eprintid: 22101 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3858 dir: disk0/00/02/21/01 datestamp: 2023-04-02 11:00:38 lastmod: 2023-04-02 11:00:38 status_changed: 2023-04-02 11:00:38 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Kavila, Nina creators_name: Nurhasnah, Nurhasnah creators_name: Rusdi, Numlil Khaira title: TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN TE RHADAP PELAYANAN INSTALASI FARMASI RSBT PANGKALPINANG ERA PANDEMI ispublished: pub subjects: R subjects: RS divisions: 48201 abstract: Pada saat pandemi COVID-19 Virus ini telah menyebar ke berbagai negara bahkan sudah mendunia. Dalam melakukan pelayanan kefarmasian, Rumah sakit harus menjaga kualitas pelayanan yang diberikan karna hal tersebut sangat berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Indikator kualitas pelayanan dapat diukur dengan menggunakan lima dimensi penilaian meliputi, fasilitas berwujud, kehandalan, ketanggapan, jaminan dan empati. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien BPJS rawat jalan terhadap pelayanan instalasi farmasi di Rumah Sakit Bakti Timah Pangkalpinang di era pandemi. Metode penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Kepuasan pasien dinilai menggunakan kuisioner berdasarkan lima dimensi kualitas pelayanan dengan sampel penelitian 100 pasien BPJS di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Bakti Timah Pangkalpinang. Berdasarkan perhitungan tingkat kepuasan pasien terhadap indikator kehandalan sebesar 76% memberikan nilai puas, indikator ketanggapan sebesar 59% memberikan nilai cukup puas, indikator fasilitas bewujud sebesar 57,4% memberikan nilai cukup puas, indikator jaminan sebesar 57,8% memberikan nilai cukup puas, indikator empati sebesar 58,7% memberikan nilai cukup puas. Persentase rata-rata tingkat kepuasan pasien BPJS rawat jalan secara keseluruhan adalah 61,68% yakni puas. Kata kunci: Kualitas Pelayanan, RSBT Pangkal pinang date: 2022 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: Fakultas Farmasi dan Sains thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Agus, DS. 2015. Hubungan Mutu Pelayanan BPJS Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Instalasi Rawat Inap Kelas II Rumah Sakit Umum Daerah Sekayu. Akademi Keperawatan Pemerintahan Kabupaten Musi Bayuasin. Anas, A. S. A., & Abdullah, A. Z. (2008). Studi Mutu Pelayanan Berdasarkan Kepuasan Pasien di Klinik Gigi dan Mulut RSUP Dr . Wahidin Sudirohusodo Makassar. Dentofasial, 7(2), 99– 106. Budianti, N. 2016. Evaluasi Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Kecamatan Kelapa Gading. Fakultas Farmasi dan Sains Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. Jakarta. Burhanuddin, K. R., Heedy, T., & Yamlean, paulina V. Y. (2016). Evaluasi Pelayanan Kefarmasian Dalam Pendistribusian Sedian Farmasi di Instalasi Farmasi RSUP PROF.Dr.R.D.Kandou Manado. PHARMACON Jurnal Ilmiah Farmasi –UNSRAT, 5(2), 313–321. Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2008. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 269/MENKES/PER/III/2008. Tentang Rekam Medis. Jakarta. Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2011. Undang – undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2011. Tentang Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial. Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta. Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2016. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2016. Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit. Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta. Eka, M., Ruslan, M., & Nurnasrianajufri. (2016). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Kepada Kepuasan Pasien BPJS di RSUD Kota Kediri Tahun 2016. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, 1(4). Fadlilah T. 2009. Pengetahuan dan Sikap Pasien BPJS dalam hal kepuasan pasien di Instalasi Rawat Inap RSU Dr. Pirngadi Medan. Skripsi. Universitas Sumatra Utara Medan. Firdaus, FF. 2015. Evaluasi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Peserta BPJS di RSUD Panembahan Senopati Bantul. Thesis : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Fuzna, EU. 2014. Kepuasan Pasien BPJS (Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial) Terhadap Pelayanan di Unit Rawat Jalan (URJ) Rumah Sakit Permata Medika Semarang. Semarang. Hariantono, S. 2004. Penebusan Resep Oleh Pasien Rawat Jalan dan FaktorFaktor yang mempengaruhinya. Departemen Farmasi FMIPA-UI Litbangkes RI: Majalah Ilmu Kefarmasian. Hayaza. 2013. Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Kamar Obat di Puskesmas Surabaya Utara. Jurnal ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. Vol. 2. Husein, U., 2002. Pengantar Teori Penelitian. PPB FIP UPI. Bandung. Kementerian Kesehatan RI. 2004. Tentang Sistem Jaminan Sosial. Jakarta: Departemen Kesehatan RI. Kementerian Kesehatan RI. 2008. Standar Pelayanan Farmasi Di Rumah Sakit. Jakarta: Departemen Kesehatan RI. Kementerian Kesehatan RI. 2013. Jaminan Pemeliharaan Kesehatan. Jakarta: Departemen Kesehatan RI. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2014. Buku Saku FAK BPJS Kesehatan. Jakarta: Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan RI. Khaerani, K., Handayany, G.N. and Sukamto, H., Evaluasi Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Apotek Rawat Jalan RSUP DR. Wahidin Sudirohusodo Kota Makassar. Jurnal Kesehatan, 1(1), pp.25- 31. Kotler,Philip dan Kevin Lane Keiler. 2009. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Erlangga. Hlm. 145. Krisnadewi AK, Subagio PB, Wiratmo. 2014. Evaluasi Standar Pelayanan Minimal Instalasi Farmasi RSUD Wauyo Jati Karaksaan Sebelum dan Sesudah Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Jurnal Fakultas Farmasi Universitas Jember: Jember. Kusuma, K. A., Budi, S. P., & Wiratmo. (2014). Evaluasi Standar Pelayanan Minimal Instalasi Farmasi RSUD Waluyo Jati Kraksaan Sebelum dan Sesudah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. E-Jurnal Pustaka Kesehatan, 2(2), 192–198. Menkes, R.I., 2009. UU RI No 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit. Peratur Menteri Kesehatan tentang Rumah Sakit, 1. Murtiana, E., Majid, R. and Jufri, N.N., 2017. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Kepada Kepuasan Pasien Bpjs di RSUD Kota Kendari Tahun 2016. (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat), 1(4). Moenir. 2002. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara. Hlm. 27. Ningrum, RAS. 2018. Evaluasi Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Rawat Jalan terhadap Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi RSAU dr. Esnawan Antariksa Periode Agustus-September 2018 . Skripsi. Jakarta Okta, M., 2019. Pengaruh Mutu Layanan Kefarmasian Waktu Tunggu Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di RSUD Dr. H Abdul Moeloek Provinsi Lampung Tahun 2019. Jurnal Ilmu Farmasi, 1(1). Panjaitan, L. 2017. Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Peserta BPJS Kesehatan terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek RSUD Dr. Hadrianus Sinaga Pangrurann Kabupaten Samosir. Fakultas Farmasi. Universitas Sumatera Utara. Medan. Pemerintah RI. 2009. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009. Tentang Rumah Sakit. Jakarta: Lembaran Negara RI No.1 P]emerintah RI. 1992. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 1992. Tentang Kesehatan. Jakarta: RI. Permenkes, R.I., No 55 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Perekam Medis [Internet]. Tersedia dalam www.hukor. depkes. go. id [Diakses 07 Mei 2015]. Pohan, I.S., 2007. Jaminan mutu layanan kesehatan: dasar-dasat pengertian dan penerapan. EGC. Pratiwi, D., Wahyono dan Sampurno. 2013. Analisis Kepuasan Pasien Farmasi Rawat Jalan menggunakan Metode Servqual: Studi di Rumah Sakit Swasta X Jakarta. Jurnal Manajemen dan Pelayanan Farmasi. Vol.3, No.1 : 24-29 Purwanto, H., 2016. Hubungan Mutu Pelayanan Metode Servqual Dengan Kepuasan Pasien BPJS Di Instalasi Farmasi RSUD Dr. H. Abdul Moeloek. Jurnal Ilmu Kedokteran dan Kesehatan, 3(1). Sari, AP. 2015. Perbedaan Tingkat Kepuasan Pasien BPJS dan Pasien Umum di RSUD Dr. Soedirman Mangun Sumarso Wonogiri. Fakultas Kedokteran. Universitas Muhammadiyah Surakarta Suryati, Widjanarko B, Istiarti VGT. 2017. Faktor - Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien BPJS terhadap Pelayanan Rawat Jalan di Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Diponegoro. Semarang citation: Kavila, Nina dan Nurhasnah, Nurhasnah dan Rusdi, Numlil Khaira (2022) TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN TE RHADAP PELAYANAN INSTALASI FARMASI RSBT PANGKALPINANG ERA PANDEMI. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/22101/1/FS03-220298.pdf