eprintid: 22437 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/02/24/37 datestamp: 2023-03-15 08:20:31 lastmod: 2023-03-16 04:24:39 status_changed: 2023-03-15 08:20:31 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Helmi Jauhari, Ihsan title: Pengaruh Literasi Asuransi Syariah dan Religiusitas terhadap Minat Masyarakat Dalam Memilih Asuransi Syariah (Studi Kasus Masyarakat Bekasi Timur) ispublished: pub subjects: HG divisions: Ekonomi_Islam abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Literasi Asuransi Syariah dan Religiusitas terhadap Minat Masyarakat dalam Memilih Asuransi Syariah di Bekasi Timur. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah literasi asuransi syariah (X1), religiusitas (X2), terhadap minat masyarakat dalam memilih asuransi syariah (Y). Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang mana dalam pengambilan sampel menggunakan teknik pengambilan data dengan kuesioner atu yang disebut dengan instrumen penelitian. Sedangkan untuk Populasinya adalah masyarakat Bekasi Timur. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Penelitian ini diolah dengan menggunakan software IBM SPSS 24.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial (Uji t) variabel Literasi Asuransi Syariah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Masyarakat dalam Memilih Asuransi Syariah. Kemudian variabel Religiusitas secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Minat Masyarakat dalam Memilih Asuransi Syariah. Hasil uji F menunjukkan bahwa Literasi Asuransi Syariah dan Religiusitas secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Minat Masyarakat dalam Memilih Asuransi Syariah. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Amrin, A. (2007). “Meraih Berkah Melalui Asuransi Syariah”. Ahmed, N. S. (2013). “The Non-Financial factors influencing the performance of islamic insurance in Kenya: a case study of Takaful insurance of Africa”. European journal of Business and Management. Ali, Z (2008), “Hukum Asuransi syariah”. Jakarta: Sinar Grafika. Al-Qardhawi, M. (2001), “Peran nilai dan moral dalam perekonomian Islam”. Jakarta: Rabbani Press. Al Mahi, A. S. M. M., Sim, C. S., & Hassan, A. F. (2017). “Religiosity and Demand for Takaful (Islamic Insurance): A Preliminary Investigation”. Aziz, S., Husin, M. M., Hussin, N., & Afaq, Z. (2019). “Factors that influence individuals’ intentions to purchase family takaful mediating role of perceived trust”. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics. Bakri, W. (2015). Prinsip-Prinsip dasar Asuransi Syariah. Ijtihad: Jurnal Hukum dan Ekonomi Islam, 9(2), 195-214. Chotimah, A. C. (2019). “Pengaruh religiusitas, pengetahuan, dan premi terhadap masyarakat (anggota asuransi syariah) Kelurahan Tambakaji Kecamatan Ngaliyan dalam keputusan berasuransi syariah”. Doctoral dissertation, UIN Walisongo. Daradjat, Z (2005), “Ilmu Jiwa Agama”. Jakarta: Bulan Bintang. Dewan Syariah Nasional MUI. (2006). ”Fatwa-Fatwa Dewan Syariah Nasional Nasional MUI revisi 2006”. Djaruli dan Jannwarif. (2002). “lembaga-lembaga Perekonomian Umat” . Jakarta: PT Grafindo Persada. Djojosoedarso, S (2003). “Prinsip-Prinsip Manajemen Risiko dan Asuransi” Jakarta: Salemba Empat. Fauzi, A., & Murniawaty, I. (2020). “Pengaruh Religiusitas dan Literasi Keuangan Syariah Mahasiswa terhadap Minat Menjadi Nasabah di Bank Syariah”. Economic Education Analysis Journal, 9(2). Ghozali. (2016). “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23”. Semarang: BPFE Universitas Diponegoro. Hamdan, F. (2008). “The Role Of Religiusity In Improving The Intention OF Buying Sharia Micro Insurance Products. Case Study Of Bogor BMT Customers.” Review of Islamic Economics and Finance, 1(2). Handayani, T., & Fathoni, M. A. (2019). “Persepsi masyarakat terhadap asuransi syariah”. Proceeding of Conference on Islamic Management, Accounting, and Economics (Vol. 2). Handayani, T., Yetty, F., & Priyatno, P. D. (2020). “Apa Pertimbangan Masyarakat Berasuransi Syariah di Jabodetabek?”. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Islam, 8(1). Ismanto, K. (2016). “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Asuransi Syari'ah”. Jurnal Hukum Islam. Ismanto, K. (2020). “Empirical Study of Community Interest to Islamic Insurance”. Tazkia Islamic Finance and Business Review. Iqbal, M. (2005). “Asuransi Umum Syariah dalam Praktik”. Jakarta:Gema Insani Press. Jalaluddin, J. (2018). “Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Masyarakat Banda Aceh Dalam Pemilihan Asuransi Jiwa Syariah”. Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam, 4(1). Jalaluddin, J. (2010). “Psikologi Agama”. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Jannah, D. M., & Nugroho, L. (2019). “Strategi Meningkatkan Eksistensi Asuransi Syariah di Indonesia”. Jurnal Maneksi, 8(1). Kamisa. (1997). “Kamus Lengkap Bahasa Indonesia”. Surabaya: Kartika Kania, N., Fauziah, N. E., & Suwarsi, S. (2016). “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Pengetahuan Konsumen terhadap Keputusan Nasabah dalam Memilih Produk Asuransi Syariah di PT. Prudential Life Assurance Cabang Bandung”. Kasmir. (2012).”Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya”. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Khumaini, S., & Husein, M. T. (2020). “Persepsi Dan Minat Masyarkat Terhadap Asuransi Syariah Di Kabupaten Tangerang”. JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 9(2). Idrak, M, Dkk (Tim Peduli Pelajar). (2010), “Sosiologi Untuk SMA X, XI, XII”. Yogyakarta: Messemedia. Antonio, S. (1994), “Asuransi dalam prespektif Islam”. Jakarta, STI. Sula, S. (2004). “Asuransi Syari'ah Konsep dan Sistem Operasional”. Jakarta: GIP. Na’im & Syaputra. (2011) “Hasil Sensus Penduduk 2010”, Jakarta: BPS. Nasrullah, M. (2015). “Islamic Branding, Religiusitas dan Keputusan Konsumen terhadap Produk”, Jurnal Hukum Islam, Volume 13, No. 2. Nazruddin. (Maret, 2018). Pendapat Ulama tentang Asuransi Syariah. Diakses pada 29 Juli 2020, dari http://www.nazrudin.com/2018/03penadapat-ulama-tentang-asuransi-syariah.html Newaz, F. T., Fam, K. S., & Sharma, R. R. (2016). “Muslim religiosity and purchase intention of different categories of Islamic financial products”. Journal of Financial Services Marketing, 21(2). Hasan, N. I. (2014), “Pengantar Asuransi Syariah”. Jakarta: Gaung Persada Press Group. Oktaviani, B. (2017). “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pegawai Universitas Islam Indonesia Menggunakan Asuransi Syariah”. Rezky K. A, Z., Sholehah, S (2016). “Asuransi Syariah”, Yogyakarta: Parama Publishing. Rasyidah, U. (2018). “Kontribusi motif dan keyakinan nasabah pada pemantapan minat berasuransi syariah di Lombok”. Reitsma, Jan, dkk (2006). “Dimension of Individual Religiosity and Charity: Croos National Effect Differences in European Countries. On Review of Religious Research”. Ridwan. (2006), “Metode & Teknik Penyusunan Tesis”. Bandung: Alfabeta. Sardiana, A. (2016). “The Impact of Literacy to Shariah Financial Service Preferences”. Etikonomi, 15(1). Salsabila. (2016). ”Peran demografi terhadap Literasi Asuransi Syariah”. Staff Departemen Riset dan Pengembangan SEF UGM. Sofhian, S., & Suleman, S. N. A. (2017). “Pengaruh Kualitas Produk dan Religiusitas Terhadap Keputusan Nasabah dalam Memilih Asuransi Syariah di PT. Prudential Life Anssurance Cabang Kota Gorontalo”. Li Falah: Journal of Islamic Economics and Business Studies, 2(1). Souiden, N., & Jabeur, Y. (2015). “The impact of Islamic beliefs on consumers’ attitudes and purchase intentions of life insurance”. International Journal of Bank Marketing. Sugiyono. (2017). “Metode Penelitian Bisnis”. Bandung: Alfabeta. Suharyat. (2009). “Hubungan Antara Sikap Minat Dan Perilaku Manusia”. Syahatah, H. (2006), “Asuransi Dalam Perspektif Syariah”, Jakarta: Sinar Grafika Offset. Wijanarko, A., & Rachmawati, L. (2020). “Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Islamic Branding, dan Religiusitas Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Layanan Keuangan Syariah”. Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam, 3(1). Walfajri, M. (Januari, 2020). OJK catat premi asuransi tumbuh. Diakses pada 26 Juni 2020 dari https://keuangan.kontan.co.id/news/ojk-catat-premi-asuransi-tumbuh-1669-pada-januari-2020 Zulfison, Z., Puspita, P., & Tyanto, R. (2020). “Pengaruh Religiusitas, Kelompok Referensi dan Pengetahuan Terhadap Bank Syariah DKI Jakarta”. Al-Masraf: Jurnal Lembaga Keuangan dan Perbankan, 5(1). citation: Helmi Jauhari, Ihsan (2020) Pengaruh Literasi Asuransi Syariah dan Religiusitas terhadap Minat Masyarakat Dalam Memilih Asuransi Syariah (Studi Kasus Masyarakat Bekasi Timur). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/22437/2/FEB_EKIS_1602055035_IHSAN%20HELMI%20JAUHARI.pdf