eprintid: 21877 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 3858 dir: disk0/00/02/18/77 datestamp: 2023-04-02 10:42:01 lastmod: 2023-04-02 10:42:01 status_changed: 2023-04-02 10:42:01 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Santri, Nova creators_name: Fauziyah, Siti title: EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN INSTALASI FARMASI DI RS MUHAMMADIYAH PALEMBANG PERIODE JANUARI-FEBRUARI 2022 ispublished: pub subjects: R subjects: RS divisions: 48201 abstract: Kepuasan seorang pasien dapat dijadikan tolak ukur untuk mengetahui kualitas pelayanan yang diberikan oleh Rumah Sakit atau instalasi farmasi Rumah Sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan pasien BPJS terhadap pelayanan kefarmasian di instalasi farmasi Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif noneksperimental. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan metode survei. Hasil kepuasan yang didapat dari 353 responden yang menerima pelayanan kefarmasin di RS Muhammadiyah Palembang menunjukan tingkat kepuasan berdasarkan 5 dimensi yaitu, untuk dimensi kehandalan (Reliability) sebesar 76,21% yakni sangat puas, dimensi ketanggapan (Responsiveness) sebesar 87,39% yakni sangat puas, dimensi empati (Emphaty) sebesar 84,44% yakni sangat puas, dimensi jaminan (Assurance) sebesar 81,09% yakni sangat puas, dan dimensi fasilitas berwujud (tangibles) sebesar 81,09% yakni sangat puas. Dengan nilai rata-rata keseluruhan yang diperoleh yaitu 83,16%. Skor tersebut berada pada interval 76%-100% dengan kategori sangat puas. Kata kunci: kepuasan pasien, pelayanan kefarmasian, BPJS date: 2022 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: Fakultas Farmasi dan Sains thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Anggaraeni, N. M. (2021). Pengaruh Waktu Tunggu, Keramahan Petugas Dan Kompetensi Petugas Terhadap Kepuasan Pelanggan UPTD Puskesmas II Negara (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Sumber Daya Manusia). Jurnal Ilmu Hukum Humaniora Dan Politik, 1(2), 225–234. Ayuchecaria, N., Purwatini, L., & Damayanti, G. (2018). Gambaran Kualitas Pelayanan Kefarmasian Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Depo BPJS RSUD Ulin Banjarmasin. Jurnal Insan Farmasi Indonesia, 1(April), 34–41. http://jiis.akfarisfibjm.ac.id/index.php?journal=JIFI&page=article&op=view&path%5B%5 D=157 Badan POM RI. 2015. Pusat Informasi Obat Nasioanl. https://pionas.pom.go.id/ioni/lampiran-6-petunjuk-praktis-penggunaan-obatyang-benar/pemberian-informasi-obat-untuk Beda Ama, P. G., Wahyuni, D., & Kurniawati, Y. (2020). Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Preferensi dalam Memilih Pelayanan Kesehatan pada Mahasiswa Perantau. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 9(01), 35–42. https://doi.org/10.33221/jikm.v9i01.479 Budiman, B., & Meliana, E. (2021). Analisis Mutu Layanan Perawatan Instalasi Rawat Jalan Rsud Petanang Lubuk Linggau. Journal of Safety and Health, November, 47–57. http://ojs.ukb.ac.id/index.php/josh/article/view/381 Fitriah, N., & Wiyanto, S. (2016). Penyebab dan Solusi Lama Waktu Tunggu Pelayanan Obat di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit Causes and Solutions for Waiting Time Duration on Drug Services of Hospital Outpatient. Jurnal Kedokteran Brawijaya, 29(3), 245–251. http://jkb.ub.ac.id/index.php/jkb/article/view/1634 Herudiansyah, G., Candera, N.,& Haminsyah, K. (2020. Analisis Pengaruh Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan pasien Pada Rumah Sakit Muhammadiayh Palembang. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Auditing, dan Akuntansi. 5(1), 1-12. Iman, A. T., Lena, D. 2017. Manajemen Mutu Informasi Kesehatan: Quality Assurance. Jakarta. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Kartika, N. F. (2017). Implementasi Fuzzy - Service Quality Terhadap Tingkat Kepuasan Layanan Mahasiswa Implementation of Fuzzy – Service Quality for Student Service Level of Satisfaction. Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA, 7(1), 38–49. Kementrian Kesehatan Republik Indonesi. (2015). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 99 Tahun 2015. Tentang Pelayanan Kesehatan Pada Jaminan Kesehatan Nasioanl. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia Kementrian Kesehatan Republik Indonesi. (2016). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2016. Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Kementrian Kesehatan Republik Indonesi. (2020). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020. Tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit. kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Kurniasih, F. D., Amalia,L., & Anggraini, Y. (2016). Analisis Mutu Pelayanan Farmasi Di Unit Rawat Jalan Rumah Sakit X Di Bogor. Social Clinical Luh, N., Sulistyawati, M., Perdana, N., & Maidin, A. (2011). Hubungan Kualitas Pelayanan Farmasi PAsien Rawat Jalan TErhadap Kepuasan dan Keputusan Beli Ulang Obat IFRS Jala Ammari Makassar. Fakultas Kesehatan Masyarakat UNHAS-MAKASSAR, 6(2), 112–145. Muzer, A. (2020).” Pengaruh Kualitas Pelayanan, Usia, Tingkat Pendidikan, Jenis Kelamin, dan Status Perkawinan Terhadap Kepuasan Pasien dan Kepercayan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Paru dr. Arion Wirawan Salatiga”. Skripsi. Sekolah Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta.Surakarta. Novaryatiin, S., Ardhany, S. D., Aliyah, S., Science, H., Palangkaraya, U. M., Milono, R. T. A., Km, S., & Raya, P. (2018). 258508-Tingkat-KepuasanPasien-Terhadap-Pelayan-13B3250D. 1(1), 22–26. Nurhidayah, A. S., & Emelia, R. (2022). Terhadap Standar Pelayanan Kefarmasian Di Rsau Lanud Sulaiman Bandung. 2(1), 60–68. Nuryadi. Astuti, D. T., Utami, S. E., Budiantara, M. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: SIBUKU MEDIA. Pratama, Y. D., & Farina, T. (2021). Perlindungan hukum terhadap pasien BPJS Kesehatan dalam mendapatkan pelayanan kesehatan di RSUD dr. Doris Sylvanus Palangka Raya. Journal of Environment and …. https://ejournal.upr.ac.id/index.php/jem/article/view/2948 Prihandiwati, E., Muhajir, M., Alfian, R., & Feteriyani, R. (2018). Tingkat Kepuasan Pasien Puskesmas Pekauman Banjarmasin Terhadap Pelayanan Kefarmasian. Journal Current Pharmaceutical Sciences, 1(2), 63–68. Prihartini, N., Yuniar, Y., Susyanty, A. L., & Raharni, R. (2020). Kepuasan Pasien Rawat Jalan terhadap Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit dan Puskesmas di 11 Provinsi di Indonesia. Jurnal Kefarmasian Indonesia, 10(1), 42–49. https://doi.org/10.22435/jki.v10i1.1697 Rahardja, U. Lutfiani, N. Rahmawati, R. (2018). Persepsi Mahasiswa Terhadap Berita Pada Website APTISI. Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA, 8(2). Republik Indonesia. (2011). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2011 Tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.Jakarta: Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. Sholehah,B.M.,Sudjana,D.,Suryaman,A. 2020. Perlindungan Pasien Dalam Pelayanan Kesehatan Oleh Fasilitas Kesehatan BPJS di Kota Bandung Dihubungkan Dengan Undang-Undang No.24 Tahun 2011 Tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial dan Peraturan Mentri Kesehatan No. 71 Tahun 2013 Tentang Pelayanan Kesehatan Pada Jaminan Kesehatan Nasional. Jurnal.Unswagati.ac.id/index.php/HERMENEUTIKA, 4 (1). sugiyono. (2014).Skala Likert Metode Perhitungan, Presentase dan interval. Bandung: Alfabeta. Siregar,S. (2010). Statistika Deskriptif Untuk Penelitian. Jakarta: Pt Rajagrafindo Persada. Sitompul,J. (2012). “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Deangan Kepuasan Peserta Akses Sosial Terhadap Pelayanan Akses Center di RS.Depati Hamzah Pangkalpinang Tahun 2012”. Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat Peminatan Manajemen Asuransi Kesehatan. Depok. Sukamto, H.(2017). “Evaluasi Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Rawat Jalan RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Kota Makasar”. Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Uin Alaudin Makassar. Makassar. Tias, Y. A. (2016). Pengaruh pelayanan terhadap kepuasan pengguna BPJS kesehatan pada RSU Siti Hajar Medan. Jurnal Bisnis Administrasi, 5(2), 33– 41. Yuniar, Y., & Handayani, R. S. (2016). Kepuasan Pasien Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek The Satisfaction of National Health Insurance P rogram ’ s Patients On Pharmaceutical Services in Pharmacy ( JKN ) adalah program jaminan berupa bentuk pel. Jurnal Kefarmasian Indonesia, 6(1), 39–48. citation: Santri, Nova dan Fauziyah, Siti (2022) EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN INSTALASI FARMASI DI RS MUHAMMADIYAH PALEMBANG PERIODE JANUARI-FEBRUARI 2022. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/21877/1/FS03-220252.pdf