@phdthesis{repository21877, year = {2022}, title = {EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN INSTALASI FARMASI DI RS MUHAMMADIYAH PALEMBANG PERIODE JANUARI-FEBRUARI 2022}, school = {Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA}, abstract = {Kepuasan seorang pasien dapat dijadikan tolak ukur untuk mengetahui kualitas pelayanan yang diberikan oleh Rumah Sakit atau instalasi farmasi Rumah Sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan pasien BPJS terhadap pelayanan kefarmasian di instalasi farmasi Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif noneksperimental. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan metode survei. Hasil kepuasan yang didapat dari 353 responden yang menerima pelayanan kefarmasin di RS Muhammadiyah Palembang menunjukan tingkat kepuasan berdasarkan 5 dimensi yaitu, untuk dimensi kehandalan (Reliability) sebesar 76,21\% yakni sangat puas, dimensi ketanggapan (Responsiveness) sebesar 87,39\% yakni sangat puas, dimensi empati (Emphaty) sebesar 84,44\% yakni sangat puas, dimensi jaminan (Assurance) sebesar 81,09\% yakni sangat puas, dan dimensi fasilitas berwujud (tangibles) sebesar 81,09\% yakni sangat puas. Dengan nilai rata-rata keseluruhan yang diperoleh yaitu 83,16\%. Skor tersebut berada pada interval 76\%-100\% dengan kategori sangat puas. Kata kunci: kepuasan pasien, pelayanan kefarmasian, BPJS}, url = {http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/21877/}, author = {Santri, Nova and Fauziyah, Siti} }