@phdthesis{repository22101, school = {Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA}, title = {TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN TE RHADAP PELAYANAN INSTALASI FARMASI RSBT PANGKALPINANG ERA PANDEMI}, year = {2022}, url = {http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/22101/}, abstract = {Pada saat pandemi COVID-19 Virus ini telah menyebar ke berbagai negara bahkan sudah mendunia. Dalam melakukan pelayanan kefarmasian, Rumah sakit harus menjaga kualitas pelayanan yang diberikan karna hal tersebut sangat berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Indikator kualitas pelayanan dapat diukur dengan menggunakan lima dimensi penilaian meliputi, fasilitas berwujud, kehandalan, ketanggapan, jaminan dan empati. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien BPJS rawat jalan terhadap pelayanan instalasi farmasi di Rumah Sakit Bakti Timah Pangkalpinang di era pandemi. Metode penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Kepuasan pasien dinilai menggunakan kuisioner berdasarkan lima dimensi kualitas pelayanan dengan sampel penelitian 100 pasien BPJS di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Bakti Timah Pangkalpinang. Berdasarkan perhitungan tingkat kepuasan pasien terhadap indikator kehandalan sebesar 76\% memberikan nilai puas, indikator ketanggapan sebesar 59\% memberikan nilai cukup puas, indikator fasilitas bewujud sebesar 57,4\% memberikan nilai cukup puas, indikator jaminan sebesar 57,8\% memberikan nilai cukup puas, indikator empati sebesar 58,7\% memberikan nilai cukup puas. Persentase rata-rata tingkat kepuasan pasien BPJS rawat jalan secara keseluruhan adalah 61,68\% yakni puas. Kata kunci: Kualitas Pelayanan, RSBT Pangkal pinang}, author = {Kavila, Nina and Nurhasnah, Nurhasnah and Rusdi, Numlil Khaira} }