relation: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/22203/ title: Book chapter Applied Public Relations bekerjasama dengan PERHUMAS BPC Yogyakarta dan ASPIKOM. (2017). ‘Analisis STOP-SIT Rumah Sakit Brawijaya Woman and Children’. Yogyakarta : Literia. ISBN : 978-602-6751-58-6. 137-150. Jumlah halaman 152. creator: Novi Andayani Praptiningsih, NAP subject: Z004 Books. Writing. Paleography description: Strategi komunikasi yang tepat akan memudahkan suatu perusahaan untuk memasarkan dan mempromosikan produk/jasa yang dihasilkan sebuah perusahaan. Untuk mempertahankan eksistensi dalam bersaing dengan kompetitor sejenis, maka Rumah Sakit Brawijaya Women and Children harus mempertahankan citra dan reputasi agar senantiasa memperoleh goodwill dari masyarakat, terutama customer-nya. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui strategi komunikasi dalam merancang special events Rumah Sakit Brawijaya Women and Children, mengetahui pelaksanaan kegiatan special events yang dilaksanakan Rumah Sakit Brawijaya Women and Children, mengetahui hambatan-hambatan apa saja yang ditemui atau yang terjadi dalam pelaksanaan special events, serta untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan�hambatan yang ditemui dalam pelaksanaan special events oleh Rumah Sakit Brawijaya Women and Children. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Wawancara secara mendalam dilakukan terhadap tiga nara sumber yang kompeten untuk menjawab tujuan penelitian yaitu, Marketing and Public Relations Manager, Public Relations Officer dan Marketing Officer. Teknik analisis data dilakukan menggunakan analisa STOP-SIT. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Strategi Public Relations yang dilakukan oleh Rumah Sakit Brawijaya Women and Children untuk mempertahankan eksistensinya dalam bersaing dengan rumah sakit sejenis lainnya dengan target market sebagai rumah sakit khusus yang peduli terhadap kesehatan wanita dan anak dengan konsep dan segmentasi berbeda mampu mempertahankan citra yang telah terbentuk melalui publisitas positif. Dengan diterapkannya special events sebagai strategi Public Relations, maka Rumah Sakit Brawijaya Women and Children telah memilih cara yang efektif serta efisien dalam penyebaran pesan dan informasi dengan kekuatan membujuk dan mendidik target marketnya melalui publikasi di media massa. Special events ini juga dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan para target market secara ekonomis dan dengan komunikasi yang efektif. Pola dan kinerja tim menghasilkan koordinasi yang baik sejak sebelum acara, pelaksanaan hingga setelah special events dilaksanakan. Keywords : Analisis STOP-SIT, Special Events, Rumah Sakit publisher: Literia, Yogyakarta type: Book Section type: PeerReviewed format: text language: id identifier: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/22203/1/Bookchapter%20Applied%20PR_Analisis%20STOP-SIT_2017.pdf identifier: Novi Andayani Praptiningsih, NAP Book chapter Applied Public Relations bekerjasama dengan PERHUMAS BPC Yogyakarta dan ASPIKOM. (2017). ‘Analisis STOP-SIT Rumah Sakit Brawijaya Woman and Children’. Yogyakarta : Literia. ISBN : 978-602-6751-58-6. 137-150. Jumlah halaman 152. In: Applied Public Relations. Literia, Yogyakarta, pp. 137-150.