengetahuan riba dan financial behaviour terhadap minat menjadi nasabah bank syariah di indonesia dengan mengambil sampel di wilayah DKI Jakarta dan Depok. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dilakukan dengan mengambil sampel 250 responden dari masyarakat wilayah DKI Jakarta dan Depok baik yang sudah menjadi nasabah maupun yang belum menjadi nasabah bank syariah. Metode penelitian ini menggunakan SEM (Structural Equation Modeling) dengan alat uji analisis yang digunakan ialah SmartPLS versi 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel literasi keuangan (X1) dan pengetahuan riba (X2) sangat berpengaruh positif signifikan terhadap minat menjadi nasabah bank syariah di indonesia (Y), tetapi tidak untuk variabel financial behaviour (X3) berpengaruh positif tidak signifikan terhadap minat menjadi nasabah bank syariah di indonesia (Y). date: 2021 date_type: completed full_text_status: public pages: 29 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abdullahi, S., & Shaharuddin, A. (2016). Potential for Islamic banking in Macedonia: An empirical evidence. International Review of Management and Marketing, 6(4), 1039–1047. Albaity, M., & Rahman, M. (2019). The intention to use Islamic banking: an exploratory study to measure Islamic financial literacy. International Journal of Emerging Markets, 14(5), 988–1012. https://doi.org/10.1108/IJOEM-05-2018-0218 Astute, T. (2013). Pengaruh Persepsi Nasabah tentang Tingkat Suku Bunga, Promosi dan kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta. Ayyub, S., Xuhui, W., Asif, M., & Ayyub, R. M. (2019). Determinants of intention to use Islamic banking: A comparative analysis of users and non-users of Islamic banking: evidence from Pakistan. International Journal of Islamic and Middle Eastern Finance and Management, 13(1), 147–163. https://doi.org/10.1108/IMEFM-05-2017-0135 Bananuka, J., Kaawaase, T. K., Kasera, M., & Nalukenge, I. (2019). Determinants of the intention to adopt Islamic banking in a non-Islamic developing country: The case of Uganda. ISRA International Journal of Islamic Finance, 11(2), 166–186. https://doi.org/10.1108/IJIF-04-2018-0040 Bananuka, J., Kasera, M., Najjemba, G. M., Musimenta, D., Ssekiziyivu, B., & Kimuli, S. N. L. (2019). Attitude: mediator of subjective norm, religiosity and intention to adopt Islamic banking. Journal of Islamic Marketing, 11(1), 81–96. https://doi.org/10.1108/JIMA-02-2018-0025 Bangsawan, M. I. (2017). Eksistensi Ekonomi Islam (Studi Tentang Perkembangan Perbankan Syariah Di Indonesia). Law and Justice, 2(1), 24–34. https://doi.org/10.23917/laj.v2i1.4334 Bashir, M. S. (2012). Analysis of Customer Satisfaction with the Islamic Banking Sector : Case of Brunei Darussalam. Asian Journal of Business and Management Sciences, 2(10), 38–50. Budiono. (2017). Seri Sinopsis Pengantar Ilmu Ekonomi Makro. Chen, H. and R. P. V. (1998). An Analysis of Personal Financial Literacy Among College Students. Chenguel, M. B. (2019). The determinants affecting the preference of Islamic banking services in Tunisia. International Journal of Decision Sciences, Risk and Management, 8(3), 135. https://doi.org/10.1504/ijdsrm.2019.099690 Crow, L., & Crown, A. (1973). General Psikologi. Littlefield. Adams and Co. Dawami, Q. (2020). Factors Influencing the Preference of Customers Towards Islamic Banking: Evidence from Malaysia. Journal of Islamic Economic Laws, 3(1), 48–67. https://doi.org/10.23917/jisel.v3i1.10191 Dikria, O., & W, S. U. M. (2016). Pengaruh Literasi Keuangan dan Pengendalian Diri terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2013. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(2), 143–155. Dwiputra, R. (2018). Analisis Pengaruh Pengetahuan Riba dan Sikap kepada Bank Syariha TERHADAP INTENSI MENJADI NASABAH BANK SYARIAH (STUDI KASUS PADA MAHASISWA STIE INDONESIA BANKING SCHOOL). In Repository.Indonesia Banking School.Ac.Id. Herdjiono, I., & Damanik, L. A. (2016). Pengaruh Financial Attitude,Financial Knowledge, Parental Income Terhadap Financial Management Behavior. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan| Journal of Theory and Applied Management, 9(3), 226–241. https://doi.org/10.20473/jmtt.v9i3.3077 Hira, T. K., & Mugenda, O. M. (1999). The relationship between self-worth and financial beliefs, behavior and satisfaction. Journal of Family and Consumer Science. Hoque, M. E., Nik Hashim, N. M. H., & Azmi, M. H. Bin. (2018). Moderating effects of marketing communication and financial consideration on customer attitude and intention to purchase Islamic banking products: A conceptual framework. Journal of Islamic Marketing, 9(4), 799–822. https://doi.org/10.1108/JIMA-01-2017-0005 Irawati, A. (2018). Pengetahuan Masyarakat Tentang Riba Terhadap Perilaku Utang Piutang Di Kecamatan Anreapi Polewali Mandar. Journal of Chemical Information and Modeling, 5(9), 109–122. Lajuni, N., Wong, W., Ming, P., Yacob, Y., Ting, H., & Jausin, A. (2017). International Journal of Economics and Financial Issues Intention to Use Islamic Banking Products and Its Determinants. International Journal of Economics and Financial Issues, 7(1), 329–333. http:%0Awww.econjournals.com Lestari, N. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Mahasiswa terhadap Minat Menabung di Bank Syariah dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Mahasiswa Febi Uin Raden Intan Lampung Angkatan 2017). Mo, J. (2019). How does PISA define and measure reading literacy? Mohd Thas Thaker, H., Sakaran, K. C., Nanairan, N. M., Mohd Thas Thaker, M. A., & Iqbal Hussain, H. (2020). Drivers of loyalty among non-Muslims towards Islamic banking in Malaysia: Evidence from SmartPLS. International Journal of Islamic and Middle Eastern Finance and Management, 13(2), 281–302. https://doi.org/10.1108/IMEFM-07-2018-0211 MUH. FADLI. (2019). Pengaruh Pengetahuan Perbankan Syariah terhadap Minat Menabung di Bank Syariah. 8(5), 55. Muslichah, I., & Sanusi, S. (2019). The effect of religiosity and financial literacy on intention to use Islamic banking products. Asian Journal of Islamic Management (AJIM), 1(2), 85–92. https://doi.org/10.20885/ajim.vol1.iss2.art2 Omar, M. (2019). Perceptions of Corporate Customers towards Islamic Banking in Brunei, Darussalam. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 6(3), 144–163. Ozair, K., Luqman, M., & Hussain Hamdani, S. N. (2019). Conceptualizing the Impact of Religiosity on the Preferences for Islamic Banking in Mirpur (Azad Jammu and Kashmir): An Empirical Analysis. Lahore Journal of Business, 8(1), 73–90. https://doi.org/10.35536/ljb.2019.v8.i1.a4 Priambodo, B. R., & Septiarin, D. F. (2019). Pengaruh Bank Syariah yang Dikelola Berdasarkan Prinsip Syariah Serta Fitur dan Fasilitas Produk Perbankan Syariah terhadap Minat Menabung Masyarakat di Surabaya. 6(10), 2062–2076. Ramdani, D. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan, Digital marketing, Brand Image dan Word of mouth Terhadap Minat Generasi Z pada Bank Syariah. In Repository.Uinjkt.Ac.Id. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/52986 Rivai, V., & Arifin, A. (2010). Islamic Banking: Sebuah Teori, Konsep, dan Aplikasi. Bumi Aksara. Saptasari, K., & Aji, H. M. (2020). Factors affecting Muslim non-customers to use Islamic bank: Religiosity, knowledge, and perceived quality. Jurnal Ekonomi & Keuangan Islam, 6(2), 165–180. https://doi.org/10.20885/jeki.vol6.iss2.art7 Saputra, H., & Anwar, M. K. (2019). Pengaruh Persepsi Mahasiswa Program Studi non Ekonomi Islam terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah. Jurnal Ekonomi Islam, 2(1). Selvanathan, M., Nadarajan, D., Zamri, A. F. M., Suppramaniam, S., & Muhammad, A. M. (2018). An Exploratory Study on Customers’ Selection in Choosing Islamic Banking. International Business Research, 11(5), 42. https://doi.org/10.5539/ibr.v11n5p42 Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet. Triastuti, R. N. (2020). Pengaruh Persepsi dan Pengetahuan terhadap Minat Menabung di Bank Syariah pada Masyarakat Kecamatan Mlarak Ponorogo. Zakaria, L. D. (2020). Pengaruh Religius, Fasilitas Layanan, Literasi Keuangan dan Bagi Hasil terhadap minat Mahasiswa Untuk Menabung di Bank Syariah. www.journal.uta45jakarta.ac.id citation: Syafiq Ziyaadatusysyakur, Ahmad (2021) Pengaruh Literasi Keuangan, Pengetahuan Tentang Riba, dan Financial Behavior terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah di Indonesia. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/22454/1/FEB_EKONOMI%20ISLAM_1702055072_AHMAD%20SYAFIQ%20ZIYAADATUSYS.pdf