eprintid: 22450 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/02/24/50 datestamp: 2023-03-16 06:52:58 lastmod: 2023-03-16 06:52:58 status_changed: 2023-03-16 06:52:58 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rahmawati, Annisa title: Pengaruh Literasi Keuangan dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Menggunakan Asuransi Syariah (Studi kasus pada masyarakat wilayah Jakarta) ispublished: pub subjects: HG divisions: Ekonomi_Islam abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan dan kualitas pelayanan terhadap keputusan menggunakan asuransi syariah (studi kasus pada masyarakat wilayah Jakarta). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Warga Negara Indonesia, berusia minimal 17 tahun, pernah atau sedang menggunakan Asuransi Syariah serta tertarik atau akan menggunakan Asuransi Syariah. Jumlah responden nya adalah 200. Penelitian ini diolah dengan menggunakan SPSS 25. Hasil dari penelitian ini adalah variabel literasi keuangan (X1) terhadap keputusan menggunakan asuransi syariah (Y) diperoleh nilai ttabel< thitung < ttabel ( 1,97208 < 28,702 < 1,97208 ) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga variabel literasi keuangan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan menggunakan asuransi syariah. Dan variabel kualitas pelayanan (X2) terhadap keputusan menggunakan asuransi syariah (Y) diperoleh nilai ttabel< thitung < ttabel ( 1,97208 < 4,372 < 1,97208 ). dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga variabel kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan menggunakan asuransi syariah. date: 2022 date_type: completed full_text_status: public pages: 29 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Albaity, M., & Rahman, M. (2019). The intention to use Islamic banking: an exploratory study to measure Islamic financial literacy. International Journal of Emerging Markets, 14(5), 988–1012. https://doi.org/10.1108/IJOEM-05-2018-0218 Anwar, M. A. S., & Mi’raj, D. A. (2020). Interpersonal relationship of salesperson to customer trust on islamic insurance in Surabaya. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 10(12), 288–300. Basuki, K. (2019). 済無No Title No Title. ISSN 2502-3632 (Online) ISSN 2356-0304 (Paper) Jurnal Online Internasional & Nasional Vol. 7 No.1, Januari – Juni 2019 Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, 53(9), 1689–1699. www.journal.uta45jakarta.ac.id Belianti, L., Alim, F. A., & Awaliyah, H. (2020). Milenial Interests on Islamic Insurance: the Role of Mobile Service and Satisfaction. Airlangga International Journal of Islamic Economics and Finance, 2(2), 123. https://doi.org/10.20473/aijief.v2i2.20660 Dhandayuthapani, D. S. P. (2020). Financial Literacy and its Determinants. International Journal for Research in Applied Science and Engineering Technology, 8(7), 1174–1179. https://doi.org/10.22214/ijraset.2020.30445 Fajar, A., Sobari, N., & Usman, H. (2018). Impact of marketing communication mix towards image, brand awareness, and costumers decision to choose Islamic insurance. Journal of Islamic Economics Lariba, 4(2), 109–122. https://journal.uii.ac.id/JIELariba/article/view/11942 Ghozali. (2016). No Title. Hafis, M. H., & Kitri, M. L. (2019). The Effect of Religiosity and Sharia Financial Literacy towards the Usage of Sharia Investments. The 4th ICMEM 2019, August, 7–9. Hidayati, N. (2015). Analisis Pengaruh Lokasi, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Bank Syariah Melalui Minat Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Nasabah Bank BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Sragen). 1689–1699. Ismail, M. (2021). The magnitude of the investment yield of sharia insurance in Indonesia. Accounting, 7(3), 497–506. https://doi.org/10.5267/j.ac.2021.1.009 Ismanto, K., & . N. (2020). Empirical Study of Community Interest to Islamic Insurance. Tazkia Islamic Finance and Business Review, 13(2), 142–161. https://doi.org/10.30993/tifbr.v13i2.203 Istiqomah, A., & Gati, V. (2020). Risk Effect on Contribution of Participants in Sharia Insurance Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam (Journal of Islamic Economics and Business), 6(1), 1. https://doi.org/10.20473/jebis.v6i1.18254 Kehinde, L. H., & Sharofiddin, A. (2021). The Level of Acceptance and Awareness of Takaful in Nigeria. Journal of Islamic Finance, 10(1), 46–58. Khairani, S. (2015). Pengaruh Kepercayaan Kualitas Informasi dan Pelayanan Terhadap Keputusan Membeli Melalui Media Sosial ( Studi Kasus Mahasiswa Akuntansi STIE MDP ). Jurnal Pendidikan, c, 305–314. MUI, D. S. N. (2001). Pedoman Umum Asuransi Syari’ah. Mui, April 2006. Nasution, A. W., & Nasution, A. W. (2019). Analisis Faktor Kesadaran Literasi Keuangan Syariah Mahasiswa Keuangan Dan Perbakan Syariah. Equilibrium: Jurnal Ekonomi Syariah, 7(1), 40. https://doi.org/10.21043/equilibrium.v7i1.4258 Palacio, R. D., Negret, P. J., Velásquez-Tibatá, J., & Jacobson, A. P. (1967). 済無No Title No Title No Title. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. Paton Schmidt, A. (2019). The impact of cognitive style, consumer demographics and cultural values on the acceptance of Islamic insurance products among American consumers. International Journal of Bank Marketing, 37(2), 492–506. https://doi.org/10.1108/IJBM-02-2018-0033 Pelayanan, K., Premi, B., & Nasabah, K. M. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN BESARAN PREMI TERHADAP KEPUASAN MENJADI NASABAH ASURANSI JIWA PT . SUN LIFE FINANCIAL SYARIAH CABANG BANDA ACEH Noura Rouzaton Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negari Ar-Raniry , Aceh Hafas Furqani Fakult. 1. Permenkes RI No. 43 2019. (2019). No Titleس. ペインクリニック学会治療指針2, 2, 1–13. Poan, R., Merizka, V. E., & Komalasari, F. (2021). The importance of trust factor in the intentions to purchase Islamic insurance (takaful) in Indonesia. Journal of Islamic Marketing. https://doi.org/10.1108/JIMA-01-2021-0026 Raza, S. A., Ahmed, R., Ali, M., & Qureshi, M. A. (2020). Influential factors of Islamic insurance adoption: an extension of theory of planned behavior. Journal of Islamic Marketing, 11(6), 1497–1515. https://doi.org/10.1108/JIMA-03-2019-0047 Rhomadona, & Fionita, I. (2018). The Influence Of Service Quality, Product Quality Toward Brand Image With Customer Satisfaction As Intervening Variable (Case Study at Agency Customers Of PT. Prudential Life Assurance). International Conference on Information Technology and Business (Icitb), 145–157. https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/icitb/article/view/1388 Rindi Nurlaila Sari. (2014). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Rofifah, D. (2020). 済無No Title No Title No Title. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 12–26. Rusita Purnamasari, D., & Alam, A. (2020). Level of Understanding and Reasons Customers Choose Sharia Insurance Products. Airlangga International Journal of Islamic Economics and Finance, 3(1), 42. https://doi.org/10.20473/aijief.v3i1.19411 Sari Ratna. (2013). Pengaruh Premi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menjadi Nasabah Asuransi Jiwa Syariah. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. http://repository.radenintan.ac.id/8690/1/SKRIPSI RARTNA FIKS.pdf Setyawati, I., & Suroso, S. (2017). International Journal of Economics and Financial Issues Does the Sharia Personal Financial Management Require? Study of Sharia Financial Literacy Among Lecturers. International Journal of Economics and Financial Issues, 7(4), 411–417. Sidharta, E. A., Mentari, S., Wafaretta, V., & Nuraini, U. (2019). Attitude and Perception Towards Sharia Insurance Product. International Journal of Business and Commerce, 6(5), 11–23. Sofhian, & Suleman, S. N. A. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Religiusitas Terhadap Keputusan Nasabah dalam Memilih Asuransi Syariah di PT. Prudential Life Anssurance Cabang Kota Gorontalo. Li Falah Jurnal Studi Ekonomi dan Bisnis Islam, 2(1), 155–182. http://ejournal.iainkendari.ac.id/lifalah/article/view/608/569 %0A Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Tabe, R. (2019). The Effect of Premium on Profit of Life Insurance Companies in Sharia Units of Pt Panin Dai-Ichi Life Indonesia. Tasharruf: Journal Economics and Business of Islam, 3(2), 190–200. https://doi.org/10.30984/tjebi.v3i2.789 Timur, J., Negeri, I., & Intan, R. (2020). Corresponding author: 11(2), 127–140. Ulansari, D. R., & Septiarini, D. F. (2020). A comparative study of the efficiency of conventional and Sharia insurance in Indonesia. Jurnal Keuangan dan Perbankan, 24(2), 202–213. https://doi.org/10.26905/jkdp.v24i2.3165 Yousif, N., Cole, J., Rothwell, J. C., Diedrichsen, J., Zelik, K. E., Winstein, C. J., Kay, D. B., Wijesinghe, R., Protti, D. A., Camp, A. J., Quinlan, E., Jacobs, J. V, Henry, S. M., Horak, F. B., Jacobs, J. V, Fraser, L. E., Mansfield, A., Harris, L. R., Merino, D. M., … Dublin, C. (2018). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Journal of Physical Therapy Science, 9(1), 1–11. http://dx.doi.org/10.1016/j.neuropsychologia.2015.07.010%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.visres.2014.07.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.humov.2018.08.006%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/24582474%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.gaitpost.2018.12.007%0Ahttps://doi.org/ Yusuf, F. F. (2017). No Title Pengaruh Literasi Keuangan, Persepsi Risiko, dan Pendapatan Terhadap Keputusan Berasuransi Jiwa Pada Masyarakat Gerbang Kertosusila. citation: Rahmawati, Annisa (2022) Pengaruh Literasi Keuangan dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Menggunakan Asuransi Syariah (Studi kasus pada masyarakat wilayah Jakarta). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/22450/1/FEB_EKONOMI%20ISLAM_1702055040_annisa%20rahmawati.pdf