eprintid: 22449 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/02/24/49 datestamp: 2023-03-16 06:49:03 lastmod: 2023-03-16 06:49:03 status_changed: 2023-03-16 06:49:03 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Surya Faiz, Arif title: Pengaruh Profitabilitas (ROA), Ukuran Perusahaan, dan Umur Perusahaan terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting pada Bank Umum Syariah di Indonesia ispublished: pub subjects: HG divisions: Ekonomi_Islam abstract: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Profitabilitas (ROA), Ukuran Perusahaan dan Umur Perusahaan terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting. Objek data yang digunakan pada penelitian ini merupakan Bank Umum Syariah yang terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di tahun 2016-2019 dengan jumlah perusahaan sebanyak 9 dan total data yang digunakan 36 data. Pengolahan data menggunakan metode regresi linier berganda. Berdasarkan metode tersebut didapar persamaan regresi Y= -52,140 + 0,765 X1 + 4,277 X2 – 0,095 X3. Berdasarkan persamaan itu kita ketahui bahwa antara ROA terhadap ISR berbanding lurus, Ukuran Perusahaan terhadap ISR berbanding lurus, dan Umur Perusahaan terhadap ISR berbanding terbalik. Berdasarkan perhitungan korelasi didapat nilai R = 0,625 yang menunjukan bahwa hubungan antara variabel bebas terhadap ISR adalah kuat. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi 33,3% variabel bebas mempengaruhi variabel terikat sedangkan 66,7% dipengaruhi variabel lain. Berdasarkan analisis Uji T (Uji Parsial) didapat bahwa ROA tidak berpengaruh signifikan terhadap ISR, Ukuran Perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap ISR, dan Umur Perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap ISR. Sedangkan, berdasarkan analisis Uji F (Uji Simultan) didapatkan bahwa seluruh variabel bebas secara simultan berpengaruh signifikan terhadap ISR. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi tambahan referensi bagi penelitian selanjutnya dan juga evaluasi bagi perusahaan untuk lebih meningkatkan lagi pelaporan kinerja tanggung jawab sosial yang terdapat dalam laporan tahunan. date: 2021 date_type: completed full_text_status: public pages: 31 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Afrizal. (2019). Terkait CSR, Bupati Rohil Sentil Bank Syariah Mandiri. halloriau.com. https://www.halloriau.com/read-rohil-122403-2019-11-27-terkait-csr-bupati-rohil-sentil-bank-syariah-mandiri.html Agtriyanti, R., & Setiawati, E. (2019). Analisis Determinan Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) (Studi Empiris Perusahaan yang Terdaftar di BEI yang Tergabung pada JII Periode 2014-2018). Seminar Nasional dan Call For Paper Paradigma Pengembangan Ekonomi Kreatif di Era 4.0, 47–58. Aini, N., Susilowati, Y., Indarti, K., & Age, R. F. (2017). Pengaruh Umur Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Leverage, Likuiditas, Profitabilitas Dan Kinerja Lingkungan Hidup Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) TAHUN 2012 – 2015. Dinamika Akuntansi, Keuangan dan Perbankan, 6(1), 67–82. Amyulianthy, R., Azizah, W., & Satria, I. (2020). Islamic Social Reporting in Shariah Banks in Indonesia. Review of Integrative …, 9(1), 171–183. http://buscompress.com/uploads/3/4/9/8/34980536/riber_9-s1_14_h18-087_171-182.pdf Arsyi, A. R. (2015). Pengaruh Pengungkapan Islamic Social reporting Terhadap Return On Asset (Studi Kasus Bank Umum Syariah di Indonesia) [Universitas Islam Bandung]. http://repository.unisba.ac.id/handle/123456789/461 Asriati, R., Ulfah, P., & Setyorini, C. T. (2016). Analisis Perbandingan Komponen Islamic Social Reporting ( ISR ) Pada Bank Syariah Antara Negara Indonesia dan Malaysia. Simposium Nasional Akuntansi XIX, Lampung, 1997, 1–24. Ath Thahirah, K., Nini, N., Raflis, R., & Rahmi, H. (2016). Pengaruh Pengungkapan Islamic Social Responsibility Terhadap Kinerja Perbankan Syariah Di Indonesia. MENARA Ilmu Vol. X Jilid 2 No.73 Desember 2016, X(73), 71–79. https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menarailmu/article/view/46 Aziz, M. R., Roekhudin, R., & Andayani, W. (2019). Analisis efek ukuran perusahaan, profitabilitas, likuditas, dan kinerja lingkungan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 15(2), 67–76. https://doi.org/10.21067/jem.v15i2.4089 Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2018). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Salemba Empat. Cahya, B. T., Nuruddin, A., & Ikhsan, A. (2017). Islamic Social Reporting: From the Perspectives of Corporate Governance Strength, Media Exposure and the Characteristics of Sharia Based Companies in Indonesia and its Impact On Firm Value. IOSR Journal of Humanities and Social Science, 22(5), 71–78. https://doi.org/10.9790/0837-2205107178 Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 25 (8 ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Haniffa, R. (2002). Social Reporting Disclosure: An Islamic Perspective. Indonesian Management & Accounting Research, 1(2), 128–146. Harahap, N., Harmain, H., Siregar, S., & Maharani, N. (2017). PENGARUH ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR), UMUR PERUSAHAAN DAN KEPEMILIKAN SAHAM PUBLIK TERHADAP PROFITABILITAS (ROA) PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) TAHUN 2010-2014. Kitabah, 1, 70–88. Husnan, S., & Pudjiastuti, E. (2015). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. UPP STIM YKPN. Hussain, A., Khan, M., Rehman, A., Zada, S. S., Malik, S., Khattak, A., & Khan, H. (2021). Determinants of Islamic social reporting in Islamic banks of Pakistan. International Journal of Law and Management, 63(1), 1–15. https://doi.org/10.1108/IJLMA-02-2020-0060 Irbah, A. N., Praptiningsih, & Setyawan, A. (2021). Pengaruh Komisaris Independen, Ukuran Perusahaan, dan Umur Perusahaan terhadap Pengungkapan ISR. Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, 2, 762–775. Ismayani, A. (2019). Metodologi Penelitian. Syiah Kuala University Press. Jaelani, A. (2018). Keuangan Publik; Analisis Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam. In Africa’s potential for the ecological intensification of agriculture. Kasmir. (2016). Analisis Laporan Keuangan. Raja Grafindo. Khoiriyah, V. N., & Salman, K. R. (2020). The Effect of the Maqashid Sharia Index, Company Size, and Company Age on Islamic Social Reporting. Muqtasid: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 11(2), 117–132. https://doi.org/10.18326/muqtasid.v11i2.117-132 Khotijah, S., Malikah, A., & Junaidi. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Islamic Social Responsibility. E-Jra, 08(05), 1–9. Kieso, D. E., Weygandt, jerry J., & Warfield, T. D. (2018). Akuntansi Intermediate. Erlangga. Lestari, Y. D. (2020). Pengaruh Ukuran Bank, Profitabilitas, Kepemilikan Institusional, Ukuran Dewan Pengawas Syariah Dan Umur Perusahaan Terhadap Pengungkapanislamic Social Reporting(ISR). Jurnal Ekonomi dan Studi Kebijakan, 1(1), 1–18. http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id/index.php/jesk/article/view/3762 Lubis, I. L., Sinaga, B. M., & Sasongko, H. (2017). PENGARUH PROFITABILITAS, SRUKTUR MODAL, DAN LIKUIDITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN. Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen, 3(3), 458–465. Morissan. (2017). Metode Penelitian Survei. Prenada Media Group. Munawir, S. (2015). Analisa Laporan Keuangan (15 ed.). Liberty. Nugraheni, P., & Wijayanti, R. (2017). Analysis of factors affecting the disclosure of Islamic social reporting (An empirical study on the Sharia Securities List). Journal of Economics, Business & Accountancy Ventura, 20(1), 103–112. https://doi.org/10.14414/jebav.v20i1.788 Othman, R., & Thani, A. M. (2010). Islamic Social Reporting Of Listed Companies In Malaysia. International Business & Economics Research Journal (IBER), 9(4). https://doi.org/10.19030/iber.v9i4.561 Prasetyoningrum, A. K. (2018). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Efisiensi Biaya, Dan Umur Perusahaan Terhadap Islamic Social Reporting (ISR) Pada Perbankan Syariah Di Indonesia. MALIA: Journal of Islamic Banking and Finance, 2(2), 147–162. https://doi.org/10.21043/malia.v2i2.4780 Prayitno, E., & Suwarto. (2019). Rusak Lingkungan, Warga Clincing Demo KCN. https://pontas.id/2019/09/01/rusak-lingkungan-warga-cilincing-demo-kcn/ Putri Suwito, A. R. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Growth, Ukuran Perusahaan, Dan Umur Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggungjawab Sosial Perusahaan(Studi Empiris Perusahaan Manufaktur di BEI Tahun 2013-2015). In eprints.ums.ac.id. Qoyum, A., Mutmainah, L., Setyono, J., & Qizam, I. (2017). The Impact of Good Corporate Governance , Company Size and Corporate Social Responsibility Disclosure : Case Study of Islamic Banking in Indonesia. IQTISHADIA, Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Islam, 10(1), 130–159. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.21043/iqtishadia.v10i1.2365 Rahmawati, U., & Supriatin, D. (2020). FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR) (STUDI EMPIRIS PADA BANK UMUM SYARI’AH YANG ADA DI INDONESIA PERIODE (2015-2018). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, 1–16. http://repository.stei.ac.id/id/eprint/2046 Ramadhani, F. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage dan Ukuran Dewan Pengawas Syariah Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting. JOMFekom, 3(1), 2487–2500. Ratri, R. F., & Dewi, M. (2017). The Effect of Financial Performance and Environmental Performance on Firm Value with Islamic Social Reporting (ISR) Disclosure as Intervening Variable in Companies Listed at Jakarta Islamic Index (JII). SHS Web of Conferences, 34, 12003. https://doi.org/10.1051/shsconf/20173412003 RI, L. P. M. A.-Q. K. A. (2011). Tanggung Jawab Sosial. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (Pertama). Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran. Riduwan, R., Mutmainah, L., & Wahyudi, R. (2020). Islamic Social Reporting Disclosure of Sharia Commercial Banks in Indonesia: A Form of Social Responsibility. Shirkah: Journal of Economics and Business, 5(3), 337. https://doi.org/10.22515/shirkah.v5i3.336 Santika, A. (2019). Pengaruh Islamic Social Reporting terhadap Profitabilitas (Return on Asset dan Return on Equity) Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia. Falah: Jurnal Ekonomi Syariah, 4(2), 119–132. https://doi.org/10.22219/jes.v4i2.9870 Santoso, A. L., & Dhiyaul-Haq, Z. M. (2017). Determinan Pengungkapan Islamic Social Reporting pada Bank Umum Syariah di Indonesia. Jurnal Dinamika Akuntansi dan Bisnis, 4(2), 125–142. https://doi.org/10.24815/jdab.v4i2.6421 Sartono, A. (2015). Manajemen Keuangan teori dan Aplikasi (4 ed.). BPFE. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta. Tarigan, A. A. (2017). Dari Etika ke Spiritualitas Bisnis. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 110, Nomor 9). Widarto. (2017). PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN KINERJA LINGKUNGAN TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR). In Universitas Muhammadiyah Surakarta. Yusuf, M., & Shayida, N. (2020). Pengaruh Profitabilitas dan Leverage Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Pemoderasi Papa Perusahaan Di JII. AKRUAL Jurnal Akuntansi dan keuangan, 2(1), 1–17. citation: Surya Faiz, Arif (2021) Pengaruh Profitabilitas (ROA), Ukuran Perusahaan, dan Umur Perusahaan terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting pada Bank Umum Syariah di Indonesia. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/22449/1/FEB_EKONOMI%20ISLAM_1702055039_Arif%20Surya%20Faiz.pdf