eprintid: 22451 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/02/24/51 datestamp: 2023-03-16 06:56:32 lastmod: 2023-03-16 06:56:32 status_changed: 2023-03-16 06:56:32 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nuraini Habibah, Shafira title: Pengaruh Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE), dan Ukuran Perusahaan terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index ispublished: pub subjects: HG divisions: Ekonomi_Islam abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Return on Assets (ROA), Return on Equity (ROE) dan Ukuran Perusahaan terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting. Objek penelitian yang digunakan yaitu Perusahaan yang terdaftar pada Jakarta Islamic Index (JII) di tahun 2016-2020 dengan jumlah perusahaan sebanyak 11 dan total data dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, maka data yang digunakan yaitu 55 sampel. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan SPSS Statistics versi 22 yaitu menggunakan analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis, analisis koefisien determinasi (R2) dan analisis koefisien korelasi (R). Berdasarkan metode analisis regresi linear berganda, diketahui persamaan regresi yaitu Ŷ = 30,345 – 0,221 X1 + 0,077 X2 + 1,340 X3 . Berdasarkan hasil dari perhitungan korelasi maka didapat nilai R = 0,498 yang dapat disimpulkan bahwa korelasi antara variabel independen terhadap ISR adalah berkorelasi sedang. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi 20,4% variabel independen mempengaruhi variabel dependen, sedangkan sisanya sebesar 79,6% dipengaruhi oleh variabel lain. Berdasarkan analisis Uji T (Uji Parsial) menunjukkan variabel Return on Assets (ROA) dan Return on Equity (ROE) tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR),sedangkan variabel ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR). Sedangkan, berdasarkan hasil dari uji F bahwa variabel Return on Assets (ROA), Return on Equity (ROE) dan ukuran perusahaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR). date: 2021 date_type: completed full_text_status: public pages: 32 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Ahadiah Agustina. (2020). The Influence Of Disclosure Of Islamic Social Reporting, Profitability, And Liquidity On Firm Value In Companies Listed In Jakarta Islamic Index Indonesia Stock Exchange 2016-2019. Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics, 3(1), 69–84. Astuti, W., Erlina, & Erwin, K. (2018). THE EFFECT OF PROFIT SHARING FINANCING, FIRM SIZE AND FINANCIAL PERFORMANCE OF ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR) DISCLOSURE IN SHARIA GENERAL BANKS IN INDONESIA IN 2012-2018 Windi. Cahya, B. T. (2017). ISLAMIC SOCIAL REPORT: DITINJAU DARI ASPEK CORPORATE GOVERNANCE STRENGTH, MEDIA EXPOSURE DAN KARAKTERISTIK PERUSAHAAN BERBASIS SYARIAH DI INDONESIA SERTA DAMPAKNYA TERHADAP NILAI PERUSAHAAN. In DISERTASI. Damayanti, A. R. (2018). Pengaruh Profitabilitas dan Maqashid Syariah Index terhadap Nilai Perusahaan Melalui Islamic Social Reporting sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Bank Umum Syariah Tahun 2021-2016). Diss. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. http://etheses.uin- malang.ac.id/id/eprint/12735 Fatmawati, E. D., Prasetyoningrum, A. K., & Farida, D. N. (2020). Dampak Profitabilitas, Likuiditas Dan Pengungkapan Islamic Social Reporting Terhadap Return Saham. El Dinar, 8(2), 67–86. https://doi.org/10.18860/ed.v8i2.9825 Fauziah, R. O. (2020). Pengaruh Umur Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Leverage, Likuiditas, dan Profitabilitas Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index (JII) Tahun 2015-2019. Skripsi. https://doi.org/10.1016/j.tmaid.2020.101607%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijs u.2020.02.034%0Ahttps://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/cjag.122 28%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ssci.2020.104773%0Ahttps://doi.org/10.101 6/j.jinf.2020.04.011%0Ahttps://doi.o Fuad, A. (2018). Analisis Perbandingan Pengaruh Profitabilitas Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Dan Pengungkapan Islamic Social Reporting. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan program IBM SPSS 23. Semarang Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Haniffa, R. (2002). Social Reporting Disclosure : An Islamic Perspective. Indonesian Management & Accounting Reasearch, 1, No. 2. Harahap, N., Harmain, H., Siregar, S., & Maharani, N. (2017). Pengaruh Islamic Social Reporting (ISR), Umur Perusahaan dan Kepemilikan Saham Publik Terhadap Profitabilitas (ROA) pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) Tahun 2010-2014. 1. Hidayah, K., & Wulandari, W. M. (2017). DETERMINAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ISLAMIC SOCIAL REPORTING PADA PERUSAHAAN PERTANIAN YANG TERDAFTAR DI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA (ISSI) TAHUN 2012-2015. Ikonomika, 2(1), 213– 238. https://doi.org/10.24042/febi.v2i1.943 Holili, T. (2017). Analisis Penerapan Good Governance Bisnis Syariah Dan Pencapaian Kinerja Perbankan Syariah Indonesia Ditinjau Dari Maqashid Shariah Dan Profitabilitas. Jurnal Akuntansi FEB Universitas Mataram, 1(1), 1–13. Jannah, A. M., & Asrori. (2016). Pengaruh Gcg, Size, Jenis Produk Dan Kepemilikan Saham Publik Terhadap Pengungkapan Isr. Accounting Analysis Journal, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.15294/aaj.v5i1.9758 Kasmir. (2018). Analisis Laporan Keuangan (11th ed.). Rajawali Pers. Khofifah, S. (2020). Analisis Pengaruh Islamicity Performance Index dan Islamic Social Reporting Terhadap Profitabilitas. 63010160190. Lestari, T. P. (2018). FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR) PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DALAM INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA (ISSI) TAHUN 2013 – 2017. In Skripsi. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) MAULANA MALIK IBRAHIM. Literate, S., & Indonesia, J. I. (2020). View metadata, citation and similar papers at core.ac.uk. PENGARUH PENGGUNAAN PASTA LABU KUNING (Cucurbita Moschata) UNTUK SUBSTITUSI TEPUNG TERIGU DENGAN PENAMBAHAN TEPUNG ANGKAK DALAM PEMBUATAN MIE KERING, 274–282. Mahrani, M., & Soewarno, N. (2018). The effect of good corporate governance mechanism and corporate social responsibility on financial performance with earnings management as mediating variable. Asian Journal of Accounting Research, 3(1), 41–60. https://doi.org/10.1108/ajar-06-2018-0008 Mais, R. G., & Engkur, E. (2019). Influence of Industrial Type , Return on Asset , Company Size , and Institutional Ownership of Islamic Social Reporting Disclosure. 73, 173–177. Mayasari, D. (2019). PENGARUH LABA AKUNTANSI DAN PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR) TERHADAP RETURN SAHAM SYARIAH YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII). Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Mohammed, N. A., Saheed, Z., & Oladele, O. K. (2016). Corporate Social Responsibility Disclosure and Financial Performance of Listed Manufacturing Firms in Nigeria. Research Journal of Finance and Accounting, 7(4), 47–58. Novrizal, M. F., & Fitri, M. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responbility (CSR) pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2012- 2015 dengan Menggunakan Islamic Social Reporting (ISR) Index sebagai Tolok Ukur. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi, 1(2), 177–189. http://www.jim.unsyiah.ac.id/EKA/article/view/1066 Nugraheni, P., & Wijayanti, R. (2017). Analysis of factors affecting the disclosure of Islamic social reporting ( An empirical study on the Sharia Securities List ). 20(1), 103–112. https://doi.org/10.14414/jebav.v20i1.788 Nur Abdi Pratama, A. (2017). Analsis Determinan Pengungkapan Islamic Social Reporting Pada Perbankan Syariah Di Indonesia Dengan Komisaris Independen Sebagai Variabel Moderating(Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah di Indonesia). Nuraeni, & Anik Muilah. (2019). Pengaruh Tipe Industri, Profitabilitas dan Kinerja Lingkungan Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting. Sketsa Bisnis, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.35891/jsb.v6i1.1634 Othman, R., Thani, A. M., & Ghani, E. K. (2009). Determinants of Islamic Social Reporting Among Top Shariah -Approved Companies in Bursa Malaysia. Research Journal of Internatıonal Studıes, 12(12), 4–20. Perkasa, M. F. A. (2020). PENGARUH DANA PIHAK KETIGA DAN INFLASI TERHADAP ALOKASI PEMBIAYAAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH PADA PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA. Putra, W. E., Afrizal, Mukhzarudfa, & Lubis, T. A. (2020). What factors Do influence Islamic social reporting (ISR) disclosure? Evidence from Indonesia. International Journal of Recent Technology and Engineering, 8(5), 50–55. https://doi.org/10.35940/ijrte.e5622.018520 Rahayu, S. (2019). PROFITABILITAS DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX Sri. 04, 1–12. Rimayanti, R., & Jubaedah, S. (2017). Determinan Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) pada Perusahaan Indeks Saham Syariah Indonesia. Jurnal Kajian Akuntansi, 1(2), 148–160. https://doi.org/10.33603/jka.v1i2.718 ROFIQURRUTAF, W. (2019). Pengaruh Corporate Governance Preception Index (Cgpi), Islamic Social Reporting (Isr) Dan Sustainability Report (Sr) Terhadap Nilai Perusahaan Yang Terdaftar Di Indeks Saham Syariah Indonesia (Issi) Periode 2014-2017. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1–96. http://library.walisongo.ac.id/digilib/files/disk1/90/jtptiain-gdl-pujilestar- 4469-1-skripsi-p.pdf Setiawan, I., Faulid, H., & Sofyani, H. (2016). Apakah Ukuran , Profitabilitas , dan Praktik Manajemen Laba Memengaruhi Tingkat Pelaksanaan dan Pelaporan Islamic Social Reporting Pada Perbankan Syariah Di Indonesia ? 3(2), 65–76. Setiawati, N. N., Pramono, S. E., & Endri. (2020). Determinan Islamic Social Report Disclosure Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI). Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 10(3), 170– 181. https://doi.org/10.29244/jmo.v10i3.30151 Siddi, P., Widiastuti, L., & Chomsatu, Y. (2019). Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Surakarta Management Journal, 1(1), 1–7. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. CV. Alfabeta. Suliyanto. (2018). Metode Penelitian Bisnis untuk Skripsi, Tesis dan Disertasi. Andi. Widiyanti, N. W., & Hasanah, N. T. (2018). Analisis Determinan Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) (Studi Kasus Pada Perusahaan yang Terdaftar pada Jakarta Islamic Index Tahun 2011 - 2015). BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 5(2), 239. https://doi.org/10.21043/bisnis.v5i2.3013 Yaya, R., Yogyakarta, U. M., Nurrokhmah, S. A., & Yogyakarta, U. M. (2019). Islamic Social Reporting and Factors that Influence its Disclosures Practices among Companies Listed in Indonesia Sharia Stock Index. 353(IcoSIHESS), 173–179. Yudhantika, T., & Priyadi, M. P. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Islamic Social Reporting. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 8, 1–20. citation: Nuraini Habibah, Shafira (2021) Pengaruh Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE), dan Ukuran Perusahaan terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/22451/1/FEB_EKONOMI%20ISLAM_1702055045_%20Shafira%20Nuraini%20Habibah.pdf