eprintid: 21861 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3858 dir: disk0/00/02/18/61 datestamp: 2023-04-02 10:41:05 lastmod: 2023-04-02 10:41:05 status_changed: 2023-04-02 10:41:05 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rahman, Rivaldi creators_name: Nurhasnah, Nurhasnah creators_name: Rusdi, Numlil Khaira title: TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN INSTALASI FARMASI RSUD ABDUL MOELOEK DI ERA PANDEMI ispublished: pub subjects: R subjects: RS divisions: 48201 abstract: Pelayanan kesehatan yang aman dan bermutu di Rumah Sakit telah menjadi harapan dan tujuan utama dari masyarakat/pasien. Bahkan di masa pandemik COVID-19 ini pun pelayanan kesehatan tetap dapat dijalankan dengan mengutamakan keselamatan pasien dan tenaga kesehatan yang bertugas. Kualitas pelayanan dapat dinilai dari tingkat kepuasan pasien. Indikator kualitas pelayanan dapat diukur dengan menggunakan lima dimensi penilaian meliputi, fasilitas berwujud, kehandalan, ketanggapan, jaminan dan empati. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat kepuasan pasien BPJS rawat jalan terhadap pelayanan instalasi farmasi di RSUD Abdul Moeloek di era pandemi. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Kepuasan pasien dinilai menggunakan kuisioner berdasarkan lima dimensi kualitas pelayanan dengan sampel penelitian 100 pasien BPJS di Instalasi Farmasi RSUD Abdul Moeloek. Hasil penelitian menunjukkan untuk rata rata tingkat kepuasan pasien rawat jalan BPJS terhadap pelayanan instalasi farmasi RSUD Abdul Moeloek di era pandemi berdasarkan dimensi penilaian fasilitas berwujud kategori sangat puas dengan persentase 84,5%, dimensi kehandalan dalam kategori puas dengan persentase 78,2% , dimensi ketanggapan dalam kategori sangat puas dengan persentase 83,0%, dimensi jaminan dalam kategori sangat puas dengan persentase 88,7% , dimensi empati dalam kategori sangat puas dengan persentase 86,2 dan rata-rata kepuasaan pasien berdasarkan keseluruhan dimensi yakni dalam kategori sangat puas dengan persentase 83,4%. Kata Kunci: Pelayanan Instalasi Farmasi, BPJS, Kepuasan Pasien date: 2021 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: Fakultas Farmasi dan Sains thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Astuti N.K., Wisnu Kundarto. 2018. Analisis Kepuasan Pasien BPJS Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Instalasi Farmasi Rumah Sakit UNS. Journal of Pharmaceutical Science and Clinical Research. 02 (1): 84-92 Bertawati. 2013. Profil pelayanan kefarmasian dan kepuasan konsumen apotik di Kecamatan Adiwerna Kota Tegal. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. 2(2):1-11. Bimo Walgito, B.W., 2004. Pengantar Psikologi Umum. Depkes, R.I., 2008. Tanggung Jawab Apotekerterhadap Keselamatan Pasien (Patient Safety). Direktorat Bina Farmasi Komunitas Dan Klinik ditjen Bina Kefarmasian Dan Alat Kesehatan departemen Kesehatan RI. Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2009. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 51 Tahun 2009 Tentang Pekerjaan Kefarmasian. Jakarta. Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2009. Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 44 tentang Rumah Sakit. Jakarta. Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2011. Undang – undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2011. Tentang Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial. Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2016. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2016. Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit. Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta. Departemen Kesehatan RI, Sekretariat Jenderal. 2008. Pedoman Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Masyarakat (JAMKESMAS). Jakarta : Departemen Kesehatan RI Departemen Kesehatan RI. 2013. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.55/Menkes/per/IX/2013 Tentang Penyelenggaraan Pekerjaan Perekam Medis. Departemen Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta. Dharma, KK. 2011. Metedologi Penelitian Keperawatan: Panduan Melaksanakan dan Menerapkan Hasil Penelitian. Jakarta: Trans Info Media. Hlm 67. Donabedian, A., 2005. Evaluating the quality of medical care. The Milbank Quarterly, 83(4), p.691. Fandy Tjiptono, 2007, Strategi Pemasaran.Edisi ke dua, penerbit Andi, Yogyakarta. Husein, U., 2002. Pengantar Teori Penelitian. PPB FIP UPI. Bandung. Kementerian Kesehatan RI. Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19). Revisi ke-5. July 2020. Available at https://covid19.go.id/p/ protokol/pedomanpencegahan-dan- pengendalian-coronavirus-disease-covid-19- revisi-ke-5. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2014. Buku Saku FAK BPJS Kesehatan. Jakarta: Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan RI. Sukamto, H. 2017. “Evaluasi Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Apotek Rawat Jalan RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar: UIN Alauddin. Lumenta, P.G., Adam, H. and Engkeng, S., 2017. Hubungan antara Pengetahuan Ibu dan Faktor Sosial Ekonomi dengan Pemberian ASI Eksklusif Di Wilayah Kerja Puskesmas Wolaang Kecamatan Langowan Timur. Jurnal KESMAS, 6(3). Okta, M., 2019. Pengaruh Mutu Layanan Kefarmasian Waktu Tunggu Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di RSUD Dr. H Abdul Moeloek Provinsi Lampung Tahun 2019. Jurnal Ilmu Farmasi, 1(1). Pohan, I.S., 2007. Jaminan mutu layanan kesehatan: dasar-dasat pengertian dan penerapan. EGC. Purwanto, H., 2016. Hubungan Mutu Pelayanan Metode Servqual Dengan Kepuasan Pasien BPJS Di Instalasi Farmasi RSUD Dr. H. Abdul Moeloek. Jurnal Ilmu Kedokteran dan Kesehatan, 3(1). Raheem,A.R, Rizwan, A., Ahmad, N., Nasir, F., and Khoso, I. 2014. Patients’ Satisfaction and Quality Health Services: An Investigation from Private Hospitals of Karachi, Pakistan. Research Journal of Recent Sciences. Vol.3, No.7 : 34-38 Riduwan. 2015. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru - Karyawan dan Penelitian Pemula. Bandung: Alfabeta. Riyadi, R. 2015. Mutu Pelayanan Kesehatan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional di Puskesmas Kecamatan Kembangan Jakarta Barat. Skripsi. Jakarta. Sabarudin, S., Solo, D.M., Sida, N.A. and Asdia, W.O., Evaluasi Mutu Pelayanan Kefarmasian pada Masa Pandemi COVID-19 di Rumah Sakit Santa Anna Kota Kendari. Journal Publicuho, 3(4), pp.447-453. Siregar, Syofian. 2015. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Bumi Aksara Sondari, A., 2015. Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (Jkn) Di Rumah Sakit Umum Daerah (Rsud) Kabupaten Brebes Tahun 2015 (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang). Sudjana, N., 2005. Metode statistika. Bandung: Tarsito, 168. Sugiyono. 2016. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Syofian, S. 2011. Stastistika Deskriptif untuk Penelitian. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada. Tjiptono, F dan Gregorius Candra. 2005. Service, Quality and Satisfaction. Trisnawati et al. 2015. Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan PNS pada Masa Pelaksanaan Askes dan JKN. Jurnal Manajemen dan Pelayanan Farmasi. Vol.5, No.2 : 33-39. Yogyakarta: Andi Offset. Hlm. 147. Yuliati, Y., Magdalena, E., & Pratiwi, D. (2016). Analisis Kepuasan Pasien Farmasi Rawat Jalan Menggunakan Metode Servqual (Studi Kasus Di Rumah Sakit Swasta X Jakarta). Indonesian Journal of Nursing Health Science, 1(01). Yuniar, Y. and Handayani, R.S., 2016. Kepuasan Pasien Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek. Indonesian Pharmaceutical Journal, 6(1), pp.39-48. citation: Rahman, Rivaldi dan Nurhasnah, Nurhasnah dan Rusdi, Numlil Khaira (2021) TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN INSTALASI FARMASI RSUD ABDUL MOELOEK DI ERA PANDEMI. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/21861/1/FS03-220245.pdf