eprintid: 22441 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/02/24/41 datestamp: 2023-03-16 03:20:44 lastmod: 2023-03-16 04:28:05 status_changed: 2023-03-16 03:20:44 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Wahyuni, Tri title: Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan, Dan Daya Tarik Wisata terhadap Kepuasan Wisatawan dalam Berwisata Religi pada Masjid Kubah Mas Kota Depok ispublished: pub subjects: HG divisions: Ekonomi_Islam abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Daya Tarik terhadap kepuasan wisatawan dalam Berwisata Religi pada Masjid Kubah Mas kota Depok. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif. Populasi penelitian ini meliputi seluruh wisatawan Masjid Kubah Mas kota Depok, sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 140 Responden dengan teknik probability sampling. Metode analisis data yang digunakan regresi linear berganda. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Daya Tarik berkorelasi kuat serta berpengaruh positif dan signifikan secara parsial dan simultan terhadap Kepuasan Wisatawan. Nilai Adjusted R Square dari penelitian ini sebesar 0,621. Hal ini menunjukkan bahwa variable independen mampu menjelaskan variabel dependen sebesar sebesar 62,1 %, sedangkan sisanya 37,9 % dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti seperti Harga, Bukti Fisik, Partisipan, Proses dan sebagainya. Oleh karena itu, disarankan kepada pengelolah Masjid Kubah Mas untuk meningkatkan strategi pemasaran terutama pada Kualitas pelayanan dan Daya Tarik agar wisatawan merasa nyaman dan aman serta merasa puas berada di Masjid Kubah Mas. date: 2021 date_type: completed full_text_status: public pages: 30 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Afriyani, N., & Dr. Endang Ruswanti, SE., M. (2017). Citra wisata sebagai mediasi kepuasan wisatawan. Jurnal Ilmiah Ekonomi, 13(1), 55–70. Alvianna, S. (2017). Analisis Pengaruh Harga, Produk, dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Wisatawan di Taman Wisata Air Wendit Kabupaten Malang. Jurnal Pariwisata Pesona, 2(1). https://doi.org/10.26905/jpp.v2i1.1263 Ambarwati, M., Sunarti, & Mawardi, M. K. (2015). PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ( Survei pada Mahasiswa yang Menggunakan Notebook Asus di Universitas Brawijaya ). Junal Administrasi Bisnis (JAB), 25(1). Aminah, S. (2018). Tinjauan Islam Terhadap Konsep dan Strategi Promosi Perusahaan Provinder Telekomunikasi di Makasar. skripsi. Makasar: Universitas Islam Negeri Alauddin Amirullah. (2015). POPULASI DAN SAMPEL (pemahaman, jenis dan teknik). Wood Science and Technology, 16(4), 293–303. https://doi.org/10.1007/BF00353157 Anistiari, P. (2019). Analisis Pengaruh Daya Tarik, Kepercayaan, dan Keahlian Celebrity Endorser terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Empiris Perusahaan E-Commerce Shopee). Αγαη, 8(5), 55. Apriyani, D. A., & Sunarti. (2017). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Survei pada Konsumen The Little A Coffee Shop Sidoarjo) Dwi. Jurnal Manajemen, 51(2), 1–7. Apriyono, A., & Taman, A. (2018). Analisis overreaction pada harga saham perusahaan manufaktur di bursa efek indonesia. Jurnal Manajemen, 9(1), 31. https://doi.org/10.29264/jmmn.v9i1.2473 Ayunita, D. (2018). Modul Uji Validitas dan Reliabilitas. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23. file:///C:/Users/WINDOWS_10/Downloads/Modul3Validitas Reliabilitas-DianAyunita.pdfhttps://jurnal.uin ntasari.ac.id/index.php/jtjik/article/download/2100/1544 Djakfar, D. H. M. (2017). Pariwisata Halal Perspektif Multidimensi. UIN-Maliki Press, 238. http://files/293/Djakfar and Press - Pariwisata Halal Perspektif Multidimensi.pdf Dorajat. (2021). Analisi Pengaruh Day Tarik Wosata dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Ulang Dengan Kepuasan Pengunjung Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen, 3(1), 23–37. Fauzi, A., Sarlo, K., Kenny, K., Hutagaol, J., & Samvara, M. A. (2019). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Pembelian Tiket Pesawat Garuda pada PT. Hamsa Tour and Travel. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 2(2), 278– 391. https://doi.org/10.36778/jesya.v2i2.112 Harlyana, ledhyane ika. (2012). Paparan Uji Hipotesis Statistik. University of Brawijaya, Mam 4137, 1–12. Hendrayana, A. S., & Imas Maesaroh. (2012). Analisis kinerja strategi pasar dan bauran pemasaran terhadap keputusan mengunjungi objek wisata di kabupaten kuningan. 86–99. Hermawan, H. (2019). Riset Hospitalitas Metode Kuantitatif untuk Riset Bidang Kepariwisataan. Open Sciene Framework.https://doi.org/10.31227/osf.io/fcnzh I Made Yuliara. (2016). Regresi linier berganda 1. Journal Article, 1–6. http://www.mendeley.com/research/regresi-linier-berganda-1 Ibrahin, M., & Rifiyan, A. M. (n.d.). Faktor-Faktor Pengambilan Keputusan Wisatawan untuk Berkunjung ke Objek Wisata Istana Siak Sri Indrapura Kabupaten Siak Provinsi Riau. P. 1– 15. Kalebos, F. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Wisatawan Yang Berkunjung Ke Daerah Wisata Kepulauan Fatmawati. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajem, 4, 489–502. Lisma, N., Yonaldi, S., & Zulbahri, L. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kunjungan Wisatawan Ke Objek Wisata Syariah Di Sumatera Barat. jurnal manajemen dan kewirausahaan, 8, 1–15. https://doi.org/10.31227/osf.io/5nkhg M. Yunus S, Amri, & Erwin. (2019). Pengaruh strategi promosi, daya tarik wisata, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan berkunjung yang berdampak kepada kepuasan wisatawan di kota pangkalpinang. Ekonomi Dan Manajemen STIE Pertiba Pangkalpinang, 5(1), 160–179. http://www.stiepertiba.ac.id/ojs/index.php/jem/ Ma’rifatun, S. (2018). Analisis Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Citra Destinasi terhadap Minat Berkunjung Ulang dengan Kepuasan Pengunjung sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Pengunjung Pantai Suwuk). Director, 15(40), 6–13. Maimunah, S. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan, persepsi harga, cita rasa terhadap kepuasan konsumen dan loyalitas konsumen. IQTISHADequity, 1(2), 57–68. Maulana, A. S. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasaan pelanggan PT. TOI. Jurnal Ekonomi Volume, 7(2), 113–125. Mega Puriani, D. A. P., Suardana, I. W., & Leli Kusuma Dewi, L. G. (2017). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wisatawan Dalam Memilih Taksi Blue Bird Di Bali. Jurnal IPTA, 5(1), 13. https://doi.org/10.24843/ipta.2017.v05.i01.p04 Mokosolang, C., Prang, J., & Mananohas, M. (2015). Analisis Heteroskedastisitas Pada Data Cross Section dengan White Heteroscedasticity Test dan Weighted Least Squares. D’CARTESIAN, 4(2), 172. https://doi.org/10.35799/dc.4.2.2015.9056 Mubarok, N. (2017). Strategi Pemasaran Islami Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Butik Calista. I-Economics, 3(1), 73–92. Nanicova, N. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Noach Cafe And Bistro. Agora, 7(2). Natasja Hosang, Tumbel, A., & Moniharapon, S. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pasien (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Siloam Manado). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(01), 159–171. Octafian, R., & Palupiningtyas, D. (2019). Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Wisatawan (Studi Kasus Water Blaster Semarang). Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 5(2), 20–23. https://doi.org/10.35906/jm001.v5i2.362 Oroh, S., Mananeke, L., & Sangkaeng, S. (2015). Pengaruh Citra, Promosi dan Kualitas Pelayanan Objek Wisata terhadap Kepuasan Wisatawan di Objek Wisata Taman Laut Bunaken Sulawesi Utara. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(3), 1089–1100. https://doi.org/10.35794/emba.v3i3.10113 Porwaningtyas & Aida Dwi. (2009). Strategi Buy on Rumors Sell on News dan Dampaknya Terhadap Investor Bursa Efek Indonesia di Surabaya. 18–43. Putri, M. E., Nawangsih, N., & Darmawan, K. (2020). Pengaruh Promosi Dan Komponen Wisata Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Pantai Watu Pecak Kabupaten Lumajang. Jobman: Journal of Organization and Bussines Management, 3(1), 67–73. Putro, S. W. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 2(1), 1–9. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen�pemasaran/article/view/1404 Ramadhany, F., & Ridlwan, A. A. (2018). Implikasi Pariwisata Syariah Terhadap Peningkatan Pendapatan dan Kesejahteraan Masyarakat. Muslim Heritage, 3(1), 157. https://doi.org/10.21154/muslimheritage.v3i1.1303 Rosyidah, E., Sunarti, A., & Pangestuti, E. (2017). Pengaruh Daya Tarik Wisata Dan Fasilitas Layanan Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Pantai Balekambang Kabupaten Malang. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol, 51(2), 16–21. Rusman, K. (2015). Peranan Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Hasil Penjualan Produk PT. POKPHAN Luwuk Sulawesi Tengah. E-Journal, 4(5), 3. Safitasari, C., Maftukhah, I., & Artikel, I. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan, Promosi dan Citra Destinasi terhadap Kepuasan melalui Keputusan Pengunjung. Management Analysis Journal, 6(3), 310–319. https://doi.org/10.15294/maj.v6i3.17500 Samsu. (2017). Metode penelitian: teori dan aplikasi penelitian kualitatif, kuantitatif, mixed methods, serta research & development. jambi. Diterbitkan oleh: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA). Setiawan, I. (2015). Identifikasi Potensi Wisata Beserta 4a (Attraction, Amenity, Accessibility, Ancilliary) Di Dusun Sumber Wangi, Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, 1–21. https://repositori.unud.ac.id/protected/storage/upload/penelitianSimdos/ f3e2c92782684ae4ee371072d490ae74.pdf Sholeha, L., Djaja, S., & Widodo, J. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Ahass Sumber Jaya Maha Sakti Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(1), 15. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.6465 Sugawara, E., & Nikaido, H. (2014a). Properties of AdeABC and AdeIJK efflux systems of Acinetobacter baumannii compared with those of the AcrAB-TolC system of Escherichia coli. Antimicrobial Agents and Chemotherapy, 58(12), 7250–7257. https://doi.org/10.1128/AAC.03728-14 Sugawara, E., & Nikaido, H. (2014b). Strategi Pemasaran Pariwisata dalam Rangka Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah. Antimicrobial Agents and Chemotherapy, 58(12), 7250–7257. https://doi.org/10.1128/AAC.03728-14 Sukma, N. R. (2019). ANALISIS MARKETING MIX PADA PERPUSTAKAAN C2O SURABAYA (Studi Deskriptif Tentang Variabel-variabel Product, Price, Promotion, Place dilihat dari Sudut Pandang Pengguna Perpustakaan C2O Surabaya). Sulistyaningsih, A., & Rakhmawati, E. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Kastolan Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika Uny, 19(2), 123–130. Supardi. (1993). Populasi dan Sampel Penelitian. Unisia, 13(17), 100–108. https://doi.org/10.20885/unisia.vol13.iss17.art13 Wilopo, K. K., & Hakim, L. (2017). Strategi Pengembangan Destinasi Pariwisata Budaya (Studi Kasus pada Kawasan Situs Trowulan sebagai Pariwisata Budaya Unggulan di Kabupaten Mojokerto). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 42(1), 58. Wohon, S. C., Hatidja, D., & Nainggolan, N. (2017). Penentuan Model Regresi Terbaik Dengan Menggunakan Metode Stepwise ( Studi Kasus : Impor Beras Di Sulawesi Utara ) Determining the Best Regression Model Using Stepwise Method ( Case Study : Rice Imports in North Sulawesi ). Jurnal Ilmiah Sains, 17(2), 81. Yulyana, R., Hidayat, A. R., & Tresnati, R. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran Islami (Islamic Marketing Mix) terhadap Peningkatan Jumlah Muzakki pada RZ Kantor Cabang Bandung Antapani (Studi Survey pada Muzakki Kecamatan Antapani). Jurnal Prosiding Hukum Ekonomi Syariah, 2(2), 725–731. citation: Wahyuni, Tri (2021) Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan, Dan Daya Tarik Wisata terhadap Kepuasan Wisatawan dalam Berwisata Religi pada Masjid Kubah Mas Kota Depok. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/22441/1/FEB_EKIS_1702055007_%20Tri%20Wahyuni.pdf