eprintid: 21906 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3858 dir: disk0/00/02/19/06 datestamp: 2023-04-02 10:42:45 lastmod: 2023-04-02 10:42:45 status_changed: 2023-04-02 10:42:45 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Islami, Syikka Maulidiah creators_name: Fauziah, Siti title: EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN INSTALASI FARMASI DI RUMAH SAKIT ISLAM JAKARTA PONDOK KOPI PERIODE APRIL-MEI 2022 ispublished: pub subjects: R subjects: RS divisions: 48201 abstract: Kepuasan pasien dapat dijadikan tolak ukur untuk mengetahui kualitas pelayanan yang diberikan oleh Rumah Sakit atau instalasi farmasi Rumah Sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan pasien BPJS terhadap pelayanan kefarmasian di instalasi farmasi Rumah Sakit Islam Jakarta Pondok Kopi. Metode penelitian ini menggunakan metode deksriptif non- eksperimental. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan metode survei. Hasil kepuasan yang didapat dari 400 responden yang menerima pelayanan kefarmasian di Rumah Sakit Islam Jakarta Pondok Kopi menunjukan tingkat kepuasan berdasarkan 5 dimensi yaitu, untuk dimensi kehandalan (Reliability) sebesar 84,14% yakni sangat puas, dimensi ketanggapan (Responsiveness) sebesar 91,88% yakni sangat puas, dimensi empati (Emphaty) sebesar 93,63% yakni sangat puas, dimensi jaminan (Assurance) sebesar 94,89% yakni sangat puas, dan dimensi fasilitas berwujud (tangibles) sebesar 93,67% yakni sangat puas. Dengan nilai rata-rata keseluruhan yan diperoleh yaitu 91,64%. Skor tersebut berada pada interval 76%-100% dengan kategori sangat puas. Kata kunci: Kepuasan pasien, pelayanan kefarmasian, BPJS date: 2022 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: Fakultas Farmasi dan Sains thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Anggaraeni, N. M. (2021). Pengaruh Waktu Tunggu, Keramahan Petugas Dan Kompetensi Petugas Terhadap Kepuasan Pelanggan UPTD Puskesmas II Negara (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Sumber Daya Manusia). Jurnal Ilmu Hukum Humaniora Dan Politik, 1(2), 225–234 Astuti, N. K., & Kudarto, W. (2018). Analisis Kepuasan Pasien BPJS Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Instalasi Farmasi Rumah Sakit UNS.JPSCR : Journal of Pharmaceutical Science and Clinical Research, 3(2), 84. https://doi.org/10.20961/jpscr.v3i2.22162 Ayuchecaria, N., Purwatini, L., & Damayanti, G. (2018). Gambaran Kualitas Pelayanan Kefarmasian Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Depo BPJS RSUD Ulin Banjarmasin. Jurnal Insan Farmasi Indonesia, 1(April), 34–41.http://jiis.akfarisfibjm.ac.id/index.php?journal=JIFI&page=article&op=view&path% 5B%5 D=157 Bandan Penyelenggaraan Jaminan Soisal Nomor 24 Tahun 2011. Jakarta: Presiden Republik Indonesia. (2011). Undang-Undang BPJS. Badan POM RI. 2015. Pusat Informasi Obat Nasional. https://pionas.pom.go.id/ioni/lampiran-6-petunjuk-praktis-penggunaan-obat yang-benar/pemberian-informasi-obat-untuk Departemen kesehatan RI. (2014). Peraturan Mentri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014. Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian Di Rumah Sakit. Jakarta: Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Fitriah, N., & Wiyanto, S. (2016). Penyebab dan Solusi Lama Waktu Tunggu Pelayanan Obat di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit Causes and Solutions for Waiting Time Duration on Drug Services of Hospital Outpatient. Jurnal Kedokteran Brawijaya, 29(3), 245–251. http://jkb.ub.ac.id/index.php/jkb/article/view/1634 Katiandagho, I., Mongi, J., Sambou, C., & ... (2020). Evaluasi Kepuasan Pasien BPJS Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Pemberian Obat Di Instalasi Farmasi RSU GMIM Pancaran Kasih Manado. Biofarmasetikal…,3(2),84– 88. https://journal.fmipaukit.ac.id/index.php/jbt/article/view/289 Kartika, N. F. (2017). Implementasi Fuzzy - Service Quality Terhadap Tingkat Kepuasan Layanan Mahasiswa Implementation of Fuzzy – Service Quality for Student Service Level of Satisfaction. Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA, 7(1), 38–49. Kementrian Kesehatan Republik Indonesi. (2014). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Kementrian Kesehatan Republik Indonesi. (2016). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2016. Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia Kementrian Kesehatan Republik Indonesi. (2020). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020. Tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit. kementrian Kesehatan Republik Indonesia Listiyono, R. A. (2015). Studi Deskriptif Tentang Kuaitas Pelayanan di Rumah Sakit Umum Dr. Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto Pasca Menjadi Rumah Sakit Tipe B. Jurnal Kebijakan Dan ManajemenPublik, 1(1), 2–7. Manapode, M., Tampa’i, R., & Pareta. (2021). Evaluasi Kepuasan Pelayanan Kefarmasian Di Instalasi Farmasi RSJ. Prof. DR. VL Ratumbuysang. Biofarmasetikal,4(1),109–117. https://journal.fmipaukit.ac.id/index.php/jbt/article/view/317 Muzer, A. (2020).”Pengaruh Kualitas Pelayanan, Usia, Tingkat pendidikan, Jenis kelamin, dan Status Perkawinan Terhadap Kepuasan Pasien dan Kepercayaan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Paru dr. Arion Wiraman Salatiga”. Skripsi. Sekolah Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta.Surakarta. Novaryatiin, S., Ardhany, D. S., & Aliyah, S. (2018). 258508-Tingkat-KepuasanPasien-Terhadap- Pelayan-13B3250D. TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI RSUD Dr., 1(1), 22–26. Noviana, P. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Pelayanan Instalasi Farmasi di Rsud Pare Menggunakan Metode Servqual Patients. Jurnal Wiyata, 4(2), 111– 120. Prihartini, N., Yuniar, Y., Susyanty, A. L., & Raharni, R. (2020). KepuasanPasien Rawat Jalan terhadap Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit dan Puskesmas di 11 Provinsi di Indonesia. Jurnal Kefarmasian Indonesia,10(1),42–49. https://doi.org/10.22435/jki.v10i1.1697 Rahardja, U. Lutfiani, N. Rahmawati, R. (2018). Persepsi Mahasiswa Terhadap Berita Pada Website APTISI. Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA,8(2). Raheem, A. R., Nawaz, A., Fouzia, N., & Imamuddin, K. (2014). Patients ’ Satisfaction and Quality Health Services : An Investigation from Private Hospitals of Karachi , Pakistan. 3(7), 34–38. Republik Indonesia. (2011). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24Tahun 2011 Tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.Jakarta: Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. Sari, E. N., Citraningtyas, G., & Jayanto, I. (2019). Tingkat Kepuasan Pasien Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (Jkn) Rawat Jalan Terhadap Kualitas Pelayanan Obat Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Siloam Manado. Pharmacon, 8(3), 639. https://doi.org/10.35799/pha.8.2019.29387 Sarwono S. (2017). Sosiologi Kesehatan: Beberapa Konsep Beserta Aplikasinya. Yogyakarta: UGM; 19 Sukamto, H. (2017). Evaluasi Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Rawat Jalan RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Kota Makasar. Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Uin AlaudinMakassar. Makassar. Sulistyawati, N. L. M., Perdana, N., Maidin, A., Syafar, M., Amiruddin, R., & Jafar, N. (2011). Hubungan Kualitas Pelayanan Farmasi Pasien Rawat Jalan TErhadap Kepuasan dan Keputusan Beli Ulang Obat IFRS Jala Ammari Makassar. Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin, 6(2), 112–145. http://pasca.unhas.ac.id/jurnal/files/a6e4f2fcba3a03deea91b688e72bde44.pdf Siregar,S. (2010). Statistika Deskriptif Untuk Penelitian. Jakarta: Pt Rajagrafindo Persada. Ulinuha, F. (2014). Kepuasan pasien BPJS (Badan Penyelenggara JaminanSosial) terhadap Pelayanan di Unit Rawat Jalan Rumah Sakit Permata Medika Semarang. Kesehatan Dinus, 2–8. U. Sudjana 2, A. S. (2020). Hukum, Mahasiswa Fakultas Padjadjaran, Universitas Kesehatan, Fasilitas Jaminan, Badan Penyelenggara. 4(1). Yuniar, Y., & Handayani, R. S. (2016). Kepuasan Pasien Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek. Jurnal Kefarmasian Indonesia, 6(1), 39–48. https://doi.org/10.22435/jki.v6i1.5468.39-48 citation: Islami, Syikka Maulidiah dan Fauziah, Siti (2022) EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN INSTALASI FARMASI DI RUMAH SAKIT ISLAM JAKARTA PONDOK KOPI PERIODE APRIL-MEI 2022. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/21906/1/FS03-220402.pdf