%0 Thesis %9 Bachelor %A Rahman, Rivaldi %A Nurhasnah, Nurhasnah %A Rusdi, Numlil Khaira %B Fakultas Farmasi dan Sains %D 2021 %F repository:21861 %I Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA %T TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN INSTALASI FARMASI RSUD ABDUL MOELOEK DI ERA PANDEMI %U http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/21861/ %X Pelayanan kesehatan yang aman dan bermutu di Rumah Sakit telah menjadi harapan dan tujuan utama dari masyarakat/pasien. Bahkan di masa pandemik COVID-19 ini pun pelayanan kesehatan tetap dapat dijalankan dengan mengutamakan keselamatan pasien dan tenaga kesehatan yang bertugas. Kualitas pelayanan dapat dinilai dari tingkat kepuasan pasien. Indikator kualitas pelayanan dapat diukur dengan menggunakan lima dimensi penilaian meliputi, fasilitas berwujud, kehandalan, ketanggapan, jaminan dan empati. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat kepuasan pasien BPJS rawat jalan terhadap pelayanan instalasi farmasi di RSUD Abdul Moeloek di era pandemi. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Kepuasan pasien dinilai menggunakan kuisioner berdasarkan lima dimensi kualitas pelayanan dengan sampel penelitian 100 pasien BPJS di Instalasi Farmasi RSUD Abdul Moeloek. Hasil penelitian menunjukkan untuk rata rata tingkat kepuasan pasien rawat jalan BPJS terhadap pelayanan instalasi farmasi RSUD Abdul Moeloek di era pandemi berdasarkan dimensi penilaian fasilitas berwujud kategori sangat puas dengan persentase 84,5%, dimensi kehandalan dalam kategori puas dengan persentase 78,2% , dimensi ketanggapan dalam kategori sangat puas dengan persentase 83,0%, dimensi jaminan dalam kategori sangat puas dengan persentase 88,7% , dimensi empati dalam kategori sangat puas dengan persentase 86,2 dan rata-rata kepuasaan pasien berdasarkan keseluruhan dimensi yakni dalam kategori sangat puas dengan persentase 83,4%. Kata Kunci: Pelayanan Instalasi Farmasi, BPJS, Kepuasan Pasien